RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ….
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Semester : XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
2. Menjelaskan penyebab pengangguran.
3. Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
4. Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
5. Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
b) Siswa dapat menjelaskan penyebab pengangguran.
c) Siswa dapat menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
d) Siswa dapat menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
e) Siswa dapat menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
B. Materi Pokok
Ketenagakerjaan
C. Uraian Materi
a) Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
b) Pengangguran
c) Cara-cara mengatasi pengangguran
d) Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
e) Sistem upah yang berlaku di Indonesia
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang ketenagakerjaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kondisi ketenagakerjaan di Indonesia. Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah ketenagakerjaan adalah masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Masalah tersebut merupakan topik yang senantiasa dibicarakan dalam kerangka pembangunan ekonomi nasional. Kelak, para siswa akan menjadi bagian dari tenaga kerja Indonesia.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan penyebab pengangguran.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.
g. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
h. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
• Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
• Lembar pengamatan (afektif)
• Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP, spidol
Mengetahui ………, ………200….
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
Monday, March 8, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment