Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 5 x pertemuan
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan unsur-unsur manajemen.
Indikator : • Mendeskripsikan konsep manajemen.
• Mendeskripsikan unsur-unsur manajemen.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan konsep manajemen;
• mendeskripsikan unsur-unsur manajemen.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Konsep manajemen.
• Unsur-unsur manajemen.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang konsep dan unsurunsur
manajemen.
• Menyampaikan materi tentang konsep dan unsur-unsur manajemen.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan mencatat
unsur-unsur manajemen yang ada di kantor/instansi terdekat secara
berkelompok.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
6 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Pertemuan Ke- 4 dan 5
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan salam dan pengarahan tentang
jalannya pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengomunikasikan hasil observasi di depan kelas.
• Menyempurnakan hasil observasi berdasarkan masukan dari teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang telah dilakukan oleh
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 1 Tiga Serangkai.
• Media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan.
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan manajemen!
2) Deskripsikan hasil penelitian F.W. Taylor dalam manajemen!
3) Mengapa manusia menjadi unsur penting dalam manajemen?
4) Identifikasikan perbedaan antara manajemen tradisional dan
manajemen sistematis?
5) Sebutkan unsur-unsur yang diperlukan dalam manajemen!
b. Penugasan
Amati dan catatlah unsur-unsur manajemen yang ada di instansi atau
kantor sekitar tempat tinggal Anda!
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
7 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 5 x pertemuan
Alokasi waktu : 10 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
usaha.
Indikator : • Mendeskripsikan fungsi manajemen.
• Mendeskripsikan bidang-bidang manajemen.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan fungsi dan bidang-bidang manajemen;
• membedakan tingkat-tingkat manajemen;
• mendeskripsikan prinsip dan fungsi manajemen.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Tingkatan manajemen.
• Fungsi manajemen.
• Bidang-bidang manajemen.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang tingkatan dan
fungsi manajemen.
• Menyampaikan materi tentang tingkatan dan fungsi manajemen.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari tingkatan dan fungsi
manajemen.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk membuat contoh implementasi
tingkatan dan fungsi-fungsi manajemen dalam kehidupan
sehari-hari.
8 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengomunikasikan hasil penugasan yang berupa contoh implementasi
tingkatan dan fungsi manajemen dalam kehidupan sehari-hari di depan
kelas.
• Menyempurnakan hasil observasi berdasarkan masukan dari teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil observasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-3
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang bidang-bidang
manajemen.
• Menyampaikan materi tentang bidang-bidang manajemen.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari bidang-bidang
manajemen.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada pertemuan
berikutnya.
9 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Pertemuan Ke-4
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil (3–5 orang)
• Menyampaikan materi diskusi.
• Menyampaikan aturan main dalam diskusi kelas.
• Memonitor jalannya diskusi.
• Mengumpulkan hasil diskusi kepada Bapak/Ibu Guru ekonomi.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-5
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
• Menyempurnakan hasil diskusi berdasarkan masukan dari teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 1 Tiga Serangkai.
• Buku lain yang relevan.
• Media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
10 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Mengapa seorang manajer diharuskan untuk memiliki keterampilan
konsep?
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan fungsi perencanaan dalam
manajemen!
3) Deskripsikan cara pengorganisasian yang dapat bekerja baik?
4) Apa yang Anda ketahui tentang marketingmix!
5) Sebutkan bidang-bidang yang terdapat dalam manajemen!
b. Penugasan
Buatlah contoh implementasi tingkatan dan fungsi manajemen dalam
kehidupan sehari-hari yang biasa Anda temui!
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
11 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 12 x pertemuan
Alokasi waktu : 24 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
nasional.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian
Indonesia.
Indikator : • Mengidentifikasi peran badan usaha dalam perekonomian
Indonesia.
• Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan masingmasing
bentuk badan usaha.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi bentuk-bentuk badan usaha swasta;
• mengidentifikasi peran badan usaha swasta dalam perekonomian Indonesia;
• mengungkapkan kelebihan dan kekurangan badan usaha swasta;
• mendeskripsikan sektor-sektor yang dikelola oleh negara/daerah;
• mengidentifikasi peran BUMN/BUMD terhadap peningkatan kemakmuran
rakyat Indonesia umumnya dan daerah setempat khususnya;
• mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan BUMN dan BUMD.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian badan usaha dan jenisnya.
• Fungsi badan usaha.
• Peran badan usaha.
• Badan usaha milik swasta.
• Badan usaha milik negara.
• Badan usaha milik daerah.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, tugas dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
12 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengertian dan
fungsi badan usaha.
• Menyampaikan materi tentang pengertian dan fungsi badan usaha.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari pengertian dan
fungsi badan usaha.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan mencatat
jenis badan usaha yang ada di lingkungan tempat tinggal.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-3 dan 4
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan salam dan pengarahan tentang
jalannya pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
• Mengomunikasikan hasil observasi di depan kelas.
• Menyempurnakan hasil observasi berdasarkan masukan dari teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil observasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-5 dan 6
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang peran badan
usaha dan badan usaha milik swasta.
• Menyampaikan materi tentang peran badan usaha dan badan usaha
milik swasta.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari peran badan usaha
dan badan usaha milik swasta.
13 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke- 7 dan 8
1. Kegiatan awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Membagi kelas ke dalam kelompok-kelompok kecil (3–5 orang)
• Menyampaikan materi diskusi tentang peran badan usaha dalam
kaitannya dengan perekonomian daerah secara singkat.
• Menyampaikan aturan main dalam diskusi kelas.
• Memonitor jalannya diskusi.
• Mengumpulkan hasil diskusi kepada Bapak/Ibu Guru ekonomi.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan oleh perserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-9 dan 10
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan salam dan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang BUMN dan
BUMD.
• Menyampaikan materi tentang BUMN dan BUMD.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari BUMN dan BUMD.
• Mengadakan kunjungan ke salah satu BUMN atau BUMD yang ada di
daerah kabupaten/kota tempat tinggal.
• Menyusun laporan observasi secara kelompok.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
14 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Pertemuan Ke- 11 dan 12
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan laporan hasil observasi.
• Mengomunikasikan hasil laporan observasi di depan kelas.
• Menyempurnakan laporan hasil observasi berdasarkan masukan dari
teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil observasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 2 Tiga Serangkai.
• Buku lain yang relevan.
• Berbagai informasi dari media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Tenik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Suatu rumah tangga ekonomi yang bertujuan mencari laba dengan
modal dan tenaga kerja mengusahakan pemenuhan kebutuhan
hidup adalah ....
a. perusahaan d. bidang usaha
b. badan usaha e. mitra usaha
c. kelompok usaha
2) Di bawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri perusahaan umum
adalah ....
a. berbadan hukum
b. dimiliki oleh umum
c. melayani kepentingan umum
d. seluruh modal dimiliki pemerintah
e. pegawainya adalah pegawai perusahaan negara
15 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3) Kegiatan badan usaha dalam menjaga dan melestarikan sumber
daya alam termasuk dalam fungsi ....
a. politik d. sosial ekonomis
b. komersial e. finansial
c. teknis
4) Penentuan gaji karyawan termasuk bagian dari fungsi badan usaha,
yaitu ....
a. fungsi sosial d. fungsi operasi
b. fungsi komersial e. fungsi pengorganisasian
c. fungsi manajemen
5) Tidak adanya pemisahan antara kekayaan perusahaan dan kekayaan
pemilik, biasa ditemukan dalam bentuk badan usaha ....
a. persekutuan komanditer d. perseorangan
b. perseroan terbatas e. perum
c. firma
b. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan badan usaha!
2) Bagaimana peran BUMN yang berbentuk perum, kaitannya dengan
perekonomian nasional?
3) Bagaimana peran pemerintah dalam memberdayakan BUMN?
4) Mengapa badan usaha swasta sangat diperlukan di Indonesia?
5) Sebutkan fungsi-fungsi badan usaha swasta!
c. Penugasan
Kunjungilah salah satu BUMN atau BUMD yang ada di daerah kabupaten/
kota tempat tinggal Anda! Buatlah laporan mengenai sejarah,
bentuk kepengurusan, dan kegiatan operasional BUMN atau BUMD
tersebut!
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
16 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 4 x pertemuan
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan
koperasi sekolah.
Indikator : • Mengidentifikas peran koperasi terhadap peningkatan
kemakmuran rakyat Indonesia umumnya dan daerah
setempat khususnya.
• Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan koperasi.
• Mendeskripsikan arti pentingnya koperasi sekolah.
• Mendiskusikan jenis barang yang dapat diusahakan di
koperasi sekolah.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• menguraikan prinsip dasar koperasi menurut pasal 33 UUD 1945 beserta
penjelasannya;
• mengidentifikasi peran koperasi terhadap peningkatan kemakmuran rakyat;
• mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan koperasi;
• mendeskripsikan pentingnya koperasi sekolah;
• memilih jenis barang yang dapat diusahakan di koperasi sekolah;
• mengelola koperasi sekolah;
• memiliki kepedulian terhadap manfaat koperasi bagi kesejahteraan anggotanya.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
Pengembangan koperasi dan koperasi sekolah.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
17 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang perkembangan
koperasi di Indonesia.
• Menyampaikan materi tentang pengembangan koperasi.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari pengembangan
koperasi.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan mencatat
jenis koperasi yang ada di sekolah.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas yang telah diberikan pada pertemuan
sebelumnya.
• Mengomunikasikan hasil observasi di depan kelas.
• Menyempurnakan hasil observasi berdasarkan masukan dari teman.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil observasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-3
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengembangan
koperasi sekolah.
• Menyampaikan materi tentang pengertian, ciri dan tujuan, keanggotaan,
serta kepengurusan koperasi sekolah.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari pengertian, ciri, dan
tujuan, keanggotaan, serta kepengurusan koperasi sekolah.
18 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-4
1. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
• Memberikan bahan apersepsi yang relevan dengan materi yang akan
disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengembangan
koperasi sekolah.
• Menyampaikan materi tentang permodalan, lapangan usaha, dan
struktur organisasi koperasi sekolah.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari materi permodalan,
lapangan kerja, dan struktur organisasi koperasi sekolah.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 3 Tiga Serangkai.
• Buku lain yang relevan.
• Berbagai informasi dari media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Koperasi adalah suatu organisasi yang merupakan kumpulan
dari ....
a. direksi d. saham
b. orang-orang e. orang dan modal
c. badan usaha
19 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2) Kekuasaan tertinggi dalam koperasi adalah ....
a. direksi d. pengawas
b. pengurus e. rapat anggota
c. rapat umum pemegang saham
3) Meneliti catatan yang ada di dalam koperasi merupakan salah satu
tugas ....
a. pengurus d. penasihat
b. manajer e. pengawas
c. pemeriksa
4) Simpanan di dalam koperasi yang segera dapat ditarik kembali
adalah ....
a. simpanan pokok d. simpanan pokok dan wajib
b. simpanan wajib e. simpanan wajib dan suka rela
c. simpanan suka rela
5) Berikut ini yang bukan merupakan ciri koperasi adalah ....
a. bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota
b. modal dari simpanan anggota
c. kekuasaan tertinggi pada rapat anggota
d. pengelolaan secara demokratis
e. laba dibagi sesuai dengan besarnya modal
6) Berikut ini yang bukan merupakan faktor penyebab koperasi kalah
bersaing dengan bentuk badan usaha yang lain adalah ....
a. keterbatasan modal
b. profesionalisme yang rendah
c. pengawasan organisasi yang rendah
d. tingkat kejujuran pengurus yang rendah
e. tidak cocok dengan sistem ekonomi Indonesia
7) Permodalan koperasi sekolah yang bersumber dari luar koperasi
adalah ....
a. simpanan pokok
b. simpanan wajib
c. simpanan suka rela
d. pinjaman dari orang tua siswa
e. cadangan yang disisihkan dari SHU
8) Keanggotaan koperasi sekolah akan berakhir apabila ....
a. siswa tidak naik kelas
b. siswa telah selesai pendidikannya
c. siswa belum membayar SPP
d. siswa sedang sakit di rumah sakit
e. siswa sudah menempuh ujian akhir
20 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
9) Berikut ini yang bukan merupakan jenis lapangan usaha yang biasa
dijalankan oleh koperasi sekolah adalah ....
a. pengadaan buku-buku sekolah
b. pengadaan alat praktik sekolah
c. kafetaria/kantin
d. usaha simpan pinjam
e. usaha jasa konstruksi
10) Keanggotaan koperasi sekolah melekat (inherent) pada siswa yang
bersangkutan, artinya ....
a. keanggotaan bersifat terbuka
b. keanggotaan bersifat suka rela
c. keanggotaan berlaku seumur hidup
d. keanggotaan koperasi tidak dapat dipindahtangankan
e. keanggotaan koperasi dapat diperjualbelikan
b. Tes uraian
1) Bagaimana perbedaan antara koperasi sekolah dan koperasi pada
umumnya?
2) Mengapa koperasi dapat sesuai dengan sistem perekonomian Indonesia?
3) Sebutkan tiga kewenangan yang dimiliki oleh pengurus koperasi!
4) Sebutkan beberapa kemungkinan penggalian modal dalam
koperasi!
5) Deskripsikan yang menjadi tujuan dan landasan koperasi sekolah!
c. Penugasan
Amatilah dan identifikasikan jenis usaha yang dikembangkan di
koperasi sekolah Anda!
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
21 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan.
Kompetensi Dasar : Menghitung pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU).
Indikator : • Menghitung besarnya SHU.
• Menentukan besarnya pembagian SHU.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu menghitung sisa
hasil usaha koperasi serta pembagiannya.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
Sisa hasil usaha koperasi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang SHU.
• Menyampaikan materi tentang SHU.
• Memberi tugas secara kelompok ( 3–5 orang ) untuk mengamati dan
mencatat pembagian SHU di koperasi yang terdekat dengan tempat
tinggal.
• Menyusun laporan observasi.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
22 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
• Mengomunikasikan hasil observasi di depan kelas.
• Memonitor jalannya presentasi laporan di kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil observasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 3 Tiga Serangkai.
• Buku lain yang relevan.
• Informasi dari media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan sisa hasil usaha koperasi!
2) Mengapa sisa hasil usaha koperasi harus dibagi-bagi?
3) Bagaimana cara membagi SHU dalam koperasi?
4) Bagaimana bagian anggota atas SHU koperasi?
5) Mengapa dalam pembagian SHU terdapat pos untuk dana sosial?
b. Penugasan
Kunjungilah koperasi yang ada di sekolah atau sekitar tempat tinggal
Anda! Tanyakan dan catatlah cara koperasi tersebut membagi sisa hasil
usahanya!
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
23 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XII/2
Pertemuan : 8 x Pertemuan
Alokasi waktu : 16 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan.
Indikator : • Mendeskripsikan konsep wirausaha.
• Mengidentifikasi peran wirausaha dalam perekonomian
nasional.
• Mengidentifikasi ciri-ciri wirausaha yang sukses.
• Menunjukkan sektor-sektor yang dapat dimasuki
wirausaha.
• Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam kehidupan
sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan wirausaha dan perannya dalam perekonomian nasional;
• menunjukkan contoh sektor-sektor yang dapat di masuki wirausaha;
• melakukan penelitian sederhana terhadap keberhasilan atau kegagalan
wirausaha di lingkungan setempat;
• menetapkan alternatif kombinasi sumber daya ekonomi di lingkungan
setempat;
• menerapkan sikap dan jiwa wirausaha.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian dan peran wirausaha dalam perekonomian.
• Ciri jiwa wirausaha.
• Prasyarat menjadi wirausaha.
• Sektor kegiatan wirausaha.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
24 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengertian dan
peranan wirausaha dalam perekonomian .
• Menyampaikan materi tentang pengertian dan peranan wirausaha dalam
perekonomian
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari pengertian dan
peranan wirausaha dalam perekonomian.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke- 3 dan 4
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang ciri-ciri jiwa
wirausaha.
• Menyampaikan materi tentang ciri-ciri jiwa wirausaha.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari ciri-ciri jiwa
wirausaha.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-5 dan 6
1. Kegiatan awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang prasyarat menjadi
wirausaha dan sektor kegiatan wirausaha.
• Menyampaikan materi tentang prasyarat menjadi wirausaha dan sektor
kegiatan wirusaha.
• Membahas kesulitan-kesulitan dalam mempelajari prasyarat menjadi
wirausaha dan sektor kegiatan wirausaha.
• Memberi tugas tentang kisah keberhasilan (success story) seorang
wirausaha yang ada di sekitar tempat tinggal.
25 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas pembahasan materi pembelajaran.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan diberikan pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-7 dan 8
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan pengarahan tentang jalannya
pembelajaran di kelas.
2. Kegiatan Inti
• Mengumpulkan tugas tentang pengamatan kisah sukses seorang
wirausaha di sekitar tempat tinggal.
• Mengomunikasikan hasil pengamatan di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan oleh
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 3 Kelas XII Bab 4 Tiga Serangkai.
• Buku lain yang relevan.
• Berbagai informasi dari media cetak dan elektronik.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Di bawah ini yang tidak termasuk kata-kata kunci dalam pengertian
kewirausahaan adalah ....
a. semangat d. kemampuan
b. sikap e. pasrah
c. perilaku
2) Seorang berperilaku sebagai wirausahawan hanya ketika melakukan
....
a. kegiatan usaha d. proses produksi
b. reorganisasi e. perencanaan usaha
c. suatu inovasi
26 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
3) Mempunyai kecenderungan kuat akan inovasi merupakan salah
satu dari ....
a. watak wirausaha d. sikap wirausaha
b. perilaku wirausaha e. hambatan wirausaha
c. ciri wirausaha
4) Yang bukan merupakan peran wirausaha dalam perekonomian
adalah ....
a. pemberi lapangan kerja d. pemasok bahan baku
b. penghasil devisa e. investor dalam negeri
c. pembayar pajak
5) Wirausaha merupakan faktor dinamis dalam mendorong pembangunan
perekonomian. Hal tersebut diungkapkan oleh ....
a. Adam Smith d. J.B. Sumarlin
b. J.M. Keynes e. David Richardo
c. Schumaker
6) Suka bekerja keras, tekun, berani mengambil risiko, dan memiliki
kemauan yang kuat adalah beberapa hal yang termasuk ....
a. sifat pembeli d. karakter wirausaha
b. syarat penjual e. perilaku konsumen
c. ciri wirausaha
7) Sikap mental positif dalam wirausaha berarti ....
a. berpikir maju ke depan
b. kesediaan memikul risiko
c. bergairah dalam bekerja
d. memperlakukan orang lain dengan baik
e. percaya kepada Tuhan YME dan mensyukuri nikmat-Nya
8) Di bawah ini yang bukan sektor ekonomi informal adalah ....
a. perusahaan perorangan d. penjaja keliling
b. pedagang asongan e. pedagang kaki lima
c. perajin anyaman
9) Urutan kata-kata di bawah ini yang tepat adalah ....
a. kreatif, inovatif, dan inisiatif
b. inisiatif, kreatif, dan inovatif
c. kreatif, inisiatif, dan inovatif
d. inovatif, kreatif, dan inisiatif
e. inovatif, inisiatif, dan kreataif
10) Dalam proses pembangunan nasional, wirausaha berkaitan
dengan ....
a. pengembangan sumber daya
b. pengembangan sumber daya manusia
27 KTSP Ekonomi SMA 3 R1
c. pemerataan pendapatan
d. pengembangan sumber daya alam
e. kesempatan kerja dan pengangguran
b. Tes uraian
1) Bagaimana cara menumbuhkan sikap dan jiwa wirausaha?
2) Sebutkan prasyarat untuk menjadi seorang wirausaha!
3) Mengapa kewirausahaan sangat dibutuhkan oleh setiap negara yang
sedang membangun?
4) Bagaimana peran wirausaha dalam perekonomian?
5) Sebutkan ciri-ciri wirausaha!
c. Penugasan
Amatilah dan identifikasikan atau tanyakan secara langsung mengenai
beberapa ciri wirausaha yang Anda anggap berhasil di daerah Anda!
Hal tersebut juga perlu dilakukan terhadap wirausaha yang Anda anggap
kurang berhasil.
Mengetahui ..........., ..........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
_____________ ________________
NIP. NIP.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment