selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, May 5, 2008

Standar Kompetensi IPS SD


STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

KELAS

: I (Satu)

SEMESTER

: 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Kemampuan memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.

1.1 Siswa mampu menunjukkan identitas diri, keluarga, dan kerabat.

1.2 Siswa mampu menceritakan kasih sayang antaranggota keluarga.

1.3 Siswa mampu mewujudkan hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan mengenal lingkungan rumah dan peristiwa penting di lingkungan keluarganya.

2.1 Siswa mampu menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga

2.2 Siswa mampu menceritakan letak rumahnya.

2.3 Siswa mampu menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah.


KELAS

: II (Dua)

SEMESTER

: 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Kemampuan memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

1.1 Siswa mampu memanfaatkan dokumen keluarga sebagai sumber belajar.

1.2 Siswa mampu memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya.

1.3 Siswa mampu menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis.

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan memahami kedudukan dan peran anggota keluarga.

2.1 Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga.

2.2 Siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam keluarga

2.3 Siswa mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga


KELAS : III (Tiga)

SEMESTER : 1

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Kemampuan mengenal lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.

1.1 Siswa mampu menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah.

1.2 Siswa mampu memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah

1.3 Siswa mampu membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah sesuai arah mata angin.

1.4 Siswa mampu melakukan kerjasama di lingkungan rumah dan sekolah

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.

2.1 Siswa mampu memahami jenis-jenis pekerjaan

2.2 Siswa mampu memberikan contoh ciri-ciri etos kerja (kerja keras) yang baik.

2.3 Siswa mampu memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah.

2.4 Siswa mampu mengenal dan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhannya.


KELAS

: IV (Empat)

SEMESTER

: I

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Kemampuan memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.

TEMA: ALAM DAN POTENSI DAERAHKU

1.1 Siswa mampu menceritakan sejarah kelahiran daerahnya.

1.2 Siswa mampu membaca dan menggambar peta lingkungan setempat (kabupaten/ kota, provinsi) dengan menggunakan skala.

1.3 Siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi dan hubungannya dengan keragaman sosial (misalnya: jenis pekerjaan) dan budaya (misalnya:cara hidup).

1.4 Siswa mampu memahami dan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/ kota, provinsi).

1.5 Siswa mampu menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan menjaga kelestariannya.

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan memahami sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ kota dan provinsi.

TEMA: KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAERAHKU

2.1 Siswa mampu menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat

2.2 Siswa mampu mendeskripsikan aktivitas jual beli di pasar setempat (kabupaten/ kota, provinsi).

2.3 Siswa mampu memahami pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

2.4 Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya.

2.5 Siswa mampu menganalisis dan memecahkan masalah sosial di daerahnya.

KELAS

: V (Lima)

SEMESTER

: I

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1. Kemampuan mendeskripsikan kejayaan masa lalu, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di Indonesia.

TEMA : KEJAYAAN NEGERIKU

1.1 Siswa mampu mendeskripsi­kan masa kejayaan dan peninggalan kerajaan Hindu-Buddha (Sriwijaya dan Majapahit) dan Islam di Nusantara

1.2 Siswa mampu mendeskripsikan keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan menggunakan peta/ atlas/globe dan media lainnya.

1.3 Siswa mampu menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.

1.4 Siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia.

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan memahami perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

TEMA : TANTANGAN BANGSAKU

2.1 Siswa mampu mendeskripsikan perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah

2.2 Siswa mampu mendeskripsikan munculnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan.

2.3 Siswa mampu mendeskripsikan peristiwa di sekitar proklamasi kemerdekaan.

2.4 Siswa mampu mendeskripsikan dan memecahkan masalah kependudukan di Indonesia

KELAS

: VI (Enam)

SEMESTER

: I

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

1 Kemampuan memahami kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga (Asia Tenggara), Asia, dan dunia.

TEMA : INDONESIA DI TENGAH-TENGAH DUNIA

1.1 Siswa mampu menceritakan perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahan­kan kemerdekaan.

1.2 Siswa mampu membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga (ASEAN dan Asia).

1.3 Siswa mampu membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di dunia.

SEMESTER : 2

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

2. Kemampuan memahami peranan bangsa Indonesia di era globalisasi.

TEMA : INDONESIA DI ERA GLOBALISASI

2.1 Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan wilayah provinsi di Indonesia.

2.2 Siswa mampu mendeskripsikan kegiatan ekspor dan impor Indonesia dengan negara lain.

2.3 Siswa mampu menjelaskan peranan Indonesia pada era globalisasi dan menganalisis dampak positif dan negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

2.4 Siswa mampu mendeskripsikan gejala (persitiwa) alam yang terjadi Indonesia dan negara tetangga serta memberikan contoh cara-cara menghadapi gejala alam tersebut.

1 comment: