selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Thursday, March 26, 2009

RPP

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
internasional
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian uang
2. Meyebutkan jenis uang
3. Menunjukkan fungsi uang
4. Mengidentifikasi kurs valuta/uang asing
5. Mendeskripsikan pengertian bank
6. Menunjukkan fungsi utama bank
7. Mengemukakan jasa bank
8. Menunjukkan tugas pokok bank
9. Menunjukkan contoh manfaat bank
10. Mendeskripsikan pengertian lembaga keuangan bukan
bank
11. Menunjukkan contoh bank dan lembaga keuangan
bukan bank di daerah tempat tinggal
12. Mengemukakan manfaat bank dan lembaga keuangan
bukan bank di daerah tempat tinggal
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan uang;
2. mendeskripsikan lembaga keuangan.
B. Materi Pokok
Uang dan lembaga keuangan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, observasi
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta kompetensi dasar
yang hendak dicapai.
10 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menunjukkan sejarah dan
pengertian uang.
c. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat menyebutkan jenisjenis
uang.
d. Dengan ceramah bervariasi, guru menjelaskan tentang berbagai fungsi
uang.
e. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk mengetahui kurs uang
asing.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan. Siswa diminta untuk
mengamati penggunaan uang sehari-hari di sekitar tempat tinggalnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan pengertian
bank.
b. Guru menjelaskan tentang fungsi utama, tugas pokok, dan jasa bank.
c. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan
contoh manfaat bank.
d. Guru membahas tentang lembaga keuangan bukan bank.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi 3 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Buku dan sumber lain yang relevan.
3. Alat peraga yang berupa uang, cek, dan lainnya.
4. OHP, komputer, dan internet.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
11 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan Ganda
Berilah tanda (×) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1) Untuk membayar harga mobil yang dibelinya, Ayah menggunakan
cek. Cek merupakan jenis ....
a. uang kartal c. uang giral
b. uang negara d. uang kepercayaan
2) Perbedaan uang kartal dengan giral tampak pada ....
a. pihak yang mengeluarkan c. fungsi utamanya
b. jumlah nilainya d. lingkungan beredarnya
3) Berikut ini yang bukan merupakan fungsi uang adalah ....
a. sebagai alat tukar-menukar
b. sebagai alat pembayaran
c. sebagai satuan hitungan
d. sebagai penukar uang asing
4) Wisatawan mancanegara yang datang ke Bali dapat menukarkan
uangnya dengan uang rupiah di ....
a. Bursa Efek Jakarta
b. Bursa Efek Surabaya
c. bank devisa
d. Bursa Komoditas Indonesia
5) Berikut ini yang bukan merupakan fungsi utama bank adalah ....
a. sebagai penyalur kredit
b. sebagai tempat pembayaran
c. sebagai tempat menabung
d. sebagai tempat menukar uang asing
6) Kalian menerima cek yang harus dicairkan di bank kota lain. Agar
keamanannya terjamin, kalian dapat meminta bank di kotamu untuk
mencairkan dengan cara ....
a. telegraphic transfer c. inkaso
b. deposito berjangka d. giro
7) Apabila kalian menyimpan uang di bank, kalian dapat memperoleh
manfaat berikut, kecuali ....
a. bebas dari pajak bunga c. uang terjamin keamanannya
b. memperoleh bunga d. dapat diambil setiap saat
8) Berikut ini merupakan lembaga yang mengelola dana pensiun
adalah ....
a. Bank Indonesia c. PT Jasa Raharja
b. Bursa Valuta Asing d. PT Taspen
12 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
9) Karena belum dapat membeli mesin untuk perusahaannya, kakak
berusaha memperoleh mesin dengan cara sewa beli dari lembaga
....
a. pegadaian c. koperasi
b. leasing d. asuransi
10) Berikut ini yang bukan merupakan manfaat lembaga asuransi adalah
....
a. memberi jaminan hari tua
b. menyediakan beasiswa
c. memberi santunan kecelakaan
d. menyediakan santunan kepada fakir miskin
b. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1) Sebutkan fungsi-fungsi uang!
2). Deskripsikan apa yang dimaksud dengan bank!
3) Sebutkan dan deskripsikan jenis-jenis uang!
4) Bagaimana peranan bank dalam perekonomian Indonesia?
5) Sebutkan 3 jenis lembaga keuangan bukan bank yang kalian
ketahui!
c. Tes Penugasan
Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi terhadap penggunaan
uang dalam kehidupan sehari-hari di sekitar tempat tinggalnya.

1 comment:

anjar-kluwut said...

Maaf pak, sedikit bertanya tentang dunia pendidikan,,,, selama ini pemerintah selalu memperhatikan dan memperjuangkan nasib guru, mulai dari tunjangan yang dinaikkan hingga sertifikasi, tetapi kenapa biaya pendidikan masih terlampau mahal ya...? apa karena otorisasi pemerintah terhadap sekolah yang terlalu berlebihan atau gimana ya?