selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, February 16, 2009

RPP EKONOMI KELAS XI

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 4 x pertemuan
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap
pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengklasifikasi ketenagakerjaan.
Indikator : • Membedakan angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan
kerja, dan pengangguran.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu membedakan
angkatan kerja, tenaga kerja, kesempatan kerja, dan pengangguran.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian kesempatan kerja.
• Hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja, kesempatan kerja, dan
pengangguran.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1 s.d. 4
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang ketenagakerjaan
di Indonesia.
• Menyampaikan materi tentang kesempatan kerja, angkatan kerja, dan
pengangguran.
• Mendiskusikan hubungan antara jumlah penduduk, angkatan kerja,
kesempatan kerja, dan pengangguran.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
9 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Bagan ketenagakejaan.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan yang dimaksud dengan angkatan kerja!
2) Identifikasikan hubungan antara jumlah penduduk dan angkatan
kerja!
3) Identifikasikan hubungan antara angkatan kerja dan kesempatan
kerja!
4) Bagaimana dapat terjadi pengangguran di suatu daerah?
5) Bagaimana kondisi ketenagakerjaan di Indonesia?
b. Penugasan
Amatilah dan identifikasikan kondisi ketenagakerjaan di kabupaten/
kota tempat tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
10 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 4 x pertemuan
Alokasi waktu : 8 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengangguran beserta dampaknya
terhadap pembangunan nasional.
Indikator : • Mengidentifikasi jenis dan sebab pengangguran.
• Mengidentifikasi dampak negatif pengangguran
terhadap lingkungan sosial.
• Menunjukkan cara-cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat
dan pemerintah untuk mengatasi pengangguran
di Indonesia.
• Menunjukkan upaya peningkatan kualitas tenaga kerja.
• Mengidentifikasi sistem upah yang berlaku di Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi jenis-jenis pengangguran dan sebab-sebabnya;
• mengidentifikasi dampak negatif pengangguran terhadap lingkungan sosial;
• menunjukkan cara-cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat dan
pemerintah untuk mengatasi pengangguran khususnya di Indonesia;
• menunjukkan upaya peningkatan kualitas kerja;
• mengidentifikasi sistem upah yang berlaku di Indonesia.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Jenis dan sebab terjadinya pengangguran.
• Dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional.
• Cara mengatasi pengangguran.
• Cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
• Sistem pengupahan.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, pemberian tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
11 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengangguran.
• Menyampaikan materi ajar tentang jenis dan sebab terjadinya
pengangguran, serta dampak pengangguran terhadap pembangunan
nasional.
• Mendiskusikan jenis dan sebab terjadinya pengangguran, serta dampak
pengangguran terhadap pembangunan nasional.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang cara mengatasi
pengangguran dan meningkatkan kualitas tenaga kerja.
• Menyampaikan materi tentang cara mengatasi pengangguran dan cara
meningkatkan kualitas tenaga kerja.
• Mendiskusikan cara-cara yang efektif untuk mengatasi pengangguran
dan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akandipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-3 dan 4
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
12 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang sistem pengupahan.
• Menyampaikan materi tentang sistem pengupahan di Indonesia.
• Mendiskusikan tentang sistem pengupahan di Indonesia.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Undang-Undang Ketenagakerjaan.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Industri yang dapat membuka kesempatan kerja yang luas adalah
industri yang ....
a. bersifat padat modal
b. bersifat padat karya
c. berteknologi tinggi
d. bermodal besar
e. menggunakan tenaga ahli
2) Faktor penyebab terjadinya pengangguran terbuka adalah ....
a. sempitnya lapangan kerja
b. kurangnya industri
c. banyaknya pekerja di sektor informal
d. adanya pergantian musim
e. kurangnya informasi pasar kerja
3) Pengangguran siklikal disebabkan oleh ....
a. ketidakcocokan pekerjaan yang diminta dengan yang ditawarkan
b. siklus musim
13 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
c. perpindahan pekerjaan
d. siklus umur seseorang
e. resesi atau depresi ekonomi
4) Secara nasional produktivitas tenaga kerja akan memengaruhi ....
a. pendapatan nasional
b. jumlah lapangan kerja
c. stabilitas nasional
d. pendapatan perusahaan
e. laba perusahaan
5) Berikut ini yang tidak termasuk cara meningkatan kualitas tenaga
kerja adalah ....
a. program inservice training
b. program kursus-kursus di lembaga pendidikan
c. program preservice training
d. program perbaikan fasilitas pendidikan
e. pelatihan di balai tenaga kerja
6) Pelamar kerja memilih pekerjaan terbaik sesuai dengan yang
dikehendaki. Hal tersebut mengakibatkan ....
a. pengangguran siklis
b. pengangguran musiman
c. pengangguran friksional
d. pengangguran teknologi
e. pengangguran struktural
7) Berikut ini yang bukan merupakan dampak langsung yang dialami
penganggur adalah ....
a. produktivitas mendekati nol
b. menjadi beban tanggungan orang lain
c. tidak berpenghasilan
d. tidak menurunkan kemakmuran secara nasional
e. tidak melakukan kegiatan konsumsi
8) Mereka yang pernah bekerja, pada saat pencacahan sedang menganggur
dan berusaha mendapat pekerjaan, digolongkan sebagai ....
a. angkatan kerja
b. pekerja sementara
c. pencari pekerjaan
d. penganggur siklis
e. penganggur
9) Faktor utama yang mendorong terjadinya pengangguran di masyarakat
adalah ....
14 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
a. lesunya dunia usaha
b. tingginya laju pertumbuhan penduduk
c. kemajuan teknologi
d. jumlah angkatan kerja lebih besar dari lapangan kerja yang
tersedia
e. jumlah kesempatan kerja lebih besar dari jumlah angkatan kerja
10) Pemanfaatan teknologi dalam pembangunan ekonomi seharusnya
teknologi yang ....
a. dapat dikembangkan sendiri
b. tidak terlalu canggih
c. sesuai dengan tradisi dan budaya
d. dapat membuka kesempatan kerja
e. sewaktu-waktu dapat digantikan
b. Tes uraian
1) Identifikasikan dampak pengangguran terhadap kemiskinan!
2) Mengapa dalam mengatasi pengangguran perlu ada kebijakan
penyediaan fasilitas perluasan kesempatan kerja? Apa saja bentuk
kebijakan itu?
3) Bagaimana sektor informal dapat menjadi katub pengaman untuk
menghindari ledakan pengangguran?
4) Tunjukkan dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional!
5) Bagaimana cara meningkatkan kualitas tenaga kerja?
c. Penugasan
Amati dan identifikasikan usaha-usaha yang dilakukan oleh pemerintah
kabupaten/kota tempat tinggal Anda dalam mengatasi pengangguran!
Bagaimana pengaruhnya terhadap angka pengangguran di kabupaten/
kota tempat tinggal Anda?
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
15 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : • Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi.
Indikator : • Mendeskripsikan pengertian pembangunan ekonomi.
• Menarik simpulan sederhana tujuan pembangunan
ekonomi Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan pengertian pembangunan ekonomi;
• menarik simpulan sederhana tujuan dan manfaat pembangunan ekonomi
Indonesia.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian pembangunan ekonomi Indonesia.
• Tujuan dan manfaat pembangunan ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pengertian dan
tujuan pembangunan ekonomi.
• Menyampaikan materi tentang pengertian, tujuan, dan manfaat
pembangunan ekonomi.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi
manfaat pembangunan ekonomi yang telah dilakukan di sekitar tempat
tinggal.
• Mengadakan latihan.
16 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pembangunan ekonomi!
2) Sebutkan tujuan pembangunan ekonomi yang dilaksanakan
pemerintah Indonesia!
3) Identifikasikan persamaan dan perbedaan pertumbuhan dengan
perkembangan ekonomi!
4) Apakah terjadinya bencana alam dapat memengaruhi perkembangan
ekonomi suatu negara?
5) Sebutkan manfaat pembangunan ekonomi yang dapat langsung
dirasakan oleh masyarakat!
b. Penugasan
Amatilah dan tunjukkan manfaat pelaksanaan pembangunan ekonomi
yang langsung dirasakan oleh masyarakat di sekitar tempat tinggal
Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
17 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi.
Indikator : • Membedakan proses pertumbuhan ekonomi dari berbagai
pendapat para ahli ekonomi.
• Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi
yang dialami Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• membedakan proses pertumbuhan ekonomi dari berbagai ahli ekonomi;
• mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi yang dialami Indonesia.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Proses pertumbuhan ekonomi.
• Masalah dalam pembangunan ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pertumbuhan
ekonomi dan masalah yang dihadapi dalam pembangunan ekonomi.
• Menyampaikan materi tentang proses pertumbuhan ekonomi dan
permasalahan dalam pembangunan ekonomi.
• Mendiskusikan proses pertumbuhan ekonomi dan permasalahan
pembangunan ekonomi yang dihadapi Indonesia.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
18 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Uraian
1) Bagaimana tahap pertumbuhan ekonomi suatu bangsa menurut teori
W.W. Rostow?
2) Sebutkan tokoh-tokoh yang tergabung dalam teori pertumbuhan
ekonomi historis!
3) Mengapa tabungan masyarakat yang rendah merupakan
permasalahan dalam pembangunan ekonomi?
4) Bagaimana teori pertumbuhan ekonomi menurut Adam Smith?
5) Deskripsikan yang dimaksud masa kapitalis madya dalam teori
pertumbuhan ekonomi Werner Sombart!
b. Penugasan
Amatilah perekonomian pada saat ini! Menurut W.W. Rostow, bagaimana
tahap pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang ini? Kemukakan
fakta-fakta yang mendasari jawaban Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
19 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian, fungsi, serta tujuan APBN dan
APBD.
Indikator : • Mendeskripsikan pengertian, fungsi, serta tujuan APBN
dan APBD.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
pengertian, fungsi serta tujuan APBN dan APBD.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
• Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
• Sasaran dan kegunaan penyusunan APBN dan APBD bagi pemerintah.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang Anggaran
Pendapatan dan Belanja Negara dan Daerah.
• Menyampaikan materi tentang APBN dan APBD serta kegunaannya.
• Mendiskusikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Daerah.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
20 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
V. Alat dan Sumber Belajar
• Data pokok APBN dan APBD dari internet.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan yang dimaksud dengan APBN dan APBD!
2) Sebutkan tujuan disusunnya APBN!
3) Bagaimana dampak APBN terhadap kegiatan ekonomi masyarakat!
4) Apakah setiap pemerintahan suatu negara memerlukan APBN
untuk mengatur keuangannya? Sebutkan alasan yang mendasari
jawaban Anda!
5) Sebutkan fungsi-fungsi dari penyusunan APBN!
b. Penugasan
Carilah data mengenai APBN dan APBD provinsi tempat tinggal Anda!
Identifikasikan komponen-komponen yang terdapat di dalamnya!
Identifikasikan pula persamaan dan perbedaannya!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
21 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah
pusat dan daerah.
Indikator : • Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah
pusat.
• Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah
daerah.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi
sumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan daerah.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Jenis dan sektor pendapatan negara.
• Jenis dan sektor penerimaan pemerintah daerah.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang jenis dan sektor
pendapatan pemerintah pusat dan daerah.
• Menyampaikan materi tentang jenis dan sektor penerimaan pemerintah
pusat serta daerah.
• Mendiskusikan jenis dan sektor pendapatan pemerintah pusat dan
daerah.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
• Mengadakan latihan.
22 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Data pokok APBN dan APBD dari internet.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan yang dimaksud dengan penerimaan dalam negeri dan
penerimaan pembangunan! Sebutkan sumber-sumbernya!
2) Deskripsikan yang dimaksud dengan retribusi daerah! Sebutkan
contoh-contohnya!
3) Mengapa di dalam APBD terdapat dana alokasi umum yang
diterima dari pemerintah pusat?
4) Bagaimana pembagian hasil dari pengelolaan kekayaan alam antara
pemerintah pusat dan daerah?
5) Deskripsikan yang dimaksud dengan dana alokasi khusus!
b. Penugasan
Amatilah dan identifikasikan sektor-sektor yang berada di daerah Anda
yang cukup potensial untuk dikembangkan sebagai penerimaan asli
daerah!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
23 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat
dan daerah.
Indikator : • Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah
pusat dan daerah.
• Mendeskripsikan kebijakan anggaran.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah pusat;
• mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran pemerintah daerah;
• mendeskripsikan kebijakan anggaran.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Jenis pembelanjaan negara dan daerah.
• Dampak APBN terhadap perekonomian.
• Kebijakan anggaran.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang jenis pembelanjaan pemerintah pusat
dan daerah, dampak APBN terhadap perekonomian, serta kebijakan
anggaran.
• Memberi tugas kepada peserta didik untuk mengidentifikasi dampak
APBN terhadap perekonomian.
• Mempresentasikan hasil tugas di depan kelas.
• Mengadakan latihan.
24 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberi penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta didik
untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Data pokok APBN dan APBD dari internet.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
a. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Sebutkan jenis pengeluaran rutin pemerintah sebagaimana yang
terdapat di dalam APBN!
2) Deskripsikan yang dimaksud dengan pengeluaran pembangunan!
3) Deskripsikan yang dimaksud dengan pembiayaan defisit anggaran!
4) Sebutkan perbedaan antara kebijakan anggaran berimbang dan
dinamis!
5) Mengapa dalam mengatur pengeluaran negara diperlukan suatu
kebijakan anggaran sebagai pedomannya!
b. Penugasan
Carilah data mengenai APBD kabupaten/kota tempat tinggal Anda!
Identifikasikan pos-pos pengeluaran rutin dan pembangunan pemerintah
daerah Anda! Identifikasikan pengaruh pengeluaran tersebut terhadap
perekonomian daerah!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
25 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami APBN dan APBD.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
Indikator : • Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
• Mengidentifikasi jenis-jenis kebijakan fiskal.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang fiskal.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kebijakan fiskal
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, diskusi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan 2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang arti pentingnya kebijakan fiskal bagi
kehidupan perekonomian.
• Membentuk kelompok dan mendiskusikan tentang pengaruh kebijakan
fiskal terhadap perekonomian.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberi penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
26 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan kebijakan fiskal!
2) Mengapa pemerintah harus mengambil kebijakan fiskal untuk
mengendalikan keuangannya?
3) Sebutkan jenis-jenis kebijakan fiskal!
4) Bagaimana cara pemerintah menempuh kebijakan fiskal yang
berupa anggaran belanja seimbang?
5) Apakah setiap negara akan mengambil suatu kebijakan fiskal?
Sebutkan alasan-alasannya!
b. Penugasan
Carilah dan identifikasikan peraturan pemerintah ataupun undangundang
yang merupakan produk pemerintah dan DPR yang
mewujudkan kebijakan fiskal? Sebutkan hal-hal yang diatur di dalam
peraturan pemerintah ataupun undang-undang tersebut!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
27 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengenal pasar modal.
Kompetensi Dasar : Mengenal jenis produk dalam bursa efek.
Indikator : • Mendeskripsikan pengertian pasar modal.
• Mengenal dan menunjukkan contoh-contoh produk
dalam bursa efek.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan pengertian pasar modal;
• mengenal dan menunjukkan contoh-contoh produk dalam bursa efek.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian dan sejarah pasar modal Indonesia.
• Jenis produk dalam pasar modal.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang pengertian pasar modal dan jenis produk
pasar modal.
• Mencari artikel tentang pasar modal di perpustakaan.
• Mencari dan menemukan contoh produk bursa efek.
• Mengumpulkan ringkasan artikel dan contoh produk bursa efek kepada
Bapak/Ibu Guru.
• Mengomunikasikan hasil ringkasan artikel oleh peserta didik.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil ringkasan yang dilakukan oleh peserta
didik.
28 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pasar modal!
2) Bagaimana sejarah dan perkembangan pasar modal di Indonesia?
3) Mengapa keberadaan pasar modal di suatu negara perlu dipertahankan
dan dibina?
4) Sebutkan produk-produk yang diperdagangkan di pasar modal!
5) Bagaimana persamaan serta perbedaan antara saham dan obligasi?
b. Penugasan
Carilah data di internet mengenai perdagangan obligasi dan saham yang
terjadi di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang lain! Bandingkan
harga dan volume perdagangannya!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
29 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 3 x pertemuan
Alokasi waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mengenal pasar modal.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek.
Indikator : • Menyebutkan peserta pasar modal.
• Menguraikan teknik perdagangan di bursa efek.
• Membedakan pasar perdana dengan pasar sekunder.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
mekanisme kerja di bursa efek.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Tata cara perdagangan di pasar modal.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, penugasan, dan simulasi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 s.d. 3
1. Kegiatan Awal
• Memberikan informasi kepada peserta didik tentang perlengkapan yang
dibutuhkan dalam tata cara perdagangan di pasar modal.
• Menjelaskan para pelaku dalam pasar modal.
• Menjelaskan mekanisme kerja bursa efek.
• Menjelaskan tugas masing-masing pelaku dalam pasar modal.
2. Kegiatan Inti
• Membentuk kelompok untuk berperan sebagai pelaku dalam pasar
modal.
• Memainkan peran sesuai dengan tugas kelompok masing-masing
sebagai pelaku pasar modal.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil simulasi yang dilakukan oleh peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
30 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan emiten dalam perdagangan
surat berharga di pasar modal!
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pasar perdana dalam perdagangan
saham!
3) Bagaimana mekanisme kerja dalam pasar modal?
4) Sebutkan perantara-perantara dalam perdagangan surat berharga
di pasar modal!
5) Sebutkan syarat-syarat yang harus dipenuhi sebuah perusahaan jika
akan melakukan emisi efek!
b. Penugasan
Pelajarilah secara mendalam tentang peran para pelaku perdagangan
di pasar modal! Pelajari pula mekanisme perdagangan di pasar modal!
Lakukan simulasi jual beli surat-surat berharga di pasar modal bersama
kelompok Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
31 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi manfaat, keuntungan, dan faktor pendorong
perdagangan internasional.
Indikator : • Mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional
bagi suatu negara.
• Menguraikan keunggulan absolut dan komparatif.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi manfaat perdagangan internasional bagi suatu negara;
• mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan
internasional;
• menguraikan konsep keunggulan absolut dan komparatif.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Manfaat jual-beli antarnegara.
• Faktor pendorong perdagangan internasional.
• Konsep keunggulan absolut dan komparatif.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang manfaat kegiatan jual-beli antarnegara
dan faktor pendorong perdagangan internasional.
• Memberikan tugas untuk membuat kliping tentang perdagangan bilateral.
• Mengomunikasikan hasil kliping oleh peserta didik di depan kelas.
32 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegaiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pembuatan kliping yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampikan materi tentang konsep keunggulan absolut dan
komparatif.
• Memberikan tugas untuk membuat kliping tentang keunggulan absolut
dan komparatif yang dimiliki oleh setiap negara.
• Mengomunikasikan hasil kliping oleh peserta didik di depan kelas.
3. Kegaiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pembuatan kliping yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan khusus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Identifikasikan beberapa hal yang menyebabkan timbulnya perdagangan
antarnegara!
2) Mengapa dengan perdagangan internasional akan terjadi peningkatan
kepuasan di antara negara-negara yang terlibat dalam
perdagangan?
33 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan keunggulan absolut yang
dimiliki oleh suatu negara!
4) Mengapa suatu negara dapat memiliki keunggulan dalam produk
tertentu jika dibandingkan negara lain?
b. Penugasan
Amatilah komoditas ekspor yang dapat dihasilkan oleh daerah kabupaten/
kota atau provinsi tempat tinggal Anda! Identifikasikan keunggulan-
keunggulan yang dimiliki oleh komoditas tersebut jika dibandingkan
dengan negara lain!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
34 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semeser : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan
impor, subsidi, premi, diskinimasi harga, dan dumping.
Indikator : • Mendeskripsikan konsep tarif.
• Mendeskripsikan konsep kuota.
• Mendeskripsikan konsep larangan ekspor.
• Mendeskripsikan konsep larangan impor.
• Mendeskripsikan konsep subsidi.
• Mendeskripsikan konsep premi.
• Mendeskripsikan diskriminasi harga.
• Mendeskripsikan konsep dumping.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan kebijakan dalam perdagangan internasional;
• mengidentifikasi berbagai jenis kebijakan dalam perdagangan internasional.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kebijakan perdagangan internasional.
III. Metode Pembalajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apresiasi kepada peserta didik mengenai materi yang
relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang konsep tarif, kuota, larangan ekspor, dan
larangan impor.
• Memberikan contoh mengenai kebijakan tarif, kuota, larangan ekspor,
dan larangan impor yang diambil oleh suatu negara.
35 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
• Menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi berbagai kebijakan
yang diambil pemerintah berkaitan dengan perdagangan internasional.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre tes sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang konsep subsidi, premi, diskriminasi harga,
dan dumping.
• Memberikan contoh mengenai kebijakan subsidi, premi, diskriminasi
harga, dan dumping.
• Menugaskan peserta didik untuk mengidentifikasi berbagai kebijakan
yang diambil pemerintah berkaitan dengan perdagangan internasional.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Foto atau gambar.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
36 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Apakah alasan pokok bagi negara yang melaksanakan politik
proteksi?
2) Identifikasikan pihak yang dirugikan dengan adanya politik dumping
yang dipraktikkan oleh suatu negara!
3) Sebutkan tujuan kebijakan kuota!
4) Mengapa pemerintah Indonesia melarang ekspor pasir laut ke
Singapura?
5) Mengapa pemerintah Indonesia mengawasi dengan ketat impor
beras dan gula pasir?
b. Penugasan
Carilah dan identifikasikan jenis-jenis kebijakan yang diambil
pemerintah berkaitan dengan perdagangan antarnegara! Sebutkan jenis
dan tujuan kebijakan tersebut!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
37 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar : Menjelaskan pengertian, fungsi, sumber, dan tujuan penggunaan
devisa.
Indikator : • Mendeskripsikan pengertian devisa.
• Mengidentifikasi sumber-sumber dan tujuan penggunaan
devisa.
• Mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan pengertian dan fungsi devisa;
• mengidentifikasi sumber dan penggunaan devisa;
• mengidentifikasi alat-alat pembayaran internasional.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Peranan devisa.
• Cadangan devisa negara.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, pemberian tugas, dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi pembelajaran tentang peranan devisa dan
cadangan devisa negara.
• Membentuk kelompok diskusi sesuai dengan kondisi kelas.
• Menyampaikan materi diskusi.
• Membimbing, mengarahkan, dan memfasilitasi jalannya diskusi.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
38 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3. Kegaiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apresiasi kepada peserta didik mengenai materi yang
relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang cara dan alat pembayaran internasional.
• Memberikan contoh mengenai cara-cara dan alat-alat yang digunakan
untuk pembayaran dalam perdagangan antarnegara.
• Menugaskan peserta didik untuk mencari berita-berita, baik di media
cetak maupun elektronik mengenai cara dan alat pembayaran internasional.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Internet dan televisi.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknis Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan devisa negara!
2) Mengapa pemerintahan suatu negara sangat memerlukan devisa?
39 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
3) Sebutkan dua pengelompokan cadangan devisa yang dimiliki oleh
suatu negara!
4) Bagaimana cara pembayaran internasional dengan kompensasi
pribadi?
5) Bagaimana cara pembayaran internasional dengan letter of credit?
b. Penugasan
Carilah berita di media massa ataupun elektronik mengenai cara dan
alat pembayaran antarnegara! Identifikasikan cara dan alat pembayaran
tersebut!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
40 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : XI/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : • Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar : • Mengidentifikasi kurs tukar valuta asing dalam neraca
pembayaran
Indikator : • Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya perubahan
nilai tukar rupiah terhadap valuta asing.
• Menghitung nilai tukar suatu valuta berdasarkan kurs
yang berlaku.
• Mendeskripsikan neraca pembayaran.
• Mengelompokkan komponen-komponen neraca
pembayaran.
• Membedakan neraca pembayaran defisit, seimbang, dan
surplus beserta dampaknya terhadap perekonomian.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai peserta didik diharapkan mampu
• menguraikan sebab-sebab terjadinya perubahan nilai tukar rupiah terhadap
valuta asing;
• menghitung nilai tukar suatu valuta berdasar kurs yang berlaku;
• mengidentifikasi posisi neraca pembayaran beserta dampaknya terhadap
perekonomian.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kurs valuta asing.
• Faktor yang memengaruhi kurs valuta asing.
• Pencatatan kurs.
• Neraca pembayaran.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan pemberian tugas.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Mengadakan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
41 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
2. Kegiatan Inti
• Menyampaikan materi tentang kurs valuta asing dan faktor yang
memengaruhi kurs valuta asing.
• Memberikan tugas membuat kliping tentang nilai kurs rupiah terhadap
dolar AS.
• Mengomunikasikan hasil pembuatan kliping di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pembuatan kliping yang dilakukan
peserta didik.
• Memberi gambaran umum materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Melakukan pre test sebelum memulai pelajaran.
• Memberikan bahan apersepsi kepada peserta didik mengenai materi
yang relevan dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Menyampikan materi tentang pencatatan kurs dan neraca pembayaran.
• Memberi tugas untuk mengakses neraca pembayaran Indonesia.
• Mengomunikasikan hasil kegiatan peserta didik di depan kelas.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atau hasil pengaksesan data neraca pembayaran
Indonesia yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 2 untuk kelas XI Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Berikut ini faktor yang tidak memengaruhi nilai kurs valuta asing
adalah ....
42 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
a. perbedaan permintaan dan penawaran valuta asing
b. posisi neraca pembayaran
c. produktivitas masyarakat suatu negara
d. tingkat suku bunga
e. pengawasan pemerintah
2) Nilai yang digunakan pada saat seseorang menukarkan valuta asing
yang dimilikinya ke bank adalah ....
a. kurs jual d. kurs tukar
b. kurs beli e. kurs dagang
c. kurs tengah
3) Setiap transaksi perdagangan barang dan jasa, dalam neraca
pembayaran dapat dikategorikan sebagai transaksi ....
a. satu arah d. sedang berjalan
b. kredit e. moneter
c. modal
4) Apabila besarnya transaksi debit sama dengan transaksi kredit,
neraca pembayaran dapat dikatakan ....
a. ekspor d. aktif
b. surplus e. pasif
c. defisit
5) Pembayaran atas pendapatan modal dicatat dalam transaksi ....
a. ekspor d. hadiah
b. jasa e. bantuan
c. kredit
6) Surplus neraca pembayaran akan ....
a. memperlemah kemampuan mengimpor barang dan jasa
b. memperkuat kemampuan mengimpor barang dan jasa
c. mengurangi utang luar negeri
d. menghambat produksi dalam negeri
e. meningkatkan bantuan ke negara lain
7) Transaksi yang dicatat di dalam neraca pembayaran adalah ....
a. transaksi jasa
b. transaksi perdagangan
c. transaksi ekonomi
d. transaksi pembayaran
e. semua transaksi
8) Transaksi berikut ini yang termasuk transaksi modal adalah ....
a. jasa angkutan
b. pinjaman jangka panjang
c. laba perorangan yang dibagikan
43 KTSP Ekonomi SMA 2 R1
d. ekspor barang
e. impor barang
9) Pada neraca pembayaran terdapat pos pencatatan yang berfungsi
sebagai penyumbang pos tersebut adalah ....
a. current account
b. unilateral account
c. capital account
d. monetery sector
e. errors and omissions
10) Transaksi penerimaan hadiah, hibah/bantuan, dan semacamnya
yang tidak memerlukan kontraprestasi dari penerimanya, dicatat
dalam pos ....
a. current account d. monetery sector
b. unilateral account e. errors and omissions
c. capital account
b. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan valuta asing! Sebutkan
pula fungsinya!
2) Identifikasikan komponen-komponen yang terdapat dalam neraca
pembayaran!
3) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan transaksi kredit dalam
neraca pembayaran!
4) Mengapa setiap negara harus menyusun neraca pembayarannya?
5) Apakah setiap defisit neraca pembayaran pasti berdampak negatif
terhadap perekonomian nasional suatu negara?
c. Penugasan
Carilah neraca pembayaran Indonesia di internet! Identifikasikan
komponen dan posisi neraca pembayaran tersebut!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.

5 comments:

e-wafa said...

wah soalnya diambil dari mana pak? Mungkin njenengan punya alamat web yang memuat soal-soal sejenis dari mata pelajaran yang lain

Terima kasih dan salam kenal

dari Edris

http://www.formulabisnis.com/?id=ewafa

e-wafa said...

wah soalnya diambil dari mana pak? Mungkin njenengan punya alamat web yang memuat soal-soal sejenis dari mata pelajaran yang lain

Terima kasih dan salam kenal

dari Edris

http://www.formulabisnis.com/?id=ewafa

choepru said...

Makasih Pak...

Salam Hangat.

choepru
www.cpu99.co.cc

Kar said...

Thanks atas artikelx, pokok..e banyak banget membantusaya...... makasih seX lg

Yekti said...

thanks..blog yg sangat membantu..bisa dijadikan rferensi membuat RPP.
doaka aq yah...baru mulai masa PLP