STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
KELAS | : I (Satu) |
SEMESTER | : 1 |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| |
1. Kemampuan memahami identitas diri dan keluarga, serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga. | 1.1 Siswa mampu menunjukkan identitas diri, keluarga, dan kerabat. 1.2 Siswa mampu menceritakan kasih sayang antaranggota keluarga. 1.3 Siswa mampu mewujudkan hidup rukun dalam kemajemukan keluarga. |
| |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Kemampuan mengenal lingkungan rumah dan peristiwa penting di lingkungan keluarganya. | |
2.1 Siswa mampu menceritakan peristiwa penting yang dialami sendiri di lingkungan keluarga | |
| |
2.2 Siswa mampu menceritakan letak rumahnya. 2.3 Siswa mampu menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah. | |
| |
KELAS | : II (Dua) |
SEMESTER | : 1 |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Kemampuan memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. | 1.1 Siswa mampu memanfaatkan dokumen keluarga sebagai sumber belajar. 1.2 Siswa mampu memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya. 1.3 Siswa mampu menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis. |
| |
| |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Kemampuan memahami kedudukan dan peran anggota keluarga. | 2.1 Siswa mampu mendeskripsikan kedudukan dan peran anggota keluarga. 2.2 Siswa mampu menceritakan pengalamannya dalam melaksanakan peran dalam keluarga |
2.3 Siswa mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama di lingkungan tetangga | |
|
KELAS : III (Tiga) |
SEMESTER : 1 |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Kemampuan mengenal lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah. | 1.1 Siswa mampu menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah. 1.2 Siswa mampu memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah 1.3 Siswa mampu membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah sesuai arah mata angin. 1.4 Siswa mampu melakukan kerjasama di lingkungan rumah dan sekolah |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Kemampuan memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang. | 2.1 Siswa mampu memahami jenis-jenis pekerjaan 2.2 Siswa mampu memberikan contoh ciri-ciri etos kerja (kerja keras) yang baik. 2.3 Siswa mampu memahami kegiatan jual beli di lingkungan rumah dan sekolah. 2.4 Siswa mampu mengenal dan menggunakan uang sesuai dengan kebutuhannya. |
KELAS | : IV (Empat) |
SEMESTER | : I |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| |
1. Kemampuan memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/ | TEMA: ALAM DAN POTENSI DAERAHKU 1.1 Siswa mampu menceritakan sejarah kelahiran daerahnya. 1.2 Siswa mampu membaca dan menggambar peta lingkungan setempat (kabupaten/ 1.3 Siswa mampu mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/ 1.4 Siswa mampu memahami dan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/ 1.5 Siswa mampu menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat dan menjaga kelestariannya. |
| |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Kemampuan memahami sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten/ | TEMA: KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DAERAHKU 2.1 Siswa mampu menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat 2.2 Siswa mampu mendeskripsikan aktivitas jual beli di pasar setempat (kabupaten/ 2.3 Siswa mampu memahami pentingnya koperasi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 2.4 Siswa mampu mendiskripsikan perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta pengalaman menggunakannya. 2.5 Siswa mampu menganalisis dan memecahkan masalah sosial di daerahnya. |
| |
KELAS | : V ( |
SEMESTER | : I |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1. Kemampuan mendeskripsikan kejayaan masa lalu, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di | TEMA : KEJAYAAN NEGERIKU 1.1 Siswa mampu mendeskripsikan masa kejayaan dan peninggalan kerajaan Hindu-Buddha (Sriwijaya dan Majapahit) dan Islam di Nusantara 1.2 Siswa mampu mendeskripsikan keragaman kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di 1.3 Siswa mampu menghargai keragaman suku bangsa dan budaya di 1.4 Siswa mampu mendeskripsikan jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di |
| |
| |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
| |
2. Kemampuan memahami perjuangan bangsa | TEMA : TANTANGAN BANGSAKU |
| |
2.1 Siswa mampu mendeskripsikan perjuangan para tokoh daerah dalam melawan penjajah 2.2 Siswa mampu mendeskripsikan munculnya Kebangkitan Nasional dan Sumpah Pemuda dalam perjuangan menuju kemerdekaan. 2.3 Siswa mampu mendeskripsikan peristiwa di sekitar proklamasi kemerdekaan. | |
2.4 Siswa mampu mendeskripsikan dan memecahkan masalah kependudukan di | |
| |
| |
KELAS | : VI (Enam) |
SEMESTER | : I |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
1 Kemampuan memahami kenampakan alam dan keadaan sosial negara tetangga (Asia Tenggara), | TEMA : 1.1 Siswa mampu menceritakan perjuangan bangsa 1.2 Siswa mampu membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga (ASEAN dan 1.3 Siswa mampu membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di dunia. |
| |
SEMESTER : 2
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR |
2. Kemampuan memahami peranan bangsa | TEMA : |
2.1 Siswa mampu mendeskripsikan perkembangan wilayah provinsi di | |
2.2 Siswa mampu mendeskripsikan kegiatan ekspor dan impor 2.3 Siswa mampu menjelaskan peranan 2.4 Siswa mampu mendeskripsikan gejala (persitiwa) alam yang terjadi |
1 comment:
sangat bermanfaat...
Post a Comment