Petunjuk Mengerjakan: SOAL LATIHAN :KOMPUTER AKUNTANSI
1. Setiap menyimpan / membackup, selalu tuliskan nama file: UJIAN_NAMA_KELAS_NO ABSEN
2.Nama perusahaan, sisipkan nama_kelas_absen, Alamat perusahaan, tuliskan alamat sesuai identitas masing-masing.
I. PEMBUATAN DATA BARU
1. Salinlah Charts of Account ( Daftar Akun) di program Excel, kemudian simpanlah dalam
bentuk Text (Txt*)/ Tab delimited
2. Bukalah program Myob Accounting V. 13
3. Masukkan nama dan identitas perusahaan
4. tentukan periode akuntansinya
5. Pilihlah opsi yang menunjukkan anda akan mengimpor daftar akun
6. tetapkanlah nama file untuk data yang akan anda buat
7. kliklah Command Centre
8. Imporlah daftar akun: klik menu File --- import data -- Accounts
9. Buatlah : Linked Account
9.1 Kliklah menu setup -- Linked Accounts --Accounts & Banking Accounts
Urutannya: Saldo penyeimbang, Pajak dibayar dimuka, Kas di tangan
9.2 Kliklah menu setup -- Linked Accounts -- Sales Accounts
Urutannya: Piutang Usaha, Bank Mandiri
9.3 Kliklah menu setup -- Linked Accounts -- Purchases account
urutannya Hutang Usaha , Bank Mandiri
10. Buatlah kode Pajak: kliklah menu List -- Tax Kodes
Hapuslah semua kode pajak, kecuali GST dan NT, ubahlah GST menjadi PPN dengan cara
klik panah putih disebelah kiri GST. Setelah muncul Tax Code Information, Isilah:
Tax code = PPN Tax type = GST
Description = Pajak Pertambahan Nilai Rate = 10%
Linked Account for tax Collected = 2-1301 PPN Keluaran
Linked Account for tax Paid = 1-1601 PPN Masukan
11. Buatlah Nama Produk: Kliklah menu List -- Items atau Inventory -- Item List ,
kemudian klik ikon NEW, kemudian ikuti langkah-langkah pengisian nomor dan nama prduk
12. Hapuslah akun - akun yang tidak diperlukan (akun dalam bahasa Inggris)
Cara : Kliklah Account List, kemudian klik panah putih disebelah kiri akun yang hendak dihapus,
kemudian Kliklah menu Edit -- Delete Account
13. Buatlah nama pelanggan (Customer): Kliklah modul Card File - Card List
kemudian kliklah customer dan kliklah ikon NEW untuk membuat nama & kode customer baru.
14.Buatlah nama pemasok ( Suplier): Kliklah modul Card File -- Card List
kemudian kliklah suplier dan kliklah ikon NEW untuk mengisikan data-datanya.
II. PERSIAPAN BULAN TRANSAKSI
15. Entri saldo akun neraca awal periode
Kliklah menu Setup -- Balances -- Account Opening Balances,isilah kolom opening Balance.
KHUSUS UNTUK AKUN AKTIVA TETAP YANG BERSALDO KREDIT,DI ENTRI SECARA NEGATIF. ARTINYA KETIKKAN
MINUS SEBELUM NILAI PENYUSUTAN BARIS AMOUNT LEFT TO BE ALLOCATED HARUS MENUNJUKKAN Rp 0,00
16. Entri saldo awal piutang dagang: Kliklah menu Setup -- Balances -- Customer Balances
Pilihlah nama pelanggan, kemudian kliklah tombol ADD SALE.entrikan faktur satu per satu
CATATAN: INVOICE# = NOMOR FAKTUR PENJUALAN
DATE = TANGGAL AWAL BULAN TRANSAKSI , MEMO = SALDO AWAL PIUTANG
TAX CODE = N-T, KARENA SALDO PIUTANG BUKAN OBJEK PPN.
PILIHLAH NAMA CUSTOMER DAN KLIKLAH TOMBOL ADD SALE UNTUK ENTRI PIUTANG SELANJUTNYA
17. Entri saldo awal hutang dagang, Kliklah menu Setup -- Balances -- Suplier Balances
Pilihlah nama pemasok, kemudian kemudian kliklah tombol ADD PURCHASE, masukkan faktur.
18. Entri saldo awal persediaan modul, Kliklah Command Center--Inventory- Account Inventory
kemudian isilah kolom COUNTED dengan jumlah barang.
19. Entri saldo awal harga pokok persediaan modul
ISILAH INVENTORY JOURNAL NUMBER: NOMOR JURNAL UMUM; DATE: TANGGAL BULAN TRANSAKSI;
MEMO : SALDO AWAL PERSEDIAAN.
III ENTRI DATA TRANSAKSI
20. Kliklah menu Banking --spend money (untuk BKK),Kliklah menu banking--receive money (untuk BKM )
IV.ENTRI JURNAL PENYESUAIAN
21.Modul yang digunakan mencakup tiga modul:
*Modul inventory: untuk membuat penyesuaian persediaan dan input data hasil stock opname.
* Modul accounts: untuk mencatat jurnal umum dan jurnal penyesuaian
* Modul banking: untuk membuat rekonsiliasi bank setiap akhir bulan
22. Proses input data: membuat jurnal penyesuaian
*MODUL ACCOUNTS: kliklah record journal Entry.----isilah nomor jurnal umum, tanggal, dan keterangan jurnal.
Pilihlah akun sebelah debit dan kredit sesuai dengan transaksi.
*MODUL INVENTORY – ADJUST INVENTORY : untuk penyesuaian saldo akhir persediaan modul
*Cara memperbaiki kesalahan ENTRI DATA:Carilah jurnal transaksi yang salah dengan fasilitas TRANSACTION JOURNAL,
pilih dan klik kolom ALL, batasi tanggal dan carilah jurnal yang salah tersebut
23. Lihatlah Data laporan: Klik Report -- Index to reports
Pilih Accounts :Trial Balance , Standart balance Sheet, Profit and Loss (Accrual)
General Ledger (Summary), General Ledger (Detail)
Simpanlah ke 5 data laporan tersebut ke program EXCEL, Nama file nya sesuai dengan identitasmu masing-masing.
Monday, March 8, 2010
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment