selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, February 23, 2009

RPP KLS 9

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
internasional
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian uang
2. Meyebutkan jenis uang
3. Menunjukkan fungsi uang
4. Mengidentifikasi kurs valuta/uang asing
5. Mendeskripsikan pengertian bank
6. Menunjukkan fungsi utama bank
7. Mengemukakan jasa bank
8. Menunjukkan tugas pokok bank
9. Menunjukkan contoh manfaat bank
10. Mendeskripsikan pengertian lembaga keuangan bukan
bank
11. Menunjukkan contoh bank dan lembaga keuangan
bukan bank di daerah tempat tinggal
12. Mengemukakan manfaat bank dan lembaga keuangan
bukan bank di daerah tempat tinggal
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan uang;
2. mendeskripsikan lembaga keuangan.
B. Materi Pokok
Uang dan lembaga keuangan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, observasi
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta kompetensi dasar
yang hendak dicapai.
10 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menunjukkan sejarah dan
pengertian uang.
c. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat menyebutkan jenisjenis
uang.
d. Dengan ceramah bervariasi, guru menjelaskan tentang berbagai fungsi
uang.
e. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk mengetahui kurs uang
asing.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan. Siswa diminta untuk
mengamati penggunaan uang sehari-hari di sekitar tempat tinggalnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan pengertian
bank.
b. Guru menjelaskan tentang fungsi utama, tugas pokok, dan jasa bank.
c. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan
contoh manfaat bank.
d. Guru membahas tentang lembaga keuangan bukan bank.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi 3 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Buku dan sumber lain yang relevan.
3. Alat peraga yang berupa uang, cek, dan lainnya.
4. OHP, komputer, dan internet.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
11 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan Ganda
Berilah tanda (×) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1) Untuk membayar harga mobil yang dibelinya, Ayah menggunakan
cek. Cek merupakan jenis ....
a. uang kartal c. uang giral
b. uang negara d. uang kepercayaan
2) Perbedaan uang kartal dengan giral tampak pada ....
a. pihak yang mengeluarkan c. fungsi utamanya
b. jumlah nilainya d. lingkungan beredarnya
3) Berikut ini yang bukan merupakan fungsi uang adalah ....
a. sebagai alat tukar-menukar
b. sebagai alat pembayaran
c. sebagai satuan hitungan
d. sebagai penukar uang asing
4) Wisatawan mancanegara yang datang ke Bali dapat menukarkan
uangnya dengan uang rupiah di ....
a. Bursa Efek Jakarta
b. Bursa Efek Surabaya
c. bank devisa
d. Bursa Komoditas Indonesia
5) Berikut ini yang bukan merupakan fungsi utama bank adalah ....
a. sebagai penyalur kredit
b. sebagai tempat pembayaran
c. sebagai tempat menabung
d. sebagai tempat menukar uang asing
6) Kalian menerima cek yang harus dicairkan di bank kota lain. Agar
keamanannya terjamin, kalian dapat meminta bank di kotamu untuk
mencairkan dengan cara ....
a. telegraphic transfer c. inkaso
b. deposito berjangka d. giro
7) Apabila kalian menyimpan uang di bank, kalian dapat memperoleh
manfaat berikut, kecuali ....
a. bebas dari pajak bunga c. uang terjamin keamanannya
b. memperoleh bunga d. dapat diambil setiap saat
8) Berikut ini merupakan lembaga yang mengelola dana pensiun
adalah ....
a. Bank Indonesia c. PT Jasa Raharja
b. Bursa Valuta Asing d. PT Taspen
12 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
9) Karena belum dapat membeli mesin untuk perusahaannya, kakak
berusaha memperoleh mesin dengan cara sewa beli dari lembaga
....
a. pegadaian c. koperasi
b. leasing d. asuransi
10) Berikut ini yang bukan merupakan manfaat lembaga asuransi adalah
....
a. memberi jaminan hari tua
b. menyediakan beasiswa
c. memberi santunan kecelakaan
d. menyediakan santunan kepada fakir miskin
b. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1) Sebutkan fungsi-fungsi uang!
2). Deskripsikan apa yang dimaksud dengan bank!
3) Sebutkan dan deskripsikan jenis-jenis uang!
4) Bagaimana peranan bank dalam perekonomian Indonesia?
5) Sebutkan 3 jenis lembaga keuangan bukan bank yang kalian
ketahui!
c. Tes Penugasan
Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi terhadap penggunaan
uang dalam kehidupan sehari-hari di sekitar tempat tinggalnya.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
13 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : IX/1
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
internasional
Kompetensi Dasar : 4.2 Mendeskripsikan perdagangan internasional dan
dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian perdagangan internasional
2. Mendeskripsikan pengertian devisa
3. Menyebutkan wujud devisa
4. Menunjukkan sumber-sumber devisa
5. Menunjukkan penggunaan devisa
6. Mengemukakan macam devisa
7. Menunjukkan arti penting jual beli valuta asing dalam
kaitannya dengan pembayaran internasional
8. Menunjukkan contoh cara pembayaran internasional
9. Menyusun neraca perdagangan dalam bentuk sederhana
10. Menunjukkan dampak positif dan negatif perdagangan
internasional terhadap perekonomian Indonesia
11. Menunjukkan dampak perdagangan internasional terhadap
kehidupan perekonomian masyarakat di daerah
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mendeskripsikan perdagangan internasional;
2. mengidentifikasi faktor-faktor yang berkaitan dengan perdagangan
internasional;
3. mengidentifikasi dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia.
B. Materi Pokok
Perdagangan internasional
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, bermain peran, demonstrasi, observasi
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
14 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
1. Kegiatan Awal
Guru memulai kegiatan belajar mengajar dengan menjelaskan tujuan
pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat mendeskripsikan
pengertian perdagangan internasional.
c. Dengan berdiskusi, siswa diarahkan untuk dapat mendeskripsikan
pengertian, wujud, sumber, pemakaian, dan macam devisa.
d. Dengan berdiskusi, siswa diarahkan untuk dapat menemukan permasalahan
dalam perdagangan internasional, misalnya perbedaan mata
uang.
e. Dengan bermain peran, siswa diharapkan dapat menunjukkan mekanisme
jual beli valuta/uang asing.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku
materi sebagai pekerjaan rumah.
b. Guru memberi gambaran umum materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru mengumpulkan tugas minggu yang lalu dan mendiskusikannya.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Guru menjelaskan cara-cara pembayaran internasional disertai contohcontohnya.
c. Guru mendemonstrasikan cara menyusun neraca perdagangan dalam
bentuk sederhana, baik aktif maupun pasif.
d. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi dan diskusi untuk
menemukan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian
Indonesia.
e. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan
dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian masyarakat
di daerah.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
15 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi 3 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Buku dan sumber lain yang relevan.
3. Tabel neraca perdagangan.
4. Contoh valuta asing.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan Ganda
Berilah tanda (×) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1) Terjadinya perdagangan internasional karena ....
a. hasil produksi tiap negara tidak sama
b. hasil produksi tiap negara sama
c. setiap negara berlomba memiliki produk terbaik
d. adanya persaingan dalam perdagangan antarnegara
2) Sebagai importir, ayah mengimpor mesin-mesin dari Jerman. Untuk
membayar harga mesin yang diimpor itu, ayah membeli dolar AS
di ....
a. Bursa Efek Jakarta
b. Bursa Efek Surabaya
c. Bursa Komoditas Indonesia
d. bursa valuta asing
3) Penukaran uang rupiah dengan valuta asing harus dikurs karena
....
a. jumlah valas lebih banyak daripada rupiah
b. jumlah rupiah lebih banyak daripada valas
c. nilai mata uang tiap negara tidak sama
d. tiap negara hanya mau menerima valutanya sendiri
4) Andaikan sebagai pedagang batik, kalian mengekspor kain batik
kepada Tuan William di London (Inggris). Apabila pembayarannya
dengan cara letter of credit, kalian akan menerima pembayaran
dari ....
a. Tuan William secara langsung
b. bank devisa relasi di Jakarta
c. bank devisa relasi Tuan William di London
d. Bank Indonesia di Jakarta secara berangsur-angsur
16 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
5) Dampak perdagangan internasional yang harus dijauhi oleh para
remaja adalah ....
a. menolak politik dumping
b. melakukan demonstration effects
c. berpartisipasi dalam spesialisasi produksi
d. menghadapi pasar global
6) Berikut ini merupakan kegiatan ekspor jasa yang dilakukan Indonesia,
kecuali ....
a. turis mancanegara menumpang pesawat GIA
b. TKI bekerja di Brunei Darussalam
c. kapal Pelni berlabuh di Singapura
d. pesawat JAL berlabuh di Bandara Sukarno–Hatta
7) Berikut ini merupakan dampak negatif perdagangan internasional
terhadap perekonomian Indonesia, kecuali ....
a. dapat menjadi sasaran politik dumping
b. demonstration effects melanda konsumen
c. terkena dampak kebijakan impor negara lain
d. mempertahankan keunggulan absolut
8) Seandainya kalian menjadi eksportir, berikut ini yang mungkin
dilaksanakan adalah ....
a. mengekspor minyak bumi sesuai dengan kebutuhan dunia
b. mengimpor mesin-mesin canggih dari Jepang
c. mengekspor karet sebanyak-banyaknya ke Malaysia
d. mengekspor patung Bali kegemaran masyarakat dunia
9) Berikut ini yang termasuk devisa adalah ....
a. dolar AS, rupiah, emas, dan piutang luar negeri
b. cek, yen, wesel asing, dan piutang luar negeri
c. dolar AS, yen, emas, dan wesel asing
d. semua valas, rupiah, emas, dan wesel asing
10) Kurs valuta asing ditentukan oleh jumlah ....
a. permintaan valuta asing
b. penawaran valuta asing
c. permintaan valuta asing dan dolar AS
d. permintaan dan penawaran valuta asing
b. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan perdagangan internasional!
2) Mengapa terjadi perdagangan antarnegara?
17 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
3) Bagaimana mekanisme jual beli valuta asing?
4) Sebutkan alat dan cara pembayaran internasional!
5) Deskripsikan yang dimaksud dengan neraca perdagangan!
c. Tes Penugasan
Siswa diberi tugas untuk melakukan observasi terhadap pengaruh
perdagangan antarnegara di daerah kabupaten/kota tempat tinggalnya.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
18 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : IX/2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama
internasional
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan kerja sama antarnegara di bidang
ekonomi
Indikator : 1. Menyebutkan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara
2. Menunjukkan contoh kerja sama bilateral dan multilateral
3. Menunjukkan contoh kerja sama ekonomi regional yang
melibatkan Indonesia serta tujuannya
4. Menunjukkan contoh kerja sama ekonomi regional yang
tidak melibatkan Indonesia
5. Menunjukkan contoh kerja sama ekonomi internasional
yang penting bagi Indonesia
6. Menyebutkan empat bidang kerja sama ekonomi antarnegara
7. Membedakan neraca perdagangan dengan neraca pembayaran
8. Menyusun neraca pembayaran dalam bentuk sederhana
9. Menunjukkan contoh kebijaksanaan impor
10. Menunjukkan contoh kebijaksanaan ekspor
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi tujuan kerja sama ekonomi antarnegara;
2. mengidentifikasi kerja sama ekonomi berdasarkan jumlah negara peserta;
3. mendeskripsikan kerja sama ekonomi berdasarkan bidang kegiatannya.
B. Materi Pokok
Kerja sama antarnegara dalam bidang ekonomi
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, observasi, ceramah bervariasi, diskusi, demonstrasi
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru membuka kegiatan pembelajaran dengan menjelaskan tujuan pembelajaran
materi yang akan disampaikan.
19 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Kegiatan Inti
a. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk dapat merumuskan tujuan
kerja sama ekonomi antarnegara.
b. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan contoh
kerja sama bilateral dan multilateral.
c. Guru menjelaskan macam-macam kerja sama ekonomi regional, baik
yang melibatkan maupun tidak melibatkan Indonesia.
d. Dengan ceramah bervariasi dan diskusi terbatas, guru menjelaskan kerja
sama ekonomi internasional yang penting bagi Indonesia.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru memberi tugas untuk membuat kliping yang berisi berita-berita
tentang kerja sama ekonomi antarnegara, terutama yang melibatkan
Indonesia.
b. Guru memberi gambaran umum materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru mengumpulkan tugas minggu yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan diskusi siswa diarahkan untuk dapat menyebutkan empat bidang
kerja sama ekonomi antarnegara.
c. Dengan tanya jawab, guru menjelaskan perbedaan antara neraca
perdagangan dan neraca pembayaran.
d. Guru mendemonstrasikan cara menyusun neraca pembayaran dalam
bentuk sederhana.
e. Dengan ceramah bervariasi dan diskusi terbatas, guru menjelaskan
kebijaksanaan yang ditempuh oleh pemerintah untuk mengatasi neraca
pembayaran defisit.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi 3 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Buku dan sumber lain yang relevan.
3. OHP, komputer, dan internet.
20 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan Ganda
Berilah tanda (×) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1) Bentuk kerja sama bilateral antara Indonesia dan Singapura adalah
hubungan kerja sama ....
a. antara kedua negara
b. dalam rangka kegiatan ASEAN
c. dalam posisinya sebagai anggota AFTA
d. dalam perannya sebagai anggota APEC
2) Seandainya kalian dikirim oleh pemerintah ke Jepang dalam rangka
hubungan persahabatan Indonesia – Jepang, berarti kalian
mengemban misi hubungan ....
a. bilateral c. internasional
b. regional d. antarregional
3) Perbedaan kerja sama regional dan internasional tampak pada ....
a. jumlah anggotanya
b. wilayah kegiatannya
c. jenis kegiatannya
d. tujuan pembentukannya
4) Tindakan pengusaha Indonesia dalam menanggapi berlakunya
AFTA pada tahun 2003 adalah ....
a. tetap melakukan kegiatan pemasaran dalam negeri
b. menganggap berlakunya AFTA tak ada pengaruhnya
c. menunggu kegiatan pengusaha di negara-negara lain
d. aktif melakukan pemasaran ke negara-negara Asia Tenggara
5) Berikut adalah bentuk kerja sama internasional, kecuali ....
a. OPEC c. WTO
b. APEC d. FAO
6) Komite ASEAN yang berkedudukan di Singapura adalah ....
a. COTT c. COFAF
b. COIME d. COTAC
7) Guna menanggapi berlakunya pasar global maka ....
a. negara-negara ASEAN membentuk AFTA
b. negara-negara Asia Tenggara membentuk ASEAN
c. pembentukan AFTA diikuti pembentukan ASEAN
d. ASEAN dan AFTA dibentuk dalam waktu bersamaan
21 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
8) Berikut ini merupakan bentuk organisasi kerja sama regional,
kecuali ....
a. WTO c. ASEAN
b. Uni Eropa d. APEC
9) WTO dapat mengenakan sanksi BMAD kepada negara yang
melakukan ....
a. dumping c. monopsoni
b. monopoli d. penyelundupan
10) Pengiriman TKI/TKW ke luar negeri merupakan ....
a. penanaman modal tenaga kerja
b. ekspor tenaga kerja
c. impor jasa
d. ekspor jasa
b. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1) Sebutkan tujuan kerja sama ekonomi antarnegara!
2) Sebutkan contoh kerja sama ekonomi regional dan internasional
yang diikuti oleh Indonesia!
3) Bagaimana peranan Indonesia di dalam OPEC?
4) Deskripsikan yang dimaksud dengan neraca perdagangan!
5) Mengapa Indonesia selalu aktif terlibat dalam kerja sama ekonomi
antarnegara?
c. Tes Penugasan
Siswa diberi tugas untuk membuat kliping dari berita-berita di koran
atau majalah tentang kerja sama ekonomi antarnegara, terutama yang
melibatkan Indonesia.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.
22 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : IX/2
Alokasi Waktu : 4 × 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan pemerintahan dan kerja sama
internasional
Kompetensi Dasar : 7.5 Mendeskripsikan dampak kerja sama antarnegara
terhadap perekonomian Indonesia
Indikator : 1. Menunjukkan dampak kerja sama ekonomi internasional
secara umum
2. Menunjukkan dampak positif kerja sama ekonomi regional
dan internasional terhadap Indonesia
3. Menyebutkan bentuk kerja sama ekonomi regional dan
internasional, misal ASEAN, WTO, dan IMF serta
dampak positifnya terhadap Indonesia
4. Menunjukkan contoh dampak ketergantungan Indonesia
terhadap negara maju atau organisasi internasional
5. Menunjukkan contoh dampak dominasi antarnegara
6. Menunjukkan dampak positif dan negatif kerja sama
internasional terhadap masyarakat di daerah
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
1. mengidentifikasi dampak umum kerja sama ekonomi regional dan
internasional bagi Indonesia;
2. mengidentifikasi dampak khusus kerja sama ekonomi regional dan
internasional bagi Indonesia.
B. Materi Pokok
Dampak kerja sama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, observasi, tanya jawab
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang
akan dicapai.
b. Guru sedikit mengulang tentang materi kerja sama ekonomi antarnegara.
23 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diarahkan untuk dapat menyimpulkan dampak
kerja sama ekonomi antarnegara secara umum.
c. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan dampak
positif kerja sama ekonomi regional dan internasional terhadap Indonesia.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan dampak
positif setiap bentuk kerja sama regional dan internasional terhadap
Indonesia.
3. Kegiatan Akhir
a. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku
materi sebagai pekerjaan rumah.
b. Guru memberi gambaran umum materi yang akan dibahas pada
pertemuan berikutnya.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan kembali materi yang lalu dengan membahas tugas yang
telah dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diarahkan untuk menunjukkan dampak negatif
kerja sama internasional yang berupa ketergantungan Indonesia
terhadap negara lain.
c. Dengan berdiskusi, siswa diarahkan untuk menunjukkan dampak negatif
kerja sama internasional yang berupa dominasi suatu negara atas negaranegara
lain.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan dampak
positif dan negatif kerja sama internasional terhadap masyarakat di daerah.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi 3 terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
2. Buku dan sumber lain yang relevan.
3. OHP, komputer, dan internet.
24 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan Ganda
Berilah tanda (×) pada jawaban yang kalian anggap benar!
1) Sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 dan politik luar negeri bebas
aktif, keterlibatan Indonesia dalam kerja sama regional dan
internasional adalah untuk kepentingan ....
a. daerah
b. hari depan
c. nasional
d. seluruh dunia
2) Bukti peran aktif Indonesia dalam APEC adalah ....
a. ikut menjadi anggota APEC
b. ikut menghadiri KTT APEC
c. satu-satunya negara ASEAN yang masuk APEC
d. di Universitas Indonesia dibuka kantor APEC
3) Sesuai dengan kesepakatan WTO, terhadap negara yang melakukan
dumping dan merugikan Indonesia maka Indonesia dapat ....
a. menuntut ke Mahkamah Internasional
b. menuntut ke Mahkamah Agung Indonesia
c. mengenakan sanksi BMAD
d. mengenakan sanksi menurut hukum
4) Paman sebagai pengusaha besar akan memanfaatkan kerja sama
ekonomi internasional untuk memperoleh tambahan modal dengan
cara meminjam modal kepada ....
a. IFC
b. WTO
c. FAO
d. APEC
5) Organisasi kerja sama internasional yang memberi pinjaman kepada
Indonesia pada saat mengalami krisis ekomoni adalah ....
a. WTO
b. IFC
c. OPEC
d. CGI
25 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
6) Ir. Purnomo Yusgiantoro pernah menjabat sebagai Sekretaris
Jenderal OPEC. Hal itu menunjukkan ...
a. peran Indonesia dalam kancah perekonomian regional
b. Indonesia mutlak dapat menentukan harga minyak dunia
c. peran Indonesia dalam kancah perekonomian dunia
d. Indonesia selalu mengikuti harga minyak dunia
7) Untuk pemeliharaan kesehatan anak-anak, Indonesia mendapat
bantuan dari ....
a. WHO
b. IMF
c. UNICEF
d. UNESCO
8) Berikut yang bukan merupakan contoh-contoh kerja sama ekonomi
bilateral adalah ....
a. Indonesia membeli pesawat tempur dari Rusia
b. di Jakarta berlangsung pertemuan tingkat menteri ASEAN
c. perusahaan sanitary Indonesia memasarkan produknya ke
Malaysia
d. wisatawan dari Jepang berkunjung ke Danau Toba
9) Hak special drawing rights (SDR) diberikan kepada negara yang
mengalami ....
a. neraca perdagangan pasif
b. neraca perdagangan aktif
c. neraca pembayaran defisit
d. neraca pembayaran surplus
10) Berikut yang bukan merupakan dampak kerja sama ekonomi regional
dan internasional secara umum adalah ....
a. negara-negara di dunia dapat saling membantu
b. kebutuhan negara-negara anggota tercukupi
c. terjalin persahabatan antarnegara anggota
d. negara yang neraca pembayarannya surplus dapat meminta
SDR
b. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1) Bagaimana dampak positif kerja sama internasional terhadap
perekonomian Indonesia?
2) Deskripsikan tentang dominasi suatu negara terhadap negara lain!
Sebutkan contohnya!
3) Mengapa kerja sama ekonomi antarnegara juga dapat menimbulkan
dampak negatif?
26 KTSP IPS Ekonomi SMP 3 R1
4) Mengapa suatu negara dapat memiliki ketergantungan dengan
negara lain?
5) Bagaimana agar kerja sama ekonomi antarnegara dapat saling
menguntungkan di antara negara-negara yang terlibat?
c. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan contoh dampak positif dan negatif adanya kerja
sama ekonomi antarnegara yang dirasakan oleh masyarakat di daerah
tempat tinggalnya.
........................, ...............
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah
(________________) (________________)
NIP. NIP.