Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas /Semester : X/1
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Kompetensi Dasar
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Indikator
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit (2 pertemuan)
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia
1. Tujuan Pembelajaran
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian kebutuhan
b. Siswa dapat mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
2. Materi Pembelajaran
a. Kebutuhan manusia
b. Pengertian kebutuhan
c. Macam-macam kebutuhan
3. Metode Pembelajaran
Tanya jawab
Presentasi multimedia
Demonstrasi
Modulasi
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan awal Kegiatan Pembelajaran:
1) Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
2) Guru dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa mengamati berbagai jenis kebutuhan yang terdapat di lingkungan sekolah.
2) Siswa mencari informasi tentang pengertiankebtuhan dengan memanfaatkan literatur
3) Siswa diajak untuk menentukan ciri-ciri dari masing-masing jenis-jenis kebutuhan yang telah ditemukan tersebut
4) Siswa mengidentifikasi berbagai macam jenis barang ke dalam kebutuhan
5) Siswa menulis data yang ditemukan berdasarkan hasil identifikasi ke dalam buku catatan.
6) Siswa secara bergilir memaparkan hasil temuan ke forum
c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.
Pertemuan Kedua
a. Kegiatan awal Pembelajaran:
1) Guru membuka pelajaran dengan apersepsi tentang kegiatan manusia sehari-hari dan kebutuhan yang dipenuhi oleh manusia setiap hari.
2) Bertanya kepada siswa tentang penggolongan kebutuhan.
b. Kegiatan Inti
1) Siswa diajak untuk mengidentifikasi kebutuhan yang ada di dalam masyarakat melalui media masa lokal.
2) Siswa mengelompokkan macam-macam kebutuhan yang ditemukan ke dalam jenis-jenis kebutuhan
3) Siswa menentukan kebutuhan yang menjadi kebutuhan dominan masyarakat Sleman.
4) Siswa menulis data gambar berdasarkan hasil identifikasi.
c. Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi terkait dengan kebutuhan pelajar yang semakin banyak ditengah perkembangan jaman.
Friday, October 9, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
1 comment:
KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014
YANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015
Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL
Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass
Post a Comment