selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Tuesday, January 19, 2010

RPP.......

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 1.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
- Mendiskripsikan bermacam-macam kebutuhan
- Mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia.
- Mendiskripsikan pengertian benda pemuas kebutuhan
- Mengklasifikasikan jenis benda pemuas kebutuhan

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami pengertian, macam-macam dan jenis kebutuhan manusia.

II. Materi Ajar :
 Pengertian kebutuhan
 Macam-macam kebutuhan
 Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
 Benda pemuas kebutuhan

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Diskusi
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang kebutuhan manusia
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mengkaji referensi dan berdiskusi untuk menemukan macam-macam kebutuhan, jenis kebutuhan, faktor-faktor yang mempengaruhi dan benda pemuas kebutuhan berdasarkan klasifikasinya.
 Salah satu kelompok dipilih secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi
 Guru memfasilitasi presentasi dan bertindak sebagai moderator
 Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusinya

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang macam, jenis, faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan benda pemuas kebutuhan berdasarkan klasifikasinya
 Guru melakukan klasifikasi tentang kebutuhan manusia.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis



VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dan mengkaji referensi dengan memperhatikan LKS.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kelompok dalam bekerja sama dalam mencari informasi tentang macam-macam kebutuhan dan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa
3.2. Catatan hasil diskusi
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Jelaskan pengertian kebutuhan !
2. Uraian bebas : Sebutkan macam-macam kebutuhan !
3. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan !
4. Uraian bebas : Jelaskan jenis-jenis benda pemuas kebutuhan !


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 1.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langkak dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
- Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangnkaan
- Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami pengertian, faktor-faktor penyebab kelangkaan dan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.

II. Materi Ajar :
 Pengertian kelangkaan
 Faktor-faktor penyebab kelangkaan
 Pengalokasian sumber daya ekonomi

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Diskusi
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali pengetahuan siswa tentang kelangkaan
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk menggali informasi mengenai faktor-faktor penyebab kelangkaan dan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
 Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi
 Guru bertindak sebagai moderator
 Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusinya

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang faktor-faktor penyebab kelangkaan dan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak
 Guru memberikan klarifikasi mengenai kelangkaan dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa
 Buku Ekonomi kelas X yang relevan
VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dan mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kelompok dalam bekerja sama dalam mencari informasi tentang kelangkaan dan pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
2.2. Menghargai pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Jelaskan pengertian kelangkaan dan beri contoh !
2. Uraian bebas : Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan!
3. Uraian bebas : Sebutkan macam-macam sumber daya alam yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak!
4. Uraian bebas : Jelaskan bagaimana pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 1.3 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
Indikator : - Mendeskripsikan barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.
- Mendiskusikan cara-cara memproduksi barang dan untuk siapa barang diproduksi.
- Mengidentifikasi siapa pelaku produksi.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siswa tentang masalah pokok ekonomi yang meliputi barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi.

II. Materi Ajar :
 Barang apa yang diproduksi
 Bagaimana memproduksi
 Untuk siapa barang diproduksi
 Siapa pelaku produksi

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi dan simulasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali pengetahuan siswa tentang barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk menggali informasi di perpustakaan
 Setiap kelompok mendatangi perusahaan/industri yang ada dilingkungan.
 Setiap kelompok menyiapkan Quesionary tentang barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi.
 Setiap kelompok memresentasikan hasil laporan tentang barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi di perusahaan lingkungan masing-masing.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan hasil diskusi tentang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Kertas manila
 Lembar Kerja Siswa
 Perlengkapan lain

VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dan mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam persiapan mempelajari barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat setelah proses belajar mengajar.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang barang apa, bagaimana dan untuk siap barang diproduksi.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi
2.3. Menghargai/mendengarkan sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Notulen/ Catatan pada saat pelaksanaan diskusi tentang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi serta siapa pelaku produksi.
3.3. Notulen/ Catatan hasil diskusi
3.4. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
Instrumen
1. Uraian bebas : Jelaskan pengertian kelangkaan dan beri contoh!What, How dan Who
2. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor produksi!
3. Uraian bebas : Apa perbedaan Produsen dan Konsumen!
4. Uraian bebas : Siapa saja pelaku ekonomi!
5. Uraian bebas : Bagaimana Hubungan RT P dan RT K

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 1.4 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : Hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi dibidang lain
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
- Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain.
- Mendiskripsikan pengertian biaya sehari-hari
- Menunjukkan contoh biaya sehari-hari.

I. Tujuan Pembelajaran :
1. Memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada siswa tentang biaya peluang yang meliputi pengertian biaya peluang dan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
2. Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang biaya sehari-hari dan contoh biaya sehari-hari.

II. Materi Ajar : Biaya Peluang
 Pengertian biaya peluang
 Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja
Biaya sehari-hari
 Pengertian biaya sehari-hari
 Contoh biaya sehari-hari

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi kelompok

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
Pertemuan 2 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang biaya peluang dan contoh biaya peluang, biaya sehari-hari dan contoh biaya sehari-hari.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk menggali informasi di perpustakaan, perusahaan atau industri dilingkungan terdekat
 Setiap kelompok melaksanakan diskusi kelompok.
 Guru mengarahkan tiap-tiap kelompok.
 Setiap kelompok membuat laporan.
 Setelah laporan selesai, setiap kelompok menyampaikan di depan kelas.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya biaya peluang dan contoh-contoh biaya peluang.
 Guru melakukan klarifikasi tentang pengertian biaya peluang dan contoh biaya peluang.
 Guru melakukan klarifikasi tentang pengertian biaya sehari-hari dan contoh biaya sehari-hari.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Kertas manila
 Spidol

VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dan mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan diskusi kelompok.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang pengertian biaya peluang dan contoh biaya peluang, biaya sehari-hari dan contoh biaya sehari-hari.
2.2. Menghargai/mendengarkan sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi tentang pengertian biaya peluang dan contoh biaya peluang, biaya sehari-hari dan contoh biaya sehari-hari.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
Instrumen
1. Uraian bebas : Bagaimana pendapatmu tentang kelangkaan dan faktor-faktor apa yang menyebabkan kelangkaan.
2. Uraian bebas : Bedakan antara biaya peluang dan biaya sehari-hari!
3. Uraian bebas : Apa yang harus dilakukan manusia dalam menggali sumber daya agar manfaat.
4. Uraian bebas : Bagaimana maksud rasional dalam menghadapi rasional jelaskan;
5. Uraian bebas : Jelaskan hubungan antara kebutuhan, keinginan dan kelangkaan!
6. Uraian bebas : Bagaimana pengaruh sumber daya manusia terhadap kualitas barang!
7. Uraian bebas : Sebutkan ciri-ciri biaya peluang !
8. Uraian bebas : Sebutkan ciri-ciri biaya sehari-hari!

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 1.5 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
- Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada.
- Mendiskripsikan karakteristik sistem ekonomi
- Mendiskripsikan kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
- Mendiskripsikan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi distribusi dan konsumen)

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami dan mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada.

II. Materi Ajar :
 Sistem ekonomi
 Pengertian sistem ekonomi
 Karakteristik sistem ekonomi
 Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Diskusi
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang sistem ekonomi.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mengkaji tentang sistem ekonomi, siswa diminta untuk mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi.
 Salah satu kelompok dipilih secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi.
 Guru memfasilitasi presentasi dan bertindak sebagai moderator..
 Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusinya.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya memahami sistem ekonomi.
 Guru melakukan klarifikasi tentang sistem ekonomi.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Lembar Kerja Siswa
 Buku Ekonomi Kelas X yang relevan.

VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan pada saat siswa melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang sistem ekonomi.
2.2. Menghargai/mendengarkan sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Jelaskan apa yang dimaksud ekonomi tradisional.
2. Uraian bebas : Sebutkan karakteristik sistem ekonomi tradisional
3. Uraian bebas : Jelaskan maksud dan karakteristik sistem ekonomi terpusat.
4. Uraian bebas : Sebutkan kelemahan dan kebaikan dari sistem ekonomi pasar
5. Uraian bebas : Sebutkan kelemahan dan kebaikan dari sistem ekonomi campuran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 2.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
Indikator : - Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
- Mendiskripsikan perilaku konsumen.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen
- Menarik kesimpulan tentang teori kepuasan konsumen.
- Mendiskripsikan teori perilaku produsen.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami dan mengidentifikasi konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.

II. Materi Ajar : Perilaku Konsumen dan Produsen
 Manfaat dan nilai suatu barang
 Perilaku konsumen
 Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen
 Teori kepuasan konsumen
 Perilaku produsen.

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Diskusi
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang konsep ekonomi.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mengkaji tentang konsep ekonomi.
 Salah satu kelompok dipilih secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
 Guru memfasilitasi presentasi dan bertindak sebagai moderator.
 Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya memahami konsep ekonomi.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Buku Ekonomi Kelas X yang relevan.


VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan pada saat siswa melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang konsep ekonomi.
2.2. Menghargai/mendengarkan sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen?
2. Uraian bebas : Sebutkan manfaat dari nilai suatu barang!
3. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi produksi!
4. Uraian bebas : Jelaskan apa yang dimaksud Nilai Guna Total!
5. Uraian bebas : Jelaskan apa yang dimaksud Nilai Guna Marginal!
6. Uraian bebas : Jelaskan apa yang dimaksud Nilai Guna yang semakin menurun!
7. Uraian bebas : Jelaskan apa yang dimaksud Nilai Guna yang sama!
8. Uraian bebas : Apa yang dimaksud faktor internal?
9. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor internal yang mempengaruhi konsumen!
10. Uraian bebas : Sebutkan faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi konsumen!
11. Uraian bebas : Sebutkan dan jelaskan faktor produksi!
12. Uraian bebas : Sebutkan fungsi manajemen dalam suatu perusahaan!
13. Uraian bebas : Dalam berbisnis ada beberapa etika yang harus dipahami oleh seorang produsen. Sebutkan dan Jelaskan!



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 2.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi Circulair Flow Diagram.
Indikator : - Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi/ Circulair Flow diagram.
- Mendiskripsikan peran pelaku ekonomi.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami dan mengidentifikasi Diagram Interaksi pelaku ekonomi.

II. Materi Ajar : Arus lingkaran kegiatan Ekonomi
 Diagram interaksi pelaku ekonomi.
 Manfaat interaksi pelaku ekonomi

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Guru menggali dari pengalaman siswa.tentang pelaku ekonomi.
 Guru menerangkan tentang diagram interaksi pelaku ekonomi.
 Guru menjelaskan manfaat interaksi pelaku ekonomi.
 Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang diagram interaksi pelaku ekonomi dan manfaatnya .

3. Kegiatan Penutup
 Guru melakukan klarifikasi tentang diagram interaksi pelaku ekonomi dan manfaatnya.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Buku Ekonomi Kelas X yang relevan.











VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.


B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Buatlah diagram interaksi pelaku ekonomi
2. Uraian bebas : Jelaskan masing-masing pelaku ekonomi
3. Uraian bebas : Sebutkan manfaat interaksi pelaku ekonomi

CANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 2.3 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Membedakan prinsip ekonomi dengan motip ekonomi.
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian prinsip ekonomi dan motip ekonomi.
- Menjelaskan perbedaan prinsip ekonomi dengan motip ekonomi.
- Menyebutkan beberapa orang bertindak ekonomi.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa tentang prinsip ekonomi dan motip ekonomi.

II. Materi Ajar : Prinsip dan motip ekonomi
 Manfaat dan nilai suatu barang

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi dan ceramah bervariasi

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Guru menggali dari pengalaman siswa mengenai prinsip dan motip seseorang bertindak ekonomi.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk menggali informasi melalui buku literatur yang ada dengan menggunakan format LKS.
 Setiap kelompok menyiapkan diskusi dan membagi peran kepada masing-masing anggota kelompok
 Setiap kelompok mempresentasikan hasil laporan tentang contoh-contoh kegiatan seseorang yang berdasar pada prinsip ekonomi.
 Guru memfasilitasi presensi kelompok.
 Setiap anggota kelompok menyampaikan hasil diskusi.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya seseorang bertindak atas dasar prinsip ekonomi serta motip-motip orang bertindak ekonomi.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Lembar Kerja Siswa.





VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan pada saat siswa melakukan diskusi.

1. Penilaian Kelompok
1.1. Kekompakan bekerja sama.
1.2. Menghargai/mendengarkan sesama teman.
1.3. Menghargai sesama teman pada saat presentasi.

2. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa.
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
1. Uraian bebas : Apa yanng dimakasud prinsip ekonomi?
2. Uraian bebas : Apa yanng dimakasud dengan motip ekonomi?
3. Uraian bebas : Apa perbedaan Prinsip ekonomi dan motip ekonomi?
4. Uraian bebas : Sebutkan 4 motip seseorang bertindak ekonomi!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 2.4 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan peran konsumen dan produsen.
Indikator : - Mendeskripsikan pelaku ekonomi (Rumah Tangga Konsumen, Rumah Tangga Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri)
- Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat(Rumah Tangga Konsumen, Rumah Tangga Produsen, Pemerintah dan Masyarakat Luar Negeri).

I. Tujuan Pembelajaran : siswa dapat menjelaskan peranan pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi.

II. Materi Ajar : Pelaku ekonomi
 Manfaat dan nilai suatu barang

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Guru menginformasikan tentang materi yang harus dipelajari siswa.
 Guru menginformasikan indikator yang dicapai oleh siswa.

2. Kegiatan Inti
Pertemuan I ( 2 jam pelajaran )
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, satu kelompok beranggotakan 4 orang.
 Setiap siswa dalam kelompok diberi topik yang berbeda untuk dipelajari.
 Siswa yang memiliki topik yang sama berkumpul membentuk kelompok ahli untuk berdiskusi.
 Tim ahli menyampaikan hasil diskusi kepada guru
Pertemuan II ( 1 jam pelajaran )
 Setiap anggota dalam kelompok ahli kembali ke kelompok asalnya. Secara bergantian setiap anggota memberikan penjelasan tentang topik/ materi masing-masing.
 Setiap siswa membuat rangkuman hasil diskusi.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh pelaku ekonomi.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Erlangga
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Intan Pariwara
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Yudistira
 Buku Ekonomi yang relevan







VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes Tertulis
B. Afektif : Keaktifan siswa selama diskusi berlangsung, meliputi :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa berdiskusi, menyampaikan pendapat, memberikan penjelasan kepada teman-temannya.
1.2. Penilaian hasil rangkuman diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Penilaian tentang kekompakan bekerja sama dalam kelompok
2.2. Penilaian hasil kerja kelompok.


Instrumen Penilaian
1. Sebutkan dan jelaskan peranan Rumah Tangga Konsumen dalam kegiatan ekonomi!
2. Sebutkan dan jelaskan peranan Rumah Tangga Produsen dalam kegiatan ekonomi!
3. Sebutkan dan jelaskan peranan Pemerintah dalam kegiatan ekonomi!
4. Sebutkan bentuk-bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang dapat dilakukan dengan masyarakat luar negeri!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 3.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
- Mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
- Menggambarkan kurva permintaan dan penawaran.
- Menggambarkan pergeseran kurva permintaan dan penawaran.

I. Tujuan Pembelajaran : Siswa memiliki pengetahuan tentang permintaan dan penawaran.

II. Materi Ajar : Permintaan dan penawaran.
 Manfaat dan nilai suatu barang

III. Metode Pembelajaran :
 Tanya Jawab
 Penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Memberi informasi materi yang harus dipelajari oleh siswa.
 Memberi informasi idikator yang harus dicapai oleh siswa
 Sebagai apersepsi, guru memberikan beberapa pertanyaan untuk menggali pemahaman siswa tentang Permintaan dan Penawaran.

2. Kegiatan Inti
 Guru memerintahkan siswa untuk menggali informasi tentang Permintaan dan Penawaran melalui berbagai literatur sehingga siswa dapat mendiskripsikan arti Permintaan dan Penawaran, mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan dan Penawaran, menggambarkan kurva Permintaan dan Penawaran..

3. Kegiatan Penutup
 Guru mengembangkan jawaban-jawaban siswa dan menyimpulkan sekaligus memberikan pengertian-pengertian yang jelas.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Erlangga
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Intan Pariwara
 Buku Ekonomi Kelas X, penerbit Yudistira
 Buku Ekonomi yang relevan










VI. Penilaian
A. Kognitif : Tes Tertulis
B. Afektif : Tanggapan selama proses pembelajaran berlangsung

Instrumen Penilaian
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Permintaan!
2. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan!
3. Gambarkan kurva Permintaan berdasarkan tabel di bawah ini :

Harga Buku Per Unit (P) Jumlah barang yang diminta (Q)
5000
4000
3000
2000
1000 2
4
6
8
10

4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Penawaran!
5. Jelaskan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi Penawaran!
6. Gambarkan Kurva Penawaran berdasarkan tabel di bawah ini :

Harga Beras Per kg (P) Jumlah barang yang ditawarkan (Q)
400
600
800
1000
1200 20
30
40
50
60
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 3.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitanya dengan permintaan, penawaran , harga keseimbangan dan pasar.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan hukum permintaan dan penawaran.
Indikator : - Mendeskripsikan hukum permintaan dan penawaran
- Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.

II. Materi Ajar : Hukum permintaan dan penawaran.
 Manfaat dan nilai suatu barang

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi dan penugasan

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang adanya kenaikan atau penurunan harga barang kebutuhan siswa.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mengkaji referensi dan berdiskusi untuk menemukan hukum permintaan dan penawaran serta menemukan asumsi-asumsi yang memberlakukan hukum tersebut.
 Salah satu kelompok dipilih secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok yang lain menanggapi.
 Guru memfasilitasi presensi dan bertindak sebagai moderator.
 Setiap anggota kelompok menyampaikan hasil diskusi.
 Masing-masing kelompok menyerahkan hasil diskusinya.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pentingnya memahami hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.
 Guru melakukan klarifikasi tentang hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsi yang memberlakukan hukum tersebut.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Lembar Kerja Siswa.






VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama. Sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang hukum permintaan dan penawaran.
2.2. Menghargai pendapat semua teman pada saat presentasi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi.
3.2. Notulen/ Catatan hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok

B. Penilaian Kognitif
4. Instrumen
4.1. Uraian berstruktur
- Sebutkan bunyi hukum penawaran
4.2. Uraian berstruktur
- Sebutkan bunyi hukum permintaan
4.3. Uraian berstruktur
- Jelaskan faktor-faktor yang memberlakukan hukum permintaan, penawaran (keadaan Ceteris Paribus)
4.3. Uraian Bebas
- Beri contoh penerapan hukum permintaan dan penawarab dalam kehidupan di masyarakat

C. Aspek Psikomotor
 Laporan hasil diskusi
 Kelompok saat diskusi berlangsung

D. Aspek Afektif
 Tugas individu berilah tanda Check Mark (  ) pada lembaran kuesioner.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 3.3 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitanya dengan permintaan, penawaran , harga keseimbangan dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan pengertian harga-harga dan jumlah keseimbangan.
Indikator : - Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan
- Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
- Menghitung elastisitas permntaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis
- Mendiskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
- Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa untuk memahami / menentukan harga keseibangan, elastisitas permintaan penawaran.

II. Materi Ajar : Harga Keseimbangan.
 Fungsi permintaan dan penawaran.
 Kurva permintaan dan penawaran.
 Penngertian elastisitas dan macam-macamnya.
 Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran.
 Pengertian harga dan output keseimbangan.
 Menentukan harga dan output keseimbangan.
 Pergeseran titik keseimbangan.

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan I ( 2 x 45 menit )
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 1
 Sebagai apersepsi guru menyuruh siswa untuk menggambar kurva keseimbangan.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mencermati kurva permintaan dan kurva penawaran dan masing-masing kelompok :
- menemukan fungsi permintaan dan penawaran.
- Ditambah dengan kajian referensi masing-masing kelompok merumuskan :
• Pengertian elastisitas
• Macam elastisitas
• Menghitung elastisitas
• Menentukan harga dan output keseimbangan
b. Pertemuan 2 ( 2 x 45 menit )
 Diambil 3 kelompok mempresentasikan hasil diskusi dengan materi yang berbeda-beda dan kelompok lain meanggapi.
 Masing-masing kelompok mengumpulkan hasil diskusi.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan hail presentasi tiap kelompok.
 Siswa memberi respon tentang proses pembelajaran.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber
 Lembar Kerja Siswa.

Bahan
 Buku Ekonomi Kelas X.


VI. Penilaian
A. Penilaian Afektif
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melakukan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama. Sebagai teman kerja yang menyenangkan.
2.2. Menghargai pendapat semua teman.
2.3. Hasil Kerja Kelompok.

3. Bentuk Instrumen
Uraian Bebas
a. Apakah yang dimaksud dengan harga keseimbangan?
b. Gambarkan kurva keseimbangan dari data berikut :
Permintaan Harga (Rp) Penawaran
100
90
80
70
60 100
110
120
130
140 60
70
60
90
100

c. Sebutkan macam-macam elastisitas!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 3.4, 3.5 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitanya dengan permintaan, penawaran , harga keseimbangan dan pasar.
Kompetensi Dasar : - Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar.
- Mendiskripsikan pasar input
Indikator : - Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna)
- Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan kepada siswa tentang berbagai bentuk pasar barang dan pasar input.

II. Materi Ajar : Pasar barang dan pasar input.
 Manfaat dan nilai suatu barang

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman dan pemahaman siswa tentang pengertian pasar barang.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan berbagai bentuk pasar barang berdasarkan pengamatan sehari-hari dilingkungan sekitar tempat tinggal siswa.
 Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
 Setiap kelompok membuat laporan.
b. Pertemuan ke 2 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman dan pemahaman siswa tentang pengertian serta jenis pasar input.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk mendiskusikan berbagai jenis pasar input berdasarkan pengamatan siswa dan referensi buku di perpustakaan.
 Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
 Guru memfasilitasi presensi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan berbagai bentuk pasar barang dan pasar input dan jenis-jenisnya.
 Guru melakukan klarifikasi tentang berbagai bentuk pasar barang dan pasar input.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Buku ekonomi Kelas X yang relevan.

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat diskusi berlangsung.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang pasar barang dan pasar input.
2.2. Mendengarkan serta menghargai pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan diskusi.
3.2. Hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil diskusi

B. Penilaian Kognitif
Instrumen
1. Uraian Bebas : Sebutkan bentuk-bentuk pasar barang!
2. Uraian Bebas : Sebutkan ciri-ciri masing-masing bentk pasar barang serta kelemahan dan kelebihannya!
3. Uraian Bebas : Sebutkan jenis-jenis pasar input!
4. Uraian Bebas : Jelaskan bagaimana pendapat para pelopor jenis-jenis pasar input!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 4.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro.
- Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
- Memberi contoh dalam masyarakat tentang ekonomi mikro (misal industri kecil)
- Memberi contoh dalam masyarakat tentang ekonomi makro (misal iflasi pendapatan Nasional).

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam kehidupan ekonomi di masyarakat.

II. Materi Ajar : Ekonomi Mikro dan ekonomi Makro.
 Manfaat dan nilai suatu barang
III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi kelompok.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.
 Membentuk kelompok dengan anggota maksimal 5 siswa.
 Memberi tugas untuk membuat rangkuman sesuai dengan indikator dari materi yang akan didiskusikan kepada masing-masing kelompok.

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 1 (  2 jam pelajaran )
 Siswa dengan kelompoknya maing-maing menggali informasi di perpustakaan dari berbagai macam buku sumber dan mengambil serta mencari contoh-contoh dalam masyarakat.
 Setiap kelompok menyiapkan hasil rangkuman masing-masing, salah satu kelompok mempresentasikan dan kelompok lain sebagai partisipan.

b. Pertemuan ke 2 ( 2 jam pelajaran )
 Salah satu kelompok mempresentasikan hasil laporannya.
 Kelompok lain melakukan diskusi dengan Tanya Jawab.
 Guru bertindak sebagai fasilitator.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan segala permasalahan yang dapat digali dalam diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Sumber Bahan
 Buku – buku yang relevan.

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa yang mengajukan pertanyaan sanggahan atau tambahan materi yang relevan.
1.2. Penilaian dilakukan pada saat mengerjakan tugas kelompok.
1.3. Penilaian dilakukan pada saat siswa mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama dalam menyusun bahan materi serta ketepatan waktu.
2.2. Kerjasama dalam mendistribusikan jawaban kepada pihak yang bertanya, cara menanggapi permasalahan.
2.3. Menghargai/ mendengarkan pendapat atau pertanyaan selama diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan rangkuman.
3.2. Catatan / Notulen tentang pertanyaan yang muncul dan hail dari permasalahan yang muncul.


B. Penilaian Kognitif = Tes Tertulis
Instrumen (kognitif)
Uraian Bebas : Identifikasikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi
Uraian Bebas : Identifikasikan jenis-jenis pengangguran
Uraian Bebas : Identifikasikan hubungan antara kemiskinan dan pengangguran
Uraian Bebas : Identifikasikan usaha-usaha pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan
Uraian Bebas : Diskripsikan hubungan antara pendapatan dan jumlah penduduk Indonesia.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 4.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / 1
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi emerintah dibidang ekonomi
Indikator : - Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi tentang kemiskinan.
- Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi tentang pemerataan pendapatan.
- Mencari pemecahan masalah yang dihadapi pemerintah dibidang lain.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi antara lain :
 Kemiskinan
 Pemerataan pendapatan

II. Materi Ajar : Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah dibidang ekonomi.
 Kemiskinan dan
 Pemerataan pendapatan

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi kelompok.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang apa saja masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa dalam bidang ekonomi.
 Setiap kelompok menyiapkan laporan untuk bahan diskusi.
 Salah sat kelompok maju mempresentasikan dari hasil rangkumannya.
 Kelompok lain menanggapi dan mengajukan pertanyaan sanggahan atau penambahan.
 Guru sebagai fasilitator

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan masalah-masalah yang dihadapi dalam bidang ekonomi yaitu masalah kemiskinan dan pemerataan pendapatan.
 Guru melakukan klarifikasi tentang masalah kemiskinan dan pemerataan pendapatan.
 Guru melakukan klarifikasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan ekonomi mikro dan makro.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis
 Rangkuman

Sumber Bahan
 Buku – buku yang relevan.

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa yang mengajukan pertanyaan, sanggahan memberikan informasi tambahan materi diskusi yang relevan.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam melakukan/ mengerjakan bahan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan pada saat diskusi berlangsung terhadap siswa yang bertanya / menjawab.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama dalam menyusun bahan diskusi serta ketepatan waktu menyelesaikan tugas.
2.2. Kerjasama dalam menjawab, menanggapi pertanyaan maupun sanggahan.
2.3. Menghargai/ mendengarkan pendapat atau pertanyaan selama diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Hasil rangkuman (laporan berupa masalah sederhana/rangkuman).
3.2. Catatan / Notulen tentang pertanyaan yang masuk serta jawabannya


B. Penilaian Kognitif
Instrumen (kognitif)
1. Uraian Bebas : Deskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro.
2. Uraian Bebas : Deskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro.
3. Uraian Bebas : Identifikasikan contoh-contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat, mana yang termasuk
• Ekonomi mikro
• Ekonomi makro.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 5.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI) melalui kajian referensi
Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN
Indikator : - Mendeskripsikan konsep PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (Disposible Income).
- Menghitung pendapatan perkapita.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan pada siswa tentang , PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI)

II. Materi Ajar : Konsep PDB, PDRB, PNB, PN.
 Kemiskinan dan

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang pengertian PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI).
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI)
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi (rangkuman).
 Setiap kelompok menyiapkan Quesionary tentang barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa diproduksi serta siapa pelaku produksi.
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang barang apa yang diproduksi, bagaimana memproduksi dan untuk siapa diproduksi serta siapa pelaku produksi diperusahaan lingkungan masing-masing.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan pengertian tentang PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI.
 Guru memberi contoh tentang perlindungan pendapatan perkapita.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.

Sumber Belajar :
 Buku Ekonomi yang relevan dengan Kompetensi Dasar
 Surat Kabar yang relevan dengan Kompetensi Dasar


VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
B. Penilaian Afektif : Keaktifan siswa selama diskusi berlangsung, meliputi :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal melaksanakan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang pengertian PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI.
2.2. Menghargai/ mendengarkan pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


C. Instrumen Penilaian
1. Apa yang dimaksud PDB!
2. Bagaimana cara menghitung PDB?
3. Apa yang dimaksud PDRB?
4. Apa yang dimaksud PND?
5. Bagaimana cara menghitung PNB?
6. Apa yang dimakdud PN?
7. Bagaimana cara menghitung PN?
8. Apa yang dimaksud PI?
9. Bagaimana cara menghitung PI?
10. Apa yang dimaksud DI?
11. Bagaimana cara menghitung DI?

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 5.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI) melalui kajian referensi
Kompetensi Dasar : - Menjelaskan konsep manfaat perhitungan pendapatan nasional
- Menghitung pendapatan Nasional mennggunakan pendekatan produksi, pendapatan pengeluaran.
Indikator : - Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
- Menghitung pendapatan Nasional menggunakan pendekatan produksi pendapatan dan pengeluaran

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pembelajaran pada siswa tentang :
 Manfaat perhitingan pendapatan Nasional
 Menghitung pendapatan Nasional menggunakan pendekatan produksi pendapatan dan pengeluaran

II. Materi Ajar : Perhitungan Pendapatan Nasional.
 Kemiskinan dan

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi dan pembelajaran tugas.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 2 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang :
 Manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan dan pengeluaran.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang :
 Manfaat perlindungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi (rangkuman) tentang.
 Manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional.
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang :
 Manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok mengumpulkan rangkuman hasil diskusi.

2. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang :
 Manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.

Sumber Belajar :
 Buku Ekonomi yang relevan dengan Kompetensi Dasar
 Surat Kabar yang relevan dengan Kompetensi Dasar


VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
B. Penilaian Afektif : Keaktifan siswa selama diskusi berlangsung, meliputi :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal melaksanakan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang :
 Manfaat perhitungan pendapatan Nasional.
 Menghitung pendapatan Nasional.
2.2. Menghargai/ mendengarkan pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


C. Instrumen Penilaian
1. Apa manfaat perhitungan pendapatan nasional?
2. Bagaimana mennghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi?
3. Bagaimana mennghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran?
4. Bagaimana mennghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 5.3 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI) melalui kajian referensi
Kompetensi Dasar : - Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
Indikator : - Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan pada siswa tentang PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.

II. Materi Ajar : PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
 Kemiskinan dan

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi dan pembelajaran tugas.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Pertemuan 3 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang :
 PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi (rangkuman) tentang PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok mengumpulkan rangkuman hasil diskusi.

2. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang : PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.

Sumber Belajar :
 Buku Ekonomi yang relevan dengan Kompetensi Dasar
 Surat Kabar yang relevan dengan Kompetensi Dasar



VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
B. Penilaian Afektif : Keaktifan siswa selama diskusi berlangsung, meliputi :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal melaksanakan diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan Negara lain
2.2. Mendengarkan pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


C. Instrumen Penilaian
1. Apa ukuran yang sering dipakai untuk membandingkan taraf hidup beberapa Negara?
2. Berapa pendapatan perkapita bagi golongan Negara pendapatan rendah?
3. Berapa pendapatan perkapita bagi golongan Negara pendapatan menengah yang rendah?
4. Berapa pendapatan perkapita bagi golongan Negara pendapatan menengah yang tinggi?
5. Berapa pendapatan perkapita bagi golongan Negara kaya?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 5.4 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, Pendapatan Disposible (DI) melalui kajian referensi
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan indeks harga dan inflasi.
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian inflasi.
- Mendeskripsikan sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya.
- Mengumpulkan informasi terhadap pegawai Negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi
- Mendiskripsikan indeks harga konsumen dan produsen
- Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan pada siswa tentang indeks harga dan inflasi.

II. Materi Ajar : Inflasi.
 Pengertian inflasi
 Sebab dan cara mengatasi inflasi
 Dampak inflasi
Indeks harga
 Indeks harga konsumen dan produsen
 Menghitung inflasi dengan indeks harga

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang inflasi dan indeks harga.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi perpustakaan mengenai inflasi dan indeks harga.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat simulasi dan membagi peran kepada masing-masing anggota kelompok
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang inflasi dan indeks harga
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang inflasi dan indeks harga.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.
 Buku Ekonomi yang relevan

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
B. Penilaian Afektif : Keaktifan siswa selama diskusi berlangsung, meliputi :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa tentang persiapan simulasi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melaksanakan simulasi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi.
2.2. Menghargai pendapat sesama teman pada saat melakukan simulasi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


C. Instrumen Penilaian
1. Jelaskan pengertian inflasi?
2. Sebutkan tiga komponen yang mengindikasikan terjadinya inflasi
3. Sebutkan dan jelaskan jenis inflasi berdasarkan tingkat keparahannya!
4. Sebutkan dan jelaskan jenis inflasi berdasarkan sumber penyebabnya!
5. Sebutkan dan jelaskan jenis inflasi berdasarkan sumber inflasi!
6. Jelaskan kelompok masyarakat yang dirugikan dan diuntungkan oleh inflasi!
7. Sebutkan dan jelaskan kebijakan moneter yang dilakukan oleh Pemerintah dalam mengendalikan inflasi!
8. Sebutkan dan jelaskan kebijakan fiscal yang dilakukan oleh Pemerintah dalam mengendalikan inflasi!
9. Diketahui harga penjualan kebutuhan pokok pada tahun 2005 sebagai erikut!
Jenis Tahun 2005 Tahun 2006
Beras
Gula pasir
Gula merah
Terigu
Jagung 750
1000
800
1200
3000 1250
1550
1100
1600
5500

Diminta : Hitunglah angka Indeks.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 6.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami Konsumsi dan Investasi
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.
Indikator : - Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya.
- Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan pada siswa tentang konsumsi dan investasi.

II. Materi Ajar : Penerapan fungsi matematis dalam ekonomi.
 Pengertian inflasi

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Perteman 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi mengenai fungsi konsumsi dan menggambarkannya, fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat simulasi dan membagi peran kepada masing-masing anggota kelompok mengenai peranan fungsi matematika dalam ekonomi (fungsi konsumsi dan fungsi tabungan)
b. Pertemuan 2 ( 4 jam pelajaran )
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang fungsi konsumsi dan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Setiap anggota kelompok mensimulasi mengenai materi peranan fungsi matematika dalam ekonomi.
c. Pertemuan 3 ( jam pelajaran )
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyampaikan pentingnya penerapan fungsi matematika dalam ekonomi.
 Guru melakukan klarifikasi tentang fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.
 Perlengkapan simulasi.

VI. Penilaian
A. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
B. Penilaian Afektif :
Bentuk penilaian dapat berupa :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan simulasi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melaksanakan simulasi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang fungsi matematika dalam ekonomi.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.
2.3. Menghargai (mendengarkan) sesama teman pada saat melakukan simulasi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil diskusi.
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


C. Instrumen Penilaian
1. Uraian Bebas : Bagaimana pendapatmu tentang penerapan funsi matematika dalam ekonomi?
2. Uraian Bebas : Diketahui fungsi Konsumsi C = 10 + 0,2 y Tentukan fungsi tabungan dan gambarkan dalam bentuk grafik
3. Uraian Bebas : Pendapatan perkapita masyarakat Rp. 50 juta. Konsumsi masyarakat tersebut Rp 40 juta. Berapa tahun kemudian pendapatan per kapita masyarakat meningkat menjadi 65 juta. Tentukan dan gambarkan fungsi konsumsi dan fungsi tersebut.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 6.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami Konsumsi dan Investasi
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan kurva permintaan investasi.
Indikator : - Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang kurva permintaan investasi.

II. Materi Ajar : Kurva Permintaan Investasi.
 Pengertian inflasi

III. Metode Pembelajaran :
 Diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Perteman 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang kurva permintaan investasi.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memberi contoh beberapa pengguna fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi.
b. Pertemuan 2 ( 4 jam pelajaran )
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil kelompok dalam memberi contoh beberapa pengguna fungsi matematis dan stastistik dalam analisis ekonomi.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan contoh beberapa pengguna fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi.
 Guru melakukan klarifikasi tentang contoh beberapa pengguna fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Lembar Kerja Siswa.
 Perlengkapan alat tulis.

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal pencarian informasi dari mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi dengan memperhatikan Lembar Kerja Siswa.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan tugas kelompok.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat melaksanakan presentasi tentang kurva permintaan investasi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang kurva permintaan investasi.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan presentasi.
2.3. Menghargai (mendengarkan) sesama teman pada saat melakukan presentasi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan / Notulen hasil presentasi tentang kurva permintaan investasi..
3.3. Laporan hasil kerja kelompok.


B. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
Instrumen Penilaian
1. Uraian Bebas : Bagaimana pendapatmu tentang kurva permintaan investasi
2. Uraian Bebas : Berikan contoh beberapa pengguna fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi.
3. Uraian Bebas : Gambarkan kurva permintaan investasi.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 7.1 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami Uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan konsep permintaan dan penawaran barang.
Indikator : - Mendiskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang.
- Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang Permintaan dan Penawaran Uang.

II. Materi Ajar : Permintaan dan Penawaran Uang.
 Pengertian inflasi

III. Metode Pembelajaran :
 Diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Perteman 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang Permintaan dan Penawaran Uang.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang Permintaan dan Penawaran Uang.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi.
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang Permintaan dan Penawaran Uang.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referenasi.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Perlengkapan diskusi.

VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referenasi.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang permintaan dan penawaran uang.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.
2.3. Menghargai (mendengarkan) sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.2. Catatan tentang permintaan dan penawaran uang.
3.3 Catatan hasil diskusi
3.4. Laporan hasil kerja kelompok.


B. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
Instrumen Penilaian
1. Uraian Bebas : Bagaimana pendapatmu tentang pengertian permintaan dan penawaran uang.
2. Uraian Bebas : Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi tentang permintaan dan penawaran uang.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 7.2 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 1 dan 2
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami Uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : Membesakan peran bank umum dan bank sentral.
Indikator : - Mendiskripsikan pengertian bank.
- Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum dan bank syariah dan bank perkreditan rakyat.
- Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari.
- Mendiskripsikan konsep kredit.
- Menguaraikan persyaratan yang harus dimiliki calon kredit ( S C ).

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang Bank dan Kredit.

II. Materi Ajar : Bank dan Lembaga Keuangan lainnya.
 Pengertian inflasi

III. Metode Pembelajaran :
 Diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
a. Perteman 1 ( 2 jam pelajaran )
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang perbedaan peran bank Umum dan bank Sentral.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang perbedaan peran bank Umum dan bank Sentral.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi.
b. Pertemuan 2 ( 2 jam pelajaran )
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang peran bank umum, bank sentral dan kredit.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang bank dan cara pemanfaatannya.


V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Perlengkapan diskusi.
 Buku-buku yang relevan



VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal menguraikan fungsi bank dan cara pemanfaatannya.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang peran bank dan kredit.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.3. Catatan tentang peran bank dan kredit.
3.3. Catatan hasil diskusi
3.4. Laporan hasil kerja kelompok.


B. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
Instrumen Penilaian
1. Jelaskan pengertian bank menurut UU No 10 Th 1988 mengenai Perbankan!
2. Berdasarkan definisi bank, sebutkan 3 fungsi bank!
3. Sebutkan tugas Bang Indonesia!
4. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh Bank Umum!
5. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan oleh BPR!
6. Sebutkan kegiatan-kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh BPR!
7. Sebutkan karakteristik bank syariah!
8. Sebutkan dan jelaskan jenis produk Perbankan!
9. Jelaskan kegiatan pokok LKBB!
10. Sebutkan dan jelaskan jenis LKBB!
11. Sebutkan dan jelaskan syarat-syarat kredit!
12. Sebutkan dan jelaskan jenis kredit menurut jangka waktunya!
13. Sebutkan dan jelaskan jenis kredit menurut yang menyalurkannya!
14. Sebutkan dan jelaskan jenis kredit menurut tujuan penggunaannya!
15. Sebutkan dan jelaskan jenis kredit menurut prioritasnya!
16. Sebutkan peranan kredit dalam perekonomian

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
( KD : 7.3 )

Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas / Semester : X / II
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standart Kompetensi : Memahami Uang dan Perbankan
Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran barang.
Indikator : - Mendiskripsikan kebijakan pemerintah dibidang moneter.
- Mengidentifikasi tujuan kebijakan moneter.
- Mendiskripsikan macam-macam kebijakan moneter.

I. Tujuan Pembelajaran : Memberikan pengetahuan dan pengalaman pada siswa tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.

II. Materi Ajar : Kebijakan fiscal dan moneter.
 Pengertian inflasi

III. Metode Pembelajaran :
 Cooperative Learning melalui diskusi.

IV. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
 Menginformasikan tentang materi ajar
 Menginformasikan kompetensi dasar dan indikator yang hendak dicapai serta tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti
 Sebagai apersepsi guru menggali dari pengalaman siswa tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.
 Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk menggali informasi tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.
 Setiap kelompok menyiapkan perangkat diskusi.
b. Pertemuan 2 ( 2 jam pelajaran )
 Setiap kelompok memperesentasikan hasil laporan tentang kebijakan moneter.
 Guru memfasilitasi presentasi kelompok.
 Masing-masing kelompok membuat laporan.

3. Kegiatan Penutup
 Guru bersama siswa menyimpulkan tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.

V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
Alat
 Papan Tulis

Bahan
 Perlengkapan diskusi.
 Buku-buku yang relevan











VI. Penilaian
Bentuk penilaian dapat berupa :
A. Penilaian Afektif :
1. Penilaian Individu
1.1. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mendiskripsikan kebijakan moneter.
1.2. Penilaian dilakukan terhadap siswa dalam hal mempersiapkan perlengkapan diskusi.
1.3. Penilaian dilakukan terhadap siswa pada saat diskusi.

2. Penilaian Kelompok
2.1. Kekompakan bekerja sama sebagai teman kerja yang menyenangkan dalam mencari informasi tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.
2.2. Menghargai (mendengarkan) pendapat sesama teman pada saat melakukan diskusi.

3. Penilaian Hasil Kerja
3.1. Kelengkapan lembar kerja siswa sebagai hasil dan mengkaji referensi
3.4. Catatan hasil diskusi tentang kebijakan pemerintah dibidang moneter.
3.3. Catatan hasil diskusi
3.4. Laporan hasil kerja kelompok.


B. Penilaian Kognitif : Tes Tertulis
Instrumen Penilaian
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kebijakan moneter!
2. Sebutkan tujuan kebijakan moneter!
3. Sebutkan dan jelaskan macam-macam kebijakan moneter!

No comments: