Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
Indikator : 1. Menjelaskan ciri manusia sebagai makhluk sosial dan
ekonomi yang bermoral
2. Menunjukkan contoh hubungan antara manusia sebagai
makhluk sosial dan ekonomi
3. Menunjukkan contoh perilaku manusia dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya
4. Menyebutkan faktor yang memengaruhi manusia dalam
memenuhi kebutuhannya
5. Menunjukkan faktor lingkungan sekitar yang memengaruhi
manusia dalam memenuhi kebutuhan
6. Menunjukkan tradisi di daerahnya yang memengaruhi
manusia dalam usaha memenuhi kebutuhannya
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasikan hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral;
2. mendeskripsikan perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
B. Materi Pokok
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi
kebutuhan
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, eksplorasi/observasi informal, peragaan, pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menemukan fakta bahwa
manusia adalah makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
c. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menunjukkan contoh
hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
14 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru menjelaskan perlunya mempelajari perilaku manusia dalam
memenuhi kebutuhannya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab, siswa diharapkan dapat mengemukakan contoh
perilaku manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
c. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi informal untuk
menemukan faktor-faktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi
kebutuhan.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Alat berupa gambar peralatan pertanian, peralatan nelayan, dan model rumah
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial yang bermoral!
2. Sebutkan contoh hubungan antara fungsi manusia sebagai makhluk
sosial dan makhluk ekonomi!
3. Sebutkan dua contoh perilaku manusia untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya!
4. Misalkan kamu tinggal di daerah pegunungan, bagaimana jenis
pakaian yang digunakan oleh masyarakat di daerah tempat
tinggalmu?
5. Sebutkan dua faktor yang memengaruhi manusia dalam memenuhi
kebutuhan hidupnya!
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan contoh bahwa kondisi di daerahnya dapat
memengaruhi manusia dalam memenuhi kebutuhan.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
15 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Kompetensi Dasar : 3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif
dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan seharihari
Indikator : 1. Menunjukkan contoh jenis-jenis kebutuhan berdasarkan
bagan yang telah dibuat
2. Menyebutkan alat untuk memenuhi kebutuhan
3. Menunjukkan contoh macam barang sesuai dengan
bagan yang telah dibuat
4. Menyebutkan dua macam cara yang dijalankan oleh
manusia dalam melakukan tindakan ekonomi
5. Mengemukakan contoh tindakan secara rasional yang
dilakukan oleh perseorangan (siswa sendiri), perusahaan,
dan pemerintah
6. Menyebutkan macam motif ekonomi dalam berbagai
aktivitas manusia sehari-hari
7. Menjelaskan perbedaan motif ekonomi dan nonekonomi
beserta contohnya
8. Menunjukkan tindakan ekonomi yang dilakukan oleh
siswa sendiri dan berpedoman prinsip ekonomi
9. Menunjukkan contoh penerapan prinsip ekonomi dalam
kehidupan sehari-hari, baik dalam tindakan ekonomi
maupun tindakan nonekonomi
10. Menjelaskan kaitan antara tindakan, motif, dan prinsip
ekonomi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi tindakan ekonomi;
2. mengidentifikasi motif ekonomi;
3. mengidentifikasi prinsip ekonomi.
B. Materi Pokok
Tindakan, motif, dan prinsip ekonomi
16 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru memulai kegiatan belajar-mengajar dengan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat menemukan contoh
kebutuhan manusia.
b. Guru menjelaskan alat untuk memenuhi kebutuhan.
c. Siswa diajak berdiskusi untuk menemukan macam barang sesuai dengan
pengelompokannya.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan. Siswa diminta untuk
mengidentifikasikan barang ataupun jasa ekonomi yang terdapat di sekitar
tempat tinggal. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya!
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menemukan contoh
tindakan ekonomi yang dilakukan manusia.
b. Dengan penjelasan guru, siswa dapat mengidentifikasikan ciri dan inti
tindakan ekonomi secara rasional.
c. Siswa berdiskusi tentang tindakan ekonomi yang didorong oleh motif
ekonomi dan contoh-contohnya.
d. Siswa bermain peran untuk memeragakan penerapan prinsip ekonomi,
misalnya dalam kegiatan jual beli.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan, yaitu siswa diminta untuk
mengerjakan soal yang ada di buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Alat peraga barang untuk program jual beli
17 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian: Tes tertulis
2. Bentuk Instrumen
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan contoh tindakan manusia sebagai makhluk ekonomi!
2. Sebutkan contoh tindakan manusia sebagai makhluk sosial!
3. Apa guna prinsip ekonomi dalam kegiatan ekonomi?
4. Sebutkan contoh motif ekonomi!
5. Jelaskan perbedaan antara motif ekonomi dan nonekonomi!
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk,
penggunaan lahan, dan pola permukiman berdasarkan
kondisi fisik permukaan bumi
Indikator : 1. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi di daerah
pantai
2. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi di dataran
rendah
3. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi di dataran
tinggi
4. Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi di pegunungan
5. Mengemukakan pengaruh kondisi fisik permukaan
bumi terhadap penggunaan lahan
6. Mengemukakan pengaruh kondisi fisik permukaan
bumi terhadap pola pemukiman
7. Merumuskan upaya untuk melestarikan alam
18 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan pengaruh kondisi fisik permukaan bumi;
2. mendeskripsikan pengaruh kondisi fisik permukaan bumi terhadap pola
kegiatan ekonomi penduduk;
3. mendeskripsikan pengaruh kondisi fisik permukaan bumi terhadap
penggunaan lahan;
4. mendeskripsikan pengaruh kondisi fisik permukaan bumi terhadap pola
permukiman.
B. Materi Pokok
Pola kegiatan ekonomi masyarakat
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru memberikan gambaran tentang kondisi fisik bumi.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa dapat merumuskan kondisi fisik bumi.
b. Siswa berdiskusi untuk membahas pola kegiatan ekonomi penduduk
di daerah pantai, dataran rendah, dataran tinggi, serta pegunungan.
3. Kegiatan Akhir
Pada akhir pembelajaran, guru memberikan tugas untuk menuliskan kondisi
tempat tinggalnya meliputi kondisi fisik permukaan bumi, kegiatan ekonomi
penduduk, dan kaitan antara kondisi fisik permukaan bumi dengan kegiatan
ekonomi penduduk. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya!
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menjelaskan secara garis besar tentang penggunaan lahan.
b. Siswa bersama guru merumuskan penggunaan lahan di daerah pantai,
dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.
c. Guru menjelaskan secara garis besar tentang pola permukiman.
d. Siswa bersama guru merumuskan pola permukiman di daerah pantai,
dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.
19 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku siswa sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Alat berupa gambar pantai, dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan empat macam pola kegiatan ekonomi penduduk dataran
rendah!
2. Jelaskan perbedaan lahan dengan tanah!
3. Apa tujuan tindakan konservasi? Jenis tanaman apa yang biasa
dihasilkan?
4. Jenis tanaman apa yang biasa dihasilkan di daerah tinggi?
5. Bagaimana pola kegiatan ekonomi penduduk daerah pantai?
b. Tes Penugasan
Diskusi bersama kelompok belajar dengan tema: faktor yang
berpengaruh terhadap permukiman penduduk
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
20 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi waktu : 6 × 40'
Standar kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi
kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/
jasa
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian konsumsi
2. Menyebutkan asas dalam kegiatan konsumsi
3. Menjelaskan kaitan antara perilaku konsumsi dan asas
defisit
4. Menyebutkan faktor yang memengaruhi konsumsi
5. Menjelaskan peran yayasan lembaga konsumen
6. Menyebutkan hak-hak konsumen
7. Menjelaskan pengertian produksi
8. Mengemukakan tujuan kegiatan produksi
9. Menjelaskan kaitan antara kegiatan produksi dan nilai
guna barang
10. Membuat bagan macam-macam faktor produksi
11. Menunjukkan contoh etika ekonomi dalam memanfaatkan
faktor produksi
12. Menunjukkan contoh hasil produksi di sekitar tempat
tinggalnya dan dampaknya terhadap lingkungan sekitar
13. Menjelaskan cara meningkatkan mutu dan jumlah hasil
produksi
14. Mengemukakan tiga jenis produksi dengan penjelasan
singkat
15. Menjelaskan pengertian distribusi
16. Mengemukakan manfaat distribusi
17. Menjelaskan tujuan distribusi
18. Menjelaskan jangkauan distribusi
19. Membuat bagan sistem distribusi
20. Menyebutkan kegiatan pemasaran sebagai rincian
kegiatan distribusi
21. Menyebutkan pihak yang terkait dalam penyaluran
distribusi
22. Menunjukkan contoh distribusi sesuai dengan etika
ekonomi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan kegiatan konsumsi barang dan jasa;
21 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
2. mendeskripsikan kegiatan produksi barang dan jasa;
3. mendeskripsikan kegiatan distribusi barang dan jasa.
B. Materi Pokok
Kegiatan pokok ekonomi
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan makna
kegiatan ekonomi.
b. Guru bertanya kepada beberapa siswa tentang kegiatan ekonomi yang
ada di sekitar tempat tinggalnya.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa menemukan pengertian konsumsi.
b. Siswa berdiskusi untuk menemukan aspek positif dan negatif perilaku
konsumsi serta faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi.
c. Guru menjelaskan peran yayasan lembaga konsumen dan hak- hak
konsumen.
d. Guru meminta siswa melakukan observasi barang dan jasa yang
digunakan untuk memenuhi kebutuhan.
3. Kegiatan Akhir
Guru mengakhiri pembelajaran dengan menugaskan siswa untuk membuat
tabel penghasilan dan pengeluaran dari beberapa tetangganya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengumpulkan tugas minggu yang lalu dan mendiskusikan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, guru menjelaskan proses pembuatan barang dan
siswa diminta untuk merumuskan pengertian produksi dan tujuan
kegiatan produksi.
b. Guru meminta siswa untuk mengemukakan pendapat tentang peranan
faktor produksi dalam proses produksi dan etika ekonomi dalam
memanfaatkan faktor produksi.
c. Siswa melakukan observasi contoh hasil produksi di sekitarnya dan
cara meningkatkan baik mutu maupun jumlahnya.
d. Guru menjelaskan tentang jenis produksi.
3. Kegiatan Akhir
Guru mengakhiri pembelajaran dengan memberikan tugas untuk
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
22 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Pertemuan ke-3
1. Kegiatan Awal
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan melakukan tanya jawab
tentang kegiatan konsumsi dan produksi.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan diskusi, siswa merumuskan pengertian, manfaat, tujuan, dan
jangkauan kegiatan distribusi.
b. Guru menjelaskan tentang sistem distribusi dan kaitannya dengan
pemasaran.
c. Guru menjelaskan tentang saluran distribusi.
d. Guru meminta siswa untuk menuliskan contoh etika ekonomi dalam
kegiatan distribusi.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku siswa sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Apakah arti asas surplus dalam kegiatan konsumsi?
2. Sebutkan tiga macam faktor produksi modal beserta contohnya!
3. Jelaskan penggunaan etika ekonomi dalam pengelolaan faktor
produksi tenaga kerja!
4. Sebutkan tiga macam jiwa wirausaha yang dapat kalian laksanakan
mulai sekarang!
5. Apakah hubungan antara lembaga konsumen dan etika ekonomi
dalam distribusi barang dan jasa?
b. Tes Penugasan
Diskusi bersama kelompok belajar dengan tema: perlindungan
konsumen.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
23 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi
sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam
kaitannya dengan pelaku ekonomi
Indikator : 1. Menjelaskan kaitan antara badan usaha dengan
perusahaan
2. Menyebutkan jenis perusahaan menurut lapangan usaha
yang ada di daerahnya beserta contohnya
3. Membuat bagan macam badan usaha menurut pemilik
modalnya
4. Menunjukkan tiga jenis perusahaan beserta contohnya
5. Mengemukakan peran Badan Usaha Milik Negara
(BUMN)
6. Menunjukkan jenis badan usaha swasta serta contoh
yang ada di daerahnya
7. Mengemukakan peran badan usaha milik swasta
8. Menyebutkan jenis-jenis koperasi serta contoh yang ada
di daerahnya
9. Mengemukakan peran koperasi sebagai badan usaha
10. Menjelaskan peran koperasi sebagai gerakan ekonomi
rakyat
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasikan perbedaan badan usaha dengan perusahaan;
2. mengidentifikasikan jenis perusahaan menurut lapangan usahanya;
3. mendeskripsikan badan usaha sebagai tempat berlangsungnya proses
produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi.
B. Materi Pokok
Peran badan usaha
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
24 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan tujuan
pembelajaran materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan ceramah bervariasi, guru mengarahkan siswa agar dapat
menunjukkan contoh badan usaha dan kaitan badan usaha dengan
perusahaan.
b. Siswa berdiskusi tentang jenis perusahaan menurut lapangan usahanya
dan pemilik modalnya.
c. Guru menjelaskan jenis perusahaan negara.
d. Guru meminta siswa untuk menyimpulkan peranan Badan Usaha Milik
Negara (BUMN).
3. Kegiatan Akhir
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat kliping yang berisi
gambar jenis perusahaan menurut lapangan usahanya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan siswa tentang materi yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa melakukan observasi untuk menemukan contoh badan usaha
milik swasta yang ada di daerahnya.
b. Guru membahas empat jenis badan usaha milik swasta serta peranannya.
d. Guru membahas peran koperasi.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku siswa sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
25 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Tunjukkan contoh perum, persero, dan BUMD!
2. Bagaimana cara kalian menghimpun modal jika kelak ingin
mendirikan perusahaan berbentuk PT?
3. Jelaskan peran KUD dalam masyarakat pedesaan!
4. Tunjukkan ciri PT terbuka!
5. Sebutkan contoh perusahaan dan badan usaha!
b. Tes Penugasan
Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi terhadap koperasi yang
ada di daerahnya dan menyusun laporan.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VII/2
Alokasi Waktu : 4 × 40'
Standar Kompetensi : 6. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 6.4 Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan
ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
Indikator : 1. Menyebutkan hal-hal yang dapat membantu untuk
berpikir kreatif
2. Mengemukakan hal-hal yang harus ditempuh dalam
proses kreatif
3. Menyebutkan suatu contoh hasil kreativitas tokoh
nasional dan internasional
4. Menunjukkan suatu contoh inovasi yang dilakukan oleh
perusahaan beserta hasilnya
5. Menunjukkan gagasan dan tindakan kreatif yang dilakukan
oleh siswa untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan
26 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi;
2. mengembangkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan.
B. Materi Pokok
Gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan
kesejahteraan
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, penugasan
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan tanya jawab untuk merumuskan
arti kata kreatif dan contoh tindakan kreatif.
2. Kegiatan Inti
a. Siswa berdiskusi untuk menyempurnakan pengertian kreatif dan
menyimpulkan hal hal yang dapat membantu untuk berpikir kreatif.
Dengan dipandu guru, siswa dapat menemukan hal-hal yang perlu
ditempuh dalam proses kreatif.
b. Guru menjelaskan kaitan antara gagasan kreatif dan inovasi. Dengan
tanya jawab, siswa dapat menyimpulkan tujuan perusahaan melakukan
inovasi.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan pemberian tugas. Siswa diminta untuk
melakukan observasi untuk menemukan hasil kreativitas dan inovasi. Tugas
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan membahas tugas minggu
lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab dan diskusi, siswa menyimpulkan hal-hal yang
perlu diperhatikan dalam berlatih mandiri.
b. Siswa dapat memberikan contoh kegiatan untuk mencapai kemandirian
dan kesejahteraan.
27 KTSP IPS Ekonomi SMP 1 R1
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa diminta untuk menuliskan kegiatan yang akan dilakukannya
untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan.
b. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
c. Siswa diminta mengerjakan lembar portofolio yang terdapat dalam buku
siswa sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP 1 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Alat peraga berupa gambar hasil kreativitas dan inovasi
4. Alat lain, misalnya OHP dan komputer
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan hal yang dapat membantu untuk berpikir kreatif!
2. Jelaskan pengertian inovasi!
3. Mengapa kebiasaan menunda pekerjaan harus dihindari?
4. Sebutkan tujuan inovasi yang dilakukan perusahaan!
5. Sebutkan ciri-ciri sumber daya manusia yang dibutuhkan pada masa
sekarang ini!
b. Tes Penugasan
Siswa menuliskan kegiatan yang akan dilakukan untuk mencapai
kemandirian dan kesejahteraan.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
Monday, February 23, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment