selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Saturday, March 13, 2010

RPP

RPP
Nama Sekolah : SMK Bisnis dan Manajemen
Mata Pelajaran : Produktif Penjualan
Kelas/Semester : XI /1
Pertemuan ke ­:
1 s.d 3
Alokasi Waktu : 9 X 45 menit
Standar Kompetensi : Menagih Pembayaran (hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasikan klausul
klausul
perjanjian
Indikator :
­Arti
klausul diidentifikasi
­Arti
perjanjian jual beli dipahami
­Tujuan
pembuatan klausul disebutkan kembali
­Subjek
dan objek dibedakankan dalam perjanjian
­Klausul
perjanjian jual beli dibaca dan dipelajari kembali, seperti
jatuh tempo, pembayaran, sanksi keterlambatan pembayaran
­Pembayaran
pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan,
apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli
­Daftar
pelanggan yang akan atau telah jatuh tempo disusun untuk
kemudahan menghubungi pelanggan
I. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat:
•mengidentifikasi arti Klausul
•memahami Arti perjanjian jual beli
•menyebutkan Tujuan dibuat Klausul dalam perjanjian jual beli
•membedakan Subyek dan Obyek Perjanjian jual beli
•mengetahui Isi dari pada Klausul perjanjian jual beli
•mengkonfirmasikan pembayaran pelanggan kebagian keuangan,
berdasarkan barang yang terjual
•menyusun daftar pelanggan yang jatuh tempo berdasarkan zona
tempat tinggal
Halaman 1 dari
15
II. Materi Pokok :
•Arti Klausul
•Arti perjanjian jual beli
•Tujuan perjanjian jual beli
•Isi perjanjian jual beli
•Subjek dan objek perjanjian jual beli
•Masa berlaku perjanjian jual beli
•Jatuh tempo perjanjian jual beli
III. Metode Pembelajaran :
•Penugasan
•Diskusi kelompok @ 5 orang
•Ceramah
•Presentasi
IV. LangkahLangkah
Pembelajaran :
PERTEMUAN KE ­
1
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan dan
penyampaian topik dan tujuan pembelajaran
(2) Kegiatan Inti :
1. Pembagian kelompok
2. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
3. Peserta didik membaca tentang arti klausul, arti perjanjian jual
beli, dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
4. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti klausul,arti
perjanjian jual beli dan tujuan perjanjian jual beli
5. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang arti klausul, arti
perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual beli
untuk dipresentasikan
6. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
7. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
Halaman 2 dari
15
5. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi
berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak
terdapat salah konsep.
6. Contohcontoh
surat perjajian jual beli untuk didiskusikan
sebagai pendalaman materi disampaikan oleh guru.
7. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Mengetahui arti klausul
2. Mengetahui arti perjanjian jual beli
3. Menyebutkan tujuan dibuat klausul dalam perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersamasama
menyimpulkan
intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru memberikan tugas akhir kepada siswa, baik tugas
terstruktur maupun tugas yang tidak terstruktur
PERTEMUAN KE – 2
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti
klausul, arti perjanjian jual beli dan tujuan pembuatan perjanjian jual
beli
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang isi perjanjian jual beli serta
subjek dan objek perjanjian jual beli
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang isi perjanjian
jual beli serta subjek dan obek perjanjian jual beli
1. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang isi perjanjian jual
beli serta subjek dan objek perjanjian jual beli untuk
dipresentasikan
2. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
Halaman 3 dari
15
3. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
4. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi
berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak
terdapat salah konsep.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
1. Isi perjanjian jual beli
2. Subjek dan objek perjanjian jual beli
(3) Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka
dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir
PERTEMUAN KE – 3
(1) Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang
masa berlaku perjanjian jual beli, jatuh tempo perjanjian jual beli,
dan sanksi keterlambatan dalam perjanjian jual beli
(2) Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang masa berlaku perjanjian jual beli,
jatuh tempo perjanjian jual beli dan sanksi keterlambatan
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat klausul perjanjian jual beli.
Guru bertindak sebagai pembimbing
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil
pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi
tanggapannya. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa,
yaitu:
1. Masa berlaku perjanjian jual beli
2. Jatuh tempo dan sanksi keterlambatan
(3) Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang masa berlaku perjanjian
jual beli, jatuh tempo dan sanksi keterlambatan.Guru membuat
kesimpulan akhir.
V. Alat/Bahan Sumber Belajar :
1. Alat/Bahan : ­
Alat tulis
Halaman 4 dari
15
­
Alat peraga
­
Format dan formulir perjanjian jual beli
­
Bea materai
2. Sumber Belajar : Format klausul perjanjian jua beli,
­
Modul Menagih pembayaran karya
Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
­
Modul Menagih Pembayaran karya Tim
­
Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
Mega
VI. Penilaian :
1. Jenis test :
­
Test lisan ( pre test )
­
Test Perbuatan
­
Test Tertulis
2. Bentuk test :
­
Pilihan Ganda
­
Uraian
Contoh test awal ( lisan )
a. Pernahkah anda mendengar istilah klausul, istilah perjanjian jual
beli dan tujuan perjanjian jual beli ?
b. Minggu yang lalu anda telah mempelajari arti klausul, arti perjanjian
jual beli dan tujuan jual beli, coba sebutkan
c. Coba sebutkan secara garis besar materi bahasan minggu lalu
Contoh test perbuatan(proses)
Buatlah klausul perjanjian jual beli
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat klausul
perjanjian. Adapun format yang digunakan sebagai berikut:
NO Nama
Siswa
Aspek Penilaian
Kesesuaian
materi
Penge
­tahuan
Ketrampialn
Sikap Jmlh
Komp/
Blm
komp
4 2 2 2 10
1 Adel 3 2 2 2 9 komp
2 Budi 2 1 1 1 5 Blm
komp
Halaman 5 dari
15
Keterangan :
a. Kesesuaian materi: 4 = Sangat sesuai
3 = Sesuai
2 = cukup sesuai
1 = tidak sesuai
b. Pengetahuan/ketrampilan/ sikap
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik
Contoh test akhir ( tertulis )
Contoh 1.
1. Persetujuan atau kesepakatan tertulis atau lisan yang dibuat oleh
pihak penjual dan pembeli yang isinya mengandung makna
persyaratan jual beli yang harus ditaati oleh kedua belah pihak
selaku penjual dan pembeli disebut ....
a. klausul
b. transaksi
c. perjanjian
d. bukti otentik
e. perjanjian jual beli
2. Membuat contoh surat perjanjian jual beli berdasarkan data
dibawah ini :
Penjual : Adisti Puspitasara SE, manager penjualan
PT. Murah Hati. Alamat Jln Cipulir I Keb Lama
Jakarta Selatan
Pembeli : Septiani Melia SH. Manager Pembelian CV.
Baik Hati. Jln. Alamanda Raya Jakarta
Barang yang dijual : Sepeda motor merek Honda Supra – X tahun
2008. No mesin Smk 15072008 ,No Rangka
Ksm 20080715 warna merah marun, no polisi
B 1208 SLH
Syarat pembayaran : Harga Rp15.000.000,00. Pembayaran
dilakukan secara tunai setelah barang
diterima
Halaman 6 dari
15
Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal Nomor soal Bobot Nilai
PG 1 ­
25 2 50
Uraian 1 (perjanjian 50 50
Jual beli) 100
Mengetahui Ka. SMK Jakarta Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : SMK Bisnis dan Manajemen
Mata Pelajaran : Produktif Penjualan
Kelas/Semester : XI /1
Pertemuan ke : 4 s/d 9
Alokasi Waktu : 18 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menagih Pembayaran (hasil Penjualan)
Kompetensi Dasar : Melakukan kontak dengan dengan pelanggan
Indikator :
•Daftar pelanggan yang telah disusun, disiapkan, dan diperiksa
kembali untuk kemudahan menghubungi pelanggan
•Pelanggan dihubungi dengan menggunakan komunikasi lisan atau
tertulis sesuai prosedur perusahaan
•Pelanggan diingatkan kembali mengenai klausul perjanjian yang
berkaitan dengan pembayaran
•Pembayaran Pelanggan dikonfirmasikan kebagian keuangan
apakah pelanggan telah membayar produk yang dibeli
Halaman 7 dari
15
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa dapat :
•Menyusun daftar pelanggan pelanggan berdasarkan tanggal
transaksi
•Berkomunikasi secara lisan dan tertulis kepada pelanggan
•njelaskan cara cara pembayaran yang sesuai dengan surat
perjanjian
•Membuat konfirmasi kebagian keuangan apakah pelanggan telah
membayar produk yang dibeli
II. Materi Pokok :
•Daftar pelanggan
•Komunikasi lisan atau tertulis
•Prosedur pembayaran dalam klausul
•Informasi bagian keuangan
III. Metode Pembelajaran :
•Penugasan
•Ceramah
•Simulasi
•Demontrasi
IV LangkahLangkah
Pembelajaran
PERTEMUAN KE ­
4
A. Kegiatan Awal
1. Salam , absensi dan penjelasan dan pre test tentang klausul
klausul perjanjian
2. Penjelasan lingkup materi yang dipelajari
B. Kegiatan Inti
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang arti dan manfaat daftar pelanggan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang arti dan manfaat
Halaman 8 dari
15
daftar pelanggan
4. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
5. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
6. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung
dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah
konsep.
7. Contohcontoh
daftar pelanggan untuk didiskusikan sebagai
pendalaman materi disampaikan oleh guru.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
(1) pengertian daftar pelanggan
(2) manfaat daftar pelanggan
C. Kegiatan Akhir
1. Guru membimbing siswa untuk bersamasama
menyimpulkan
intisari pelajaran yang dibahas.
2. Guru membuat kesimpulan tentang arti dan manfaat daftar
pelanggan
3. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membuat contoh
format dan mengisi daftar pelanggan
PERTEMUAN KE ­
5
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan arti dan
manfaat daftar pelanggan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membaca tentang cara membuat dan menyusun
daftar pelanggan berdasarkan informasi yang diperoleh dari
bagian keuangan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang cara membuat
dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang
diperoleh dari bagian keuangan
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang cara membuat
dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan informasi yang
diperoleh dari bagian keuangan
Halaman 9 dari
15
5. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
7. Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi berlangsung
dengan baik serta materi yang disampaikan tidak terdapat salah
konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
9. Cara membuat dan menyusun daftar pelanggan berdasarkan
informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka
dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir
PERTEMUAN KE ­
6
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan tentang
cara membuat dan menyusun daftar pelanggan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang komunikasi secara lisan dan
tertulis
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat langkahlangkah
cara
menghubungin pelanggan,guru bertindak sebagai pembimbing
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil
pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi
tanggapannya.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Cara berkomunikasi dengan pelanggan baik lisan dan tertulis
C. Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan cara berkomunikasi dengan
pelanggan baik lisan dan tertulis.Guru membuat kesimpulan akhir.
PERTEMUAN KE
7
A. Kegiatan Awal :
a. Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang cara
berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan atau tertulis
B. Kegiatan Inti :
Halaman 10 dari
15
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membahas langkah – langkah dalam
berkomunikasi dengan pelanggan baik secara lisan dan tulisan .
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang langkah –
langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara
lisan dan tulisan .
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang langkah –
langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan baik secara
lisan dan tulisan .
5. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
7.Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi
berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak
terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
langkah – langkah dalam berkomunikasi dengan pelanggan
baik secara lisan dan tulisan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka
dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir
PERTEMUAN KE
8
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest secara lisan langkahlangkah
berkomunikasi secara lisan dan tulisan
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik membaca tentang procedure pembayaran menurut
klausul
2. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab
3. Setiap individu peserta didik membuat kesimpulan tentang
procedure pembayaran menurut klausul
4. Satu dua siswa yang ditunjuk guru mempresentasikan hasil
pekerjaan nya dan peserta didik yang lain memberi
Halaman 11 dari
15
tanggapannya.
5. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Prosedur pembayaran menurut klausul
C. Kegiatan Akhir
Satu atau dua siswa menyimpulkan tentang prosedur pembayaran
menurut klausul . Guru membuat kesimpulan akhir.
PERTEMUAN KE
9
A. Kegiatan Awal :
Pemberian salam, mengabsensi dan pretest tentang procedure
pembayaran menurut klausul
B. Kegiatan Inti :
1. Peserta didik duduk menurut kelompok yang sudah dibentuk
sebelumnya
2. Peserta didik membahas informasi yang diperoleh dari bagian
keuangan
3. Guru memfasilitasi untuk bertanya jawab tentang informasi yang
diperoleh dari bagian keuangan
4. Setiap kelompok membuat kesimpulan tentang tentang
informasi yang diperoleh dari bagian keuangan
5. Presentasi oleh masingmasing
kelompok
6. Kelompok lain menyimak dan memberikan sanggahan apabila
diperlukan
7.Guru berperan sebagai mediator agar jalannya diskusi
berlangsung dengan baik serta materi yang disampaikan tidak
terdapat salah konsep.
8. Materi minimum yang harus dikuasai oleh siswa, yaitu:
Prosedur mengelola informasi dari bagian keuangan
C. Kegiatan Akhir
1. Setiap kelompok membandingkan hasil kesimpulan mereka
dengan yang ada dimodul
2. Guru membuat kesimpulan akhir
V. Alat/Bahan Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : ­
Alat tulis
­
Alat peraga
­
Format dan formulir perjanjian jual beli
Halaman 12 dari
15
­
Bea materai
2. Sumber Belajar : ­
Modul Menagih pembayaran karya
Dra. Devi Puspitasari M.Pd dkk
­
Modul Menagih Pembayaran karya Tim
­
Penjualan SMK Penerbit PT.Galaxy Puspa
Mega
VI. Penilaian :
2. Jenis test :
­
Test lisan ( pre test )
­
Test Perbuatan
­
Test Tertulis
2. Bentuk test :
­
Pilihan Ganda
­
Uraian
Contoh test awal ( lisan )
1. Pernahkah anda mendengar istilah daftar pelanggan?
2. Siapa yang bisa memberikan contoh tentang komunikasi lisan dan
Tertulis
Contoh test perbuatan
Penilaian test perbuatan ini dilakukan melalui tugas membuat dan
menyusun daftar pelanggan. Adapun format yang digunakan sebagai
berikut:
Halaman 13 dari
15
NO Nama
Siswa
Aspek Penilaian
Frekuens
i
Penge
­tahuan
Ketrampialn
Sikap Jmlh
Komp/
Blm
komp
4 2 2 2 10
1
2
Keterangan :
a. Frekwensi : 4 = Sangat Sering
3 = Sering
2 = cukup sering
1 = jarang
b. Pengetahuan/ketrampilan/ sikap
2.0 = sangat baik
1.5 = baik
1,0 = cukup baik
0.5 = kurang baik
Contoh test akhir ( tertulis )
1. Surat yang akan dikirimkan kepada pelanggan yang belum melunasi
faktur yang telah jatuh temposetelah dikirimkannya surat penagihan
piutang adalah....
a. surat muat barang
b. surat penagihan
c. surat teguran piutang
d. surat order pengiriman
e. surat konfirmasi piutang
2. Buatlah ulasan mengenai hubungan proses penagihan piutang dan
etika berkomunikasi dengan pelanggan sebagai debitur
VI. Penilaian
1. Penilaian proses dari hasil perkembangan, pemahaman dan
pekerjaan siswa
2. Penilaian afektif/sikap/noninstruksional
3. Tes formatif tertulis bentuk pilihan ganda dan/atau essay
Halaman 14 dari
15
Bobot penilaian / penskoran :
Jenis Soal Nomor soal Bobot Nilai
PG 1 ­
25 2 50
Uraian 1 proses
penagihan
piutang
50 50
Etika berkom 100
Halaman 15 dari
15

1 comment:

Zontrisman said...

Assalamualaikum

Terima kasih, saya telah mendownload RPP penjualan ini. Sekolah saya masih baru, jadi sekarang lagi melengkapi semua RPP & Sillabus. ya......sedikit ATM lah (Amati, Teliti dan Modifikasi) tapi pak yudi alangkah bagusnya apabila Bapak meletakan tulisan ini pada 4share.com ato ziddu.com dan buat aja link ke blog Bapak ini, sehingga hasinya tetap hasil ASLI (tidak seperti sekarang yg tulisanya jadi tak teratur-MAAF), jazakallah