RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Tingkat/ Semester : XI / Gasal
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit (6 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.
Kompetensi Dasar : 1. Menganlisis peluang usaha
I. Tujuan Pemelajaran
Siswa diharapkan mampu mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, dsb.
II. Indikator
Analisis peluang usaha yang didasarkan pada:
- Jenis produk dan jasa
- Minat dan daya beli konsumen
III. Materi Ajar
· Peluang dan resiko usaha
· Mengembangkan ide dan peluang usaha
· Memetakan peluang usaha
· Pemanfaatan peluang secara kreatif dan inovatif
IV. Metode Pemelajaran
Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
V. Langkah-langkah Pemelajaran
· Kegiatan Awal:
Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.
Ø Apersepsi
· Kegiatan Inti:
Siswa mulai mempelajari:
a. Kemampuan dalam pemanfaatan usaha
b. Mengidentifikasi peluang usaha
c. Menangkap peluang usaha
d. Analisis peluang usaha
e. Kemampuan mengambil resiko dalam peluang usaha
f. Mengembangkan ide dan peluang usaha
· Kegiatan Akhir:
Penutup: Siswa mengadakan mencari dan menemukan peluang usaha yang dekat dengan lingkungan siswa seperti kantin, rumah, program keahlian dsb.
VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Ø Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna
Ø Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo
Ø Modul CMUS
Ø Objek nyata (SMEAN Mart dll)
VII. Penilaian
Ø Tes Lisan
Ø Tes Tertulis
Ø Penugasan
Ø Praktik Kewirausahaan
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Tingkat/ Semester : XI / Gasal
Pertemuan ke : 5, 6, 7
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (4 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.
Kompetensi Dasar : 1. Menganalisis peluang usaha
(Faktor-faktor Keberhasilan dan Kegagalan Usaha)
I. Tujuan Pemelajaran
Siswa diharapkan mampu menganalisis dan mengetahui faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
II. Indikator
Analisis peluang usaha yang didasarkan pada:
- Jenis produk dan jasa
- Minat dan daya beli konsumen
III. Materi Ajar
· Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan usaha.
· Menganalisis kemungkinan keberhasilan dan kegagalan usaha.
IV. Metode Pemelajaran
Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
V. Langkah-langkah Pemelajaran
· Kegiatan Awal:
Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.
Ø Apersepsi
· Kegiatan Inti:
Siswa mulai mempelajari:
a. Keberhasilan Usaha
b. Cara Mengidentifikasi Berbagai Situasi dan Perkembangan Usaha
c. Faktor-faktor Keberhasilan Usaha
d. Kegagalan Usaha
· Kegiatan Akhir:
Penutup: Siswa menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebab keberhasilan dan kegagalan usaha dari seorang profil wirausahawan.
VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Ø Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna
Ø Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo
Ø Modul CMUS
Ø Objek nyata (SMEAN Mart dll)
Ø Profil wirausaha yang berhasil dari surat kabar, tabloid dll)
VII. Penilaian
Ø Tes Lisan
Ø Tes Tertulis
Ø Penugasan
Ø Praktik Kewirausahaan
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Tingkat/ Semester : XI / Gasal
Pertemuan ke : 8, 9, 10
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (6 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.
Kompetensi Dasar : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha
I. Tujuan Pemelajaran
Siswa diharapkan mampu membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat: tujuan, sasaran, badan usaha dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.
II. Indikator
3.2.1 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari:
· Organisasi usaha sederhana yang meliputi tujuan, sasaran, badan usaha, dan bentuk organisasi.
III. Materi Ajar
· Perincian Usaha
· Bentuk-bentuk Badan Usaha
IV. Metode Pemelajaran
Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
V. Langkah-langkah Pemelajaran
· Kegiatan Awal:
Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.
Ø Apersepsi
· Kegiatan Inti:
Siswa mulai mempelajari:
a. Memulai usaha
b. Penentuan bidang usaha
c. Bentuk-bentuk badan usaha
d. Struktur organisasi usaha sederhana
e. Tujuan dan sasaran usaha
· Kegiatan Akhir:
Penutup: Siswa membuat dan menyusun organisasi usaha sederhana yang didalamnya memuat: tujuan, sasaran, badan usaha dan bentuk organisasi yang sesuai dengan kondisi sebenarnya di lapangan.
VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Ø Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna
Ø Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo
Ø Modul CMUS
VII. Penilaian
Ø Tes Lisan
Ø Tes Tertulis
Ø Penugasan
Ø Praktik Kewirausahaan
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Tingkat/ Semester : XI / Gasal
Pertemuan ke : 11, 12, 13
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (6 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.
Kompetensi Dasar : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha
I. Tujuan Pemelajaran
Siswa diharapkan mampu membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah dan DUDI.
II. Indikator
3.2.1 Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha dilihat dari:
· Produksi yang meliputi alur persediaan, proses produksi dan penyimpanan hasil produksi.
·
III. Materi Ajar
· Perencanaan proses produksi barang dan jasa
· Pengelolaan persediaan
· Penyimpanan produk
·
IV. Metode Pemelajaran
Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
V. Langkah-langkah Pemelajaran
· Kegiatan Awal:
Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.
Ø Apersepsi
· Kegiatan Inti:
Siswa mulai mempelajari:
a. Skala dan sistem proses produksi barang dan jasa
b. Pengelolaan persediaan
c. Proses produksi dan penyimpanannya
· Kegiatan Akhir:
Penutup: Siswa membuat aliran proses produksi seperti tingkat kebutuhan persediaan barang, proses produksi dan cara penyimpanan hasil produksi pada kegiatan usaha di sekolah atau DUDI.
VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Ø Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna
Ø Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo
Ø Modul CMUS
Ø Objek nyata (SMEAN Mart dll)
VII. Penilaian
Ø Tes Lisan
Ø Tes Tertulis
Ø Penugasan
Ø Praktik Kewirausahaan
RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN (RPP)
Mata Diklat : KEWIRAUSAHAAN
Tingkat/ Semester : XI / Gasal
Pertemuan ke : 14, 15, 16, 17, 18
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit (6 jam pelajaran)
Standar Kompetensi : Merencanakan pengelolaan usaha kecil.
Kompetensi Dasar : 2. Menganalisis aspek-aspek perencanaan usaha
I. Tujuan Pemelajaran
Siswa diharapkan mampu:
- mengetahui pembuatan perizinan usaha sesuai dengan bentuk badan usaha.
- membuat system administrasi usaha sederhana meliputi: surat menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan serta penghitungan pajak.
II. Indikator
· 3.2.2 Analisis perencanaan usaha dengan aspek administrasi usaha:
- Perizinan usaha
- Surat menyurat
- Pancatatn transaksi barang dan jasa
- Pencatatan transaksi keuangan
- Pajak pribadi dan pajak usaha
- Membuat pembukuan sederhana
III. Materi Ajar
o Perizinan usaha
o Surat menyurat
o Pancatatn transaksi barang dan jasa
o Pencatatan transaksi keuangan
o Pajak pribadi dan pajak usaha
IV. Metode Pemelajaran
Menggunakan metode keterampilan melalui sistem modular.
· Ceramah
· Tanya jawab
· Diskusi
V. Langkah-langkah Pemelajaran
· Kegiatan Awal:
Fasilitator menjelaskan tujuan pemelajaran dan teknis belajar.
Ø Apersepsi
· Kegiatan Inti:
Siswa mulai mempelajari:
- Perizinan usaha
- Surat menyurat
- Pancatatan transaksi barang dan jasa
- Pencatatan transaksi keuangan
- Pajak pribadi dan pajak usaha
· Kegiatan Akhir:
- Penutup: Siswa membuat system administrasi usaha sederhana meliputi: surat menyurat, tata cara pencatatan transaksi dan pembukuan keuangan serta penghitungan pajak.
VI. Alat/ Bahan/ Sumber Belajar
Ø Memahami Kewirausahaan SMK Tingkat II: Dr. H. Ating Tedjasutisna
Ø Kewirausahaan SMK Tingkat II, Drs. Mardiyatmo
Ø Modul CMUS
Ø Objek nyata (SMEAN Mart dll)
VII. Penilaian
Ø Tes Lisan & Tes Tertulis
Ø Penugasan & Praktik Kewirausahaan
Wednesday, January 28, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment