selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Saturday, September 26, 2009

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

SEKOLAH :
MATA PELAJARAN : Sosiologi
KELAS / PROGRAM : X ( sepuluh )
SEMESTER : 1 ( Satu )

STANDAR KOMPETENSI : Memahami Perilaku Keteraturan Hidup sesuai dengan Nilai dan
Norma yang Berlaku di Masyarakat

KOMPETENSI DASAR : Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di Masyarakat

INDIKATOR : Menjelaskan pengertian nilai dan norma
Mengidentifikasikan nilai dan norma
Membedakan nilai dan norma
Memberikan contoh peran nilai dan norma dalam kehidupan masyarakat
Memberikan contoh nilai – nilai dan keteladanan rosul dalam kehidupan sehari – hari
Mengklasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku di masyarakat
Memilah kasus – kasus pelanggaran nilai yang tidak sesuai dengan ajaran Islam

ALOKASI WAKTU : 10 jam x 40 menit

A. TUJUAN PEMBELAJARAN : Siswa dapat Mendiskripsikan Nilai dan Norma yang Berlaku di
Masyarakat

B. MATERI PEMBELAJARAN :
1. Pengertian Nilai dan Norma
2. Macam – Macam Nilai dan Norma
3. Fungsi dan peranan Nilai dan Norma dalam Masyarakat
4. Bentuk – bentuk keteladanan Rosul dalam keseharian
5. Perkembangan Nilai dan Norma
6. Kaitan antara nilai dan norma dan keteraturan sosial
7. Bentuk pelanggaran nilai – nilai Islami

C. METODE PEMBELAJARAN :
1. Diskusi Kelompok
2. Tanya Jawab
3. Penugasan Individu dan Kelompok
4. Ceramah

D. LANGKAH – LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN :
1. Kegiatan Awal :
a. Memeriksa kehadiran siswa, kerapian dan kebersihan kelas.
b. Siswa dimotivasi dengan keterkaitan antara pelajaran / materi yang lalu dengan materi sekarang.
c. Siswa diberi motivasi dengan pertanyaan – pertanyaan yang relevan .

2. Kegiatan Inti :
a. Siswa dengan dipandu guru menelaah tentang nilai dan norma
b. Diskusi tentang konsep nilai dan norma dengan membentuk kelompok – kelompok diskusi kelas.
c. Tiap – tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya
d. Kelompok lain menanggapi presentasi dari kelompok lain dan diakhiri pengambilan keputusan

3. Kegiatan Akhir :
a. Siswa dan guru melakukan refleksi
b. Siswa mendapatkan tugas untuk pembelajaran berikutnya

E. SUMBER PEMBELAJARAN :
1. Buku materi sosiologi kelas x
2. Buku LKS untuk siswa
3. Sosiologi suatu pengantar, Soeryono Soekanto, 1990
4. Gambar – gambar yang relevan
5. Artikel – artikel ( internet, majalah, koran dsb.

F. PENILAIAN :
1. Teknik : tes tertulis
2. Bentuk Instrumen : tes uraian
3. Soal Instrumen :
1) Jelaskan pengertian norma dan nilai
2) Sebutkan perbedaan nilai dan norma
3) Beerikan contoh peran nilai dan norma dalam masyarakat!
4) Jelaskan dan beri contoh ketauladanan Rosul !
5) Klasifikasikan kasus – kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

2 comments:

ZEM "Aceh Generation" said...

terima kasih atas informasinya....saya juga sedang mengelola blog tentang pendidikan....thanks....

ZEM "Aceh Generation" said...

terima kasih atas informasinya....saya juga sedang mengelola blog tentang pendidikan....thanks....