selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, October 5, 2009

RPP kelas 5

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

SD/MI:
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V (Lima)/1 (Satu)
Standar Kompetensi: Memahami pentingnya keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia(NKRI).
Kompetensi Dasar : Mendiskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
Indikator:
1.1.1.Menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.1.2.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika.
1.1.3.Menceritakan kesatuan wilayah negara Indonesia.
1.1.4.Menganalisis usaha-usaha untuk menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
1.1.5.Menjelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Alokasi Waktu: 4 x 35 menit (2x pertemuan)
Tujuan Pembelajaran: Setelah selesai proses pembelajaran siswa mampu:
1.Menjelaskan makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
2.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika.
3.Menceritakan kesatuan wilayah negara Indonesia.
4.Menyebutkan usaha-usaha menjaga keutuhan Negara Kesatuan
Republik Indonesia (NKRI).
5.Menjelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik In-
donesia (NKRI).
Materi Pembelajaran: Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Metode Pembelajaran
Pengamatan, diskusi, tanya jawab, penugasan, praktik.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
1.Kegiatan Awal (10 menit)
a.Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam proses
pembelajaran.
b.Siswa mengelompok menurut kelompok diskusi yang telah ditentukan.
c.Siswa menyiapkan bahan yang akan dipelajari bersama.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa mencermati materi dalam buku yang berkaitan dengan menjaga keutuhan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
b.Siswa mengerjakan tugas bersama-sama dengan kelompoknya.
c.Siswa menyiapkan hasil kerja kelompok dan menyampaikannya di depan kelas.
d.Siswa memerhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru.
e.Siswa membuat rangkuman.

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Kelas V

3.Kegiatan Penutup (10 menit)
a.Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika!
b.Sebutkan usaha-usaha dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia!
c.Jelaskan tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia!
Pertemuan II
1.Kegiatan Awal (10 menit)
a.Siswa memerhatikan penjelasan guru tentang indikator yang akan dicapai dalam kegiatan
pembelajaran.
b.Siswa mengelompok sesuai dengan kelompok diskusinya.
c.Siswa menyiapkan materi pelajaran yang akan dipelajari bersama.
2.Kegiatan Inti (50 menit)
a.Siswa melakukan kegiatan diskusi tentang usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga
keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b.Siswa berdiskusi tentang tujuan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI).
c.Siswa menyimpulkan hasil diskusi kelompok masing-masing.
d.Siswa memerhatikan penjelasan dari guru tentang hasil diskusi.
e.Siswa membuat kesimpulan hasil diskusi yang telah di bahas bersama-sama.
3.Kegiatan Akhir (10 menit)
a.Siswa menjawab pertanyaan tentang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI).
Misal :
1)Usaha-usaha apa saja yang dapat dilakukan untuk menjaga keutuhan NKRI?
2)Apa tujuan menjaga keutuhan NKRI?
b.Siswa mendapat tugas individu sebagai bahan pendalaman materi.
Alat/Sumber
Buku Pendidikan Kewarganegaraan. Penerbit Cempaka Putih.
Penilaian
Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dan setelah akhir pertemuan II.

1 comment:

Kisah sukses said...

KISAH CERITA SUKSES DARI SAYA DARI HONORER JADI PNS GURU K2 TAHUN 2014

YANG HANYA BISA DI PERCAYA
BPK DRS SIDIK KADARUSMAN NO HP BELIAU 0853-9845-2015

Sumpah demi allah ini kisah cerita nyata saya jadi PEGAWAI NEGERI SIPIL

Alhamdulillah berkat bantuan BPK SIDIK KADARUSMAN beliau selaku DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN di BKN pusat yang telah membantu saya jadi PNS, Nomor hp bpk Drs SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015
KISAH CERITA SAYA JADI PNS Assalamu Alaikum wr-wb,Mohon maaf mengganggu waktu dan aktifitas ibu/bapak,saya cuma bisa menyampaikan melalui pesan singkat dan semoga bermanfaat, saya seorang honorer baru saja lulus jadi PNS k2 tahun 2014, dan Saya ingin berbagi cerita kepada anda, Bahwa dulunya saya ini cuma seorang Honorer di sekolah dasar, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 5 kali mengikuti ujian, tidak pernah lolos bahkan saya sempat putus asah,namun teman saya memberikan no telf Bpk drs SIDIK KADARUSMAN yang bekerja di BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur 13640 sebagai DIREKTORAT PENGAWASAN DAN PENGENDALIAN KEPEGAWAIAN yang di kenalnya di bkn jakarta dan saya pun coba menghubungi beliau dan beliau menyuruh saya mengirim berkas saya melalui alamat kantor beliau, Satu minggu kemudian saya sudah ada panggilan ke jakarta untuk ujian, alhamdulillah berkat bantuan beliau saya pun bisa lulus dan SK saya akhirnya bisa keluar,dan saya sangat berterimah kasih ke pada beliau dan sudah mau membantu saya, itu adalah kisa nyata dari saya, jika anda ingin seperti saya anda bisa, Hubungi Bpk SIDIK KADARUSMAN hp: 0853-9845-2015 , siapa tau beliau bisa bantu. Wass