selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, May 5, 2008

RPP IPS 6 SD (contoh dari yudistira)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ke-1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester : VI / 1
Pertemuan ke : 1 s.d. 6
Alokasi Waktu : 18 jam pelajaran ( 6 X pertemuan )
Standar Kompetensi : 1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia,
kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di
Asia Tenggara, serta benua-benua
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi
wilayah Indonesia
Indikator : 1. Mendeskripsikan perubahan wilayah provinsi di
Indonesia
2. Mendiskripsikan perubahan wilayah dan laut teritorial
Indonesia
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini diharapkan siswa dapat :
• Menjelaskan perkembangan wilayah Indonesia
• Menunjukkan peta wilayah provinsi di Indonesia
• Menjelaskan pembagian wilayah perairan laut Indonesia.
• Menunjukkan peta administrasi wilayah.
II. Materi Pembelajaran
Perkembangan Sistem Administrasi Wilayah
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, diskusi, tanya jawab
IV. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1
Kegiatan Awal
1. Informasi guru tentang pembagian wilayah Indonesia pada tanggal 19 Agustus 1945
2. Tanya jawab guru dengan siswa tentang provinsi Indonesia pada awal Indonesia
Merdeka.
Kegiatan Inti
1. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tanggal 19 Agustus 1945
2. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 1956
3. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 1957
4. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 1958
5. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 1999
6. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 2000
7. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 2002
8. Siswa mendata pembagian wilayah Indonesia pada tahun 2004
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan tentang perkembangan wilayah Indonesia.
Pertemuan ke-2
Kegiatan Awal
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang perkembangan wilayah pada tahun
2004.
2. Siswa menyebutkan provinsi-provinsi baru di wilayah Indoneisa bagian barat.
Kegiatan Inti
1. Guru memperlihatkan peta Indonesia di depan kelas.
2. Siswa memperhatikan atlas Indonesia mereka masing-masing.
3. Dengan bimbingan guru siswa menunjukkan letak dan nama provinsi di Indonesia
barat.
Kegiatan Akhir
Guru menunjuk siswa secara acak bergiliran maju ke depan kelas untuk
menunjukkan letak provinsi yang di maksud guru.
Pertemuan ke-3
Kegiatan Awal
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang perkembangan wilayah Indonesia
tengah pada tahun 2004.
2. Siswa menyebutkan provinsi-provinsi baru di wilayah Indonesia tengah.
Kegiatan Inti
1. Guru memperlihatkan peta Indonesia di depan kelas.
2. Siswa memperhatikan atlas Indonesia mereka masing-masing.
3. Dengan bimbingan guru, siswa menunjukkan letak dan nama provinsi di Indonesia
tengah..
Kegiatan Akhir
Guru menunjuk siswa secara acak bergiliran maju ke depan kelas untuk
menunjukan letak provinsi yang di maksud guru.
Pertemuan ke-4
Kegiatan Awal
1. Guru bertanya jawab dengan siswa tentang perkembangan wilayah Indonesia timur
pada tahun 2004.
2. Siswa menyebutkan provinsi-provinsi baru di wilayah Indonesia timur.
Kegiatan Inti
1. Guru memperlihatkan peta Indonesia di depan kelas.
2. Siswa memperhatikan atlas Indonesia mereka masing-masing.
3. Dengan bimbingan guru siswa menunjukkan letak dan nama provinsi di Indonesia
timur..
Kegiatan Akhir
Guru menunjuk secara acak bergiliran maju ke depan kelas untuk menunjukan letak
provinsi yang di maksud guru.
Pertemuan ke-5
Kegiatan Awal
1. Tanya jawab guru dan siswa tentang wilayah Indonesia.
2. Tanya jawab guru dan siswa tentang letak Indonesia secara geografis.
Kegiatan Inti
1. Siswa membaca buku pada halaman 24-25
2. Siswa mendata wilayah perairan laut Indonesia.
3. Siswa menanyakan hal-hal yang belum dimengerti pada guru.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan tentang wilayah perairan laut Indonesia berdasarkan Konvensi
Hukum Laut Internasional di Jamaika tahun 1982.
Pertemuan ke-6
Kegiatan Awal
1. Guru memperlihatkan peta Indonesia di depan kelas.
2. Siswa memperhatikan peta Indonesia di depan kelas.
3. Guru memberi informasi tentang wilayah laut Indonesia
4. Siswa dengan bimbingan guru menunjukkan pada peta tentang wilayah perairan
Indonesia.
Kegiatan Inti
1. Siswa membaca pada halaman 25-26.
2. Siswa mendata usaha yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan lingkungan
alam.
Kegiatan Akhir
Siswa mengerjakan tugas pada halaman 27.
V. Alat / Bahan / Sumber Belajar
• Buku Horizon IPS 6A terbitan Yudhistira hal. 1 – 32
• Peta Indonesia
• Atlas.
VI. Penilaian
o Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan guru
o Diskusi membaca peta
o Mengerjakan tugas halaman 27
o Mengerjakan evaluasi belajar hal 30-32.
Mengetahui ................, ......................
Kepala Sekolah, Guru Kelas
............................................... ..............................................
NIP NIP

4 comments:

uni said...

assalamu`alaikum sepertinya saya harus banyak sering nih dengan anda, sy mengajar di kelas 6 sdit fajar hidayah kota wisata untuk ke 3 kali, boleh kan? ws

Ell@ said...

Kalau Backgroundnya sudah hijau, backgroun untuk isinya jangan hijau lagi Pak,,, Silau.
terima kasih

Mr Mus said...

Makasih P Guru...., lama gak berkutat dengan rpp, ternyata masih sama ya.... gimana ada contohsoal nya gak...

Lambok Ford Sitorus said...

Perlu Sharing Kita Pak Tentang Dunia Pendidikan