selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, February 23, 2009

RPP KLS 8

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber
daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
2. Mengidentifikasi sebab-sebab kebutuhan manusia
beraneka ragam
3. Menyusun skala prioritas kebutuhan
4. Menunjukkan dua cara pemecahan masalah keterbatasan
sumber daya
5. Menunjukkan contoh pelestarian sumber daya
6. Menunjukkan contoh efisiensi pemanfaatan sumber daya
7. Menunjukkan contoh usaha pelestarian sumber daya
yang dilakukan oleh pemerintah daerah tempat tinggal
8. Menunjukkan sumber daya alam di daerah tempat
tinggal yang dapat digunakan dalam berbagai alternatif
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
• mengidentifikasi kelangkaan merupakan sebab pokok masalah ekonomi;
• mendeskripsikan kebutuhan manusia yang tidak terbatas;
• mengidentifikasi alat pemenuhan kebutuhan manusia;
• mengidentifikasi hubungan kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan
manusia yang tidak terbatas;
• mengidentifikasi ketersediaan sumber daya dan efisiensi pemanfaatannya;
• mendeskripsikan kelangkaan sumber daya dan berbagai alternatif penggunannya.
B. Materi Pokok
Kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
22 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk mengemukakan pengertian
kelangkaan dan menyimpulkan sebagai sebab pokok masalah ekonomi.
c. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menunjukkan berbagai
macam kebutuhan manusia.
d. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat mengidentifikasi faktorfaktor
yang menyebabkan kebutuhan manusia beraneka ragam.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi)
b. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Guru menjelaskan bahwa untuk mencukupi kebutuhan yang bermacammacam
orang harus menentukan pilihan berdasarkan skala prioritas.
c. Guru mendemonstrasikan cara menyusun skala prioritas kebutuhan.
d. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan
masalah keterbatasan sumber daya dan menemukan cara pemecahannya.
Selain itu, menunjukkan cara yang ditempuh pemerintah dalam
usaha pelestariannya dan alternatif penggunaannya.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 1. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Gambar berbagai jenis kebutuhan manusia serta berbagai sumber daya
ekonomi.
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
23 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Deskripsikan apa yang dimaksud dengan kelangkaan!
2. Mengapa peradaban dapat memengaruhi kebutuhan manusia?
3. Bagaimana cara menentukan skala prioritas dalam memenuhi
kebutuhan?
4. Mengapa sumber daya alam harus dilestarikan?
5. Bagaimana cara melestarikan sumber daya alam?
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan contoh cara menyusun skala prioritas
kebutuhannya masing-masing.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
24 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 4.2 Mendeskripsikan pelaku ekonomi rumah tangga,
masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
Indikator : 1. Menyebutkan pelaku-pelaku dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
2. Mengemukakan peran rumah tangga sebagai pelaku
ekonomi
3. Menunjukkan contoh faktor produksi tenaga kerja dan
modal yang dipasok oleh rumah tangga keluarga
4. Menyebutkan kegiatan pokok ekonomi yang dilakukan
oleh rumah tangga keluarga
5. Mengidentifikasikan persamaan peran rumah tangga
keluarga dengan masyarakat dalam negeri sebagai
pelaku ekonomi
6. Menunjukkan peran masayarakat luar negeri sebagai
pelaku ekonomi
7. Mendeskripsikan peran pokok perusahaan sebagai
pelaku ekonomi
8. Mendeskripsikan peran koperasi sebagai pelaku ekonomi
9. Menunjukkan contoh kegiatan pemerintah sebagai
pelaku ekonomi secara langsung
10. Mendeskripsikan kebijaksanaan pemerintah dalam
usaha memproduksi barang dan jasa yang dibutuhkan
masyarakat
11. Mendeskripsikan secara singkat hubungan antarpelaku
ekonomi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan kegiatan ekonomi masyarakat;
• mengidentifikasi hubungan antarpelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi
masyarakat.
B. Materi Pokok
Pelaku-pelaku ekonomi dalam masyarakat
25 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
menyebutkan para pelaku ekonomi di dalam masyarakat.
c. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk mengetahui peran
rumah tangga keluarga dalam kegiatan ekonomi.
d. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
menyebutkan kegiatan pokok ekonomi keluarga dan persamaannya
dengan kegiatan pokok ekonomi masyarakat.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan observasi dan diskusi, siswa diarahkan untuk dapat menemukan
peran masyarakat luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
b. Siswa diarahkan untuk melaksanakan observasi untuk menemukan
peran perusahaan sebagai pelaku ekonomi.
c. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menyebutkan peran
pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
d. Guru menjelaskan hubungan antarpelaku ekonomi menggunakan bagan
arus lingkar kegiatan ekonomi.
3. Kegiatan Akhir
Guru menutup pembelajaran dengan penugasan, yaitu siswa diminta untuk
mengerjakan soal yang ada di buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 2. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
26 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
2. Buku lain yang relevan
3. Bagan arus lingkar kegiatan ekonomi masyarakat
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Sebutkan para pelaku dalam kegiatan ekonomi di Indonesia!
2. Mengapa peran masyarakat luar negeri juga dibutuhkan dalam
kegiatan ekonomi?
3. Bagaimana peran keluarga dalam kegiatan ekonomi?
4. Bagaimana peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi?
5. Bagaimana hubungan antarpelaku dalam kegiatan ekonomi di Indonesia?
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan hubungan sebuah perusahaan dengan keluarga di
sekitarnya dalam kegiatan ekonomi.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
27 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
masyarakat
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian pasar
2. Mengemukakan ciri-ciri pasar konkret
3. Mengemukakan ciri-ciri pasar abstrak
4. Menunjukkan contoh pasar kondret
5. Menunjukkan contoh-contoh pasar abstrak
6. Mengemukakan kegunaan pasar konkret
7. Mengemukakan kegunaan pasar abstrak
8. Mengidentifikasikan kaitan antara pasar dan distribusi
9. Menyebutkan macam pasar berdasarkan luasnya
kegiatan distribusi
10. Menunjukkan contoh pasar berdasarkan luasnya
kegiatan distribusi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan pasar dalam kegiatan ekonomi;
• mengidentifikasi kaitan antara pasar dan distribusi.
B. Materi Pokok
Bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
mendefinisikan pengertian pasar serta menyebutkan ciri-ciri pasar yang
ada di masyarakat.
28 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
c. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan
contoh pasar konkret dan abstrak beserta kegiatannya.
d. Guru menjelaskan tentang pasar abstrak dan konkret beserta kegunaannya
di dalam kegiatan ekonomi masyarakat.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Guru mengingatkan materi yang lalu dengan membahas tugas yang telah
dikerjakan.
2. Kegiatan Inti
a. Dengan ceramah bervariasi, guru menjelaskan faktor-faktor yang
memengaruhi kegiatan distribusi.
b. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
menyebutkan macam-macam pasar berdasarkan ruang lingkupnya.
c. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
menemukan kaitan antara distribusi dan macam pasar.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 3. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Gambar-gambar berbagai pasar
F. Penilaian
1. Teknik Penilain
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Bagaimana kegunaan pasar konkret bagi kegiatan ekonomi
masyarakat?
2. Sebutkan macam pasar menurut luasnya kegiatan distribusi.
3. Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pasar monopoli dan
berikan contohnya!
29 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
4. Bagaimana kaitan antara distribusi dan jenis pasar?
5. Sebutkan ciri-ciri pasar abstrak!
b. Tes Panugasan
Siswa menunjukkan unsur-unsur dan manfaat pasar yang ada di daerah
sekitar tempat tinggalnya.
Mengetahui ........, ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
30 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.1 Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan
tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan
ekonomi serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian angkatan dan tenaga kerja
2. Mengidentifikasikan tenaga kerja
3. Mengidentifikasikan hubungan antara angkatan kerja
dan tenaga kerja
4. Mengemukakan masalah ketenagakerjaan di Indonesia
5. Mengidentifikasi masalah jumlah tenaga kerja di Indonesia
beserta dampaknya
6. Mengemukakan masalah mutu tenaga kerja di Indonesia
beserta dampaknya
7. Mengemukakan masalah persebaran tenaga kerja di Indonesia
beserta dampaknya
8. Menghitung angka pengangguran berdasarkan data
yang ada
9. Menunjukkan dampak pengangguran terhadap keamanan
lingkungan
10. Mengemukakan kepedulian pemerintah terhadap
permasalahan tenaga kerja
11. Menunjukkan kepedulian masyarakat dan dunia usaha
di daerah tempat tinggal terhadap permasalahan tenaga
kerja
12. Menunjukkan kepedulian terhadap keamanan lingkungan
sebagai akibat pengangguran
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja di Indonesia;
• mendeskripsikan peranan pemerintah dalam upaya penanggulangan
permasalahan tenaga kerja.
B. Materi Pokok
Angkatan kerja dan tenaga kerja
31 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
C. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat mengemukakan pengertian
angkatan kerja.
c. Dengan bagan, guru menjelaskan kaitan antara angkatan kerja dan
tenaga kerja.
d. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diarahkan untuk
mengidentifikasi jumlah, persebaran, dan mutu tenaga kerja di Indonesia
beserta dampaknya dalam ekonomi.
3. Kegiaan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru mananyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Guru mendemonstrasikan cara menghitung angka pengangguran menggunakan
rumus.
c. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan dampak
pengangguran terhadap lingkungan sosial.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menunjukkan
kepedulian pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha terhadap
pengangguran beserta dampaknya.
3. Kegiatan Inti
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
32 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 4. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Tabel dan bagan kependudukan Indonesia serta gambar tentang kondisi
ketanagakerjaan di Indonesia
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Deskripsikan kaitan antara angkatan kerja dan tenaga kerja!
2. Deskripsikan mutu tenaga kerja di Indonesia dan dampaknya!
3. Mengapa jumlah angkatan kerja di Indonesia cenderung
meningkat?
4. Bagaimana akibatnya jika jumlah peningkatan angkatan kerja yang
tidak diimbangi dengan peningkatan kesempatan kerja?
5. Tunjukkan contoh kepedulian kalian atas dampak pengangguran
terhadap lingkungan sosial!
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan mengenai dampak pengangguran terhadap
lingkungan sosial di sekitar tempat tinggalnya.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
33 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.2 Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem
perekonomian Indonesia
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian demokrasi ekonomi yang
merupakan sistem perekonomian Indonesia
2. Mengidentifikasi beberapa ciri positif demokrasi ekonomi
Indonesia
3. Menunjukkan ciri-ciri negatif yang tidak sesuai dengan
demokrasi ekonomi Indonesia
4. Menyebutkan tiga pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian
Indonesia
5. Mengemukakan dua peranan pemerintah dalam sistem
ekonomi Indonesia
6. Menunjukkan contoh-contoh BUMN beserta tugasnya
(kegiatannya)
7. Menunjukkan contoh kegiatan ekonomi yang dilakukan
oleh pemerintah secara langsung
8. Menunjukkan contoh kegiatan produksi, konsumsi, dan
distribusi yang dilakukan oleh pemerintah atau BUMN
9. Menunjukkan contoh kegiatan produksi, konsumsi, dan
distribusi yang dilakukan oleh pemerintah daerah atau
BUMN
10. Menunjukkan contoh kebijaksanaan pemerintah dalam
mengatur kegiatan ekonomi
11. Menunjukkan contoh perusahaan swasta di daerah
tempat tinggal beserta kegiatan, dan peranan perusahaan
tersebut
12. Menunjukkan contoh koperasi di daerah tempat tinggal
13. Mengidentifikasi peran koperasi
14. Menunjukkan beberapa manfaat koperasi
15. Mengemukakan dua prinsip koperasi
16. Menunjukkan contoh bentuk kerja sama antarpelaku
ekonomi
17. Menunjukkan contoh usaha informal dalam masyarakat
34 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan sistem perekonomian Indonesia;
• mengidentifikasi pelaku utama dalam perekonomian Indonesia;
• mendeskripsikan kerja sama antarpelaku ekonomi;
• mengidentifikasi sektor usaha informal.
B. Materi Pokok
Pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan ceramah bervariasi, guru menjelaskan tentang pengertian
demokrasi ekonomi Indonesia beserta ciri-ciri positif dan negatifnya.
c. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diharapkan dapat
menyimpulkan para pelaku ekonomi.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk mengidentifikasi
peran para pelaku ekonomi di Indonesia beserta dengan kegiatannya
yang dapat ditemukan di dalam kehidupan sehari-hari.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh
mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan berdiskusi, siswa diharapkan dapat menyebutkan bentukbentuk
kerja sama antarpelaku ekonomi.
c. Dengan tanya jawab, siswa diharapkan dapat mengemukakan contoh
usaha informal yang ada di masyarakat.
35 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
3. Kegiata Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pelajaran rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 5. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Gambar para pelaku ekonomi di Indonesia; pemerintah, swasta, dan koperasi
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Mengapa sistem ekonomi liberal kurang cocok diberlakukan di
Indonesia?
2. Mengapa peran koperasi dalam perekonomian Indonesia sangat
penting?
3. Bagaimana peran pemerintah dalam perekonomian Indonesia?
4. Sebutkan empat contoh BUMN yanga mengelola sumber daya alam
di Indonesia!
5. Sebutkan dua manfaat koperasi di bidang sosial!
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan berbagai bentuk kerja sama yang dilakukan para
pelaku ekonomi di sekitar tempat tinggal.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
36 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Kompetensi Dasar : 7.3 Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian Indonesia
Indikator : 1. Mengemukakan pengertian pajak
2. Mengemukakan pengertian retribusi
3. Menunjukkan perbedaan antara pajak dan retribusi
4. Menyebutkan unsur-unsur pajak
5. Memberikan contoh pajak
6. Menunjukkan fungsi pajak
7. Menunjukkan kepedulian terhadap kewajiban pajak
8. Menunjukkan contoh pajak yang ditanggung oleh
keluarga
9. Menunjukkan contoh pajak dan retribusi yang ditarik
oleh pemerintah daerah tempat tinggal
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan fungsi pajak sebagai sumber utama pendapatan negara;
• mengidentifikasi pajak yang ditanggung keluarga.
B. Materi Pokok
Perpajakan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, observasi, dan pemberian tugas
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Siswa diarahkan agar melakukan observasi dan diskusi terbatas untuk
dapat mengemukakan pengertian pajak dan retribusi serta perbedaan
keduanya.
37 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
c. Dengan ceramah bervariasi, guru menjelaskan unsur dan jenis pajak.
d. Dengan diskusi terbatas, siswa diarahkan untuk dapat menunjukkan
fungsi-fungsi pajak.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengetahui sejauh
mana pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk memiliki kepedulian
terhadap pembayaran pajak.
c. Dengan tanya jawab, siswa diarahkan untuk menunjukkan contohcontoh
pajak yang ditanggung keluarga.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan contoh
pajak dan retribusi yang ditarik pemerintah daerah tempat tinggal.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 6. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Gambar objek pajak dan hasil-hasil pembangunan di Indonesia.
F. Peniliaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pajak!
2. Bagaimana persamaan serta perbedaan antara pajak dan retribusi?
3. Sebutkan fungsi-fungsi pajak di Indonesia!
38 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
4. Bagaimana cara menunjukkan kepedulian terhadap pembayaran
pajak?
5. Mengapa pemerintah harus menarik pajak dari rakyatnya?
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan berbagai contoh pajak dan retribusi yang ditarik
oleh pemerintah daerah atas masyarakatnya.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP
39 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : IPS Ekonomi
Kelas/Semester : VIII/2
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi : 7. Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta
terbentuknya harga pasar
Indikator : 1. Mendeskripsikan pengertian permintaan secara singkat
2. Mendeskripsikan pengertian permintaan secara lengkap
(luas) sempurna
3. Mendeskripsikan kaitan antara permintaan dan konsumsi
4. Mendeskripsikan pengertian penawaran secara singkat
5. Mendeskripsikan pengertian permintaan secara lengkap
(luas/sempurna)
6. Menunjukkan kaitan antara penawaran dan produksi
7. Menunjukkan hubungan antara permintaan dan penawaran
dalam kaitannya dengan terbentuknya harga pasar
8. Menyebutkan bunyi hukum permintaan
9. Menyebutkan bunyi hukum penawaran
10. Menunjukkan hal-hal yang perlu diingat dalam
melakukan permintaan sesuai dengan etika ekonomi
11. Menunjukkan hal-hal yanga perlu diingat dalam
melakukan penawaran sesuai dengan etika ekonomi
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai melaksanakan pembelajaran, siswa dapat
• mendeskripsikan permintaan barang dan jasa;
• mendeskripsikan penawaran barang dan jasa;
• mendeskripsikan terbentuknya harga keseimbangan.
B. Materi Pokok
Permintaan, penawaran, serta terbentuknya harga keseimbangan
C. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, observasi, pemberian tugas, dan
bermain peran
D. Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Guru mengemukakan materi yang akan dibahas beserta tujuan yang akan
dicapai.
40 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
2. Kegiatan Inti
a. Dengan ceramah bervariasi, siswa diarahkan untuk dapat merumuskan
pengertian permintaan.
b. Guru mendemonstrasikan dengan tabel dan kurva untuk menyimpulkan
pengaruh tingkat harga dan situasi terhadap jumlah permintaan barang
dan jasa.
c. Dengan tanya jawab dan diskusi terbatas, siswa diarahkan untuk dapat
menyebutkan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi masyarakat
sekaligus jumlah permintaan barang dan jasa.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Dengan ceramah bervariasi, siswa diarahkan untuk dapat merumuskan
pengertian penawaran.
c. Guru mendemonstrasikan dengan tabel dan kurva untuk menyimpulkan
pengaruh tingkat harga dan situasi jumlah terhadap penawaran barang
dan jasa.
d. Siswa diarahkan agar melaksanakan observasi untuk menemukan halhal
yang mendorong dan menghambat kegiatan produksi sekaligus
berpengaruh terhadap penawaran barang dan jasa.
3. Kegiatan Akhir
Siswa diminta untuk mengerjakan tugas yang terdapat di dalam buku materi
sebagai pekerjaan rumah.
Pertemuan Ke-3
1. Kegiatan Awal
a. Guru menanyakan materi yang lalu (apersepsi).
b. Guru membahas tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan secara lisan untuk mengukur sejauh mana
pengetahuan siswa tentang materi yang akan dibahas.
b. Guru membimbing siswa untuk bermain peran sebagai penjual dan
pembeli yang sedang melakukan tawar-menawar sehingga dapat
disimpulkan proses terbentuknya harga pasar.
41 KTSP IPS Ekonomi SMP 2 R1
c. Guru menjelaskan terbentuknya harga pasar dengan menggunakan tabel
dan kurva permintaan serta penawaran.
d. Siswa diarahkan agar melakukan observasi untuk menemukan hal-hal
yang berkaitan dengan permintaan dan penawaran yang sesuai dengan
etika ekonomi.
3. Kegiatan Belajar
a. Siswa mengadakan tes tertulis (sebagai penilaian hasil belajar).
b. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas dan lembar portofolio yang
terdapat di dalam buku materi sebagai pekerjaan rumah.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Buku IPS Ekonomi SMP/MTs. Jilid 2, Bab 7. Penerbit PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
2. Buku lain yang relevan
3. Tabel dan kurva permintaan serta penawaran
F. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis b. Tes penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes Tertulis
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Bagaimana bunyi hukum permintaan dan bagaimana hukum
tersebut dapat berlaku?
2. Bagaimana bunyi hukum penawaran dan bagaimana hukum
tersebut dapat berlaku?
3. Sebutkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi permintaan
masyarakat akan suatu barang atau jasa!
4. Bagaimana terbentuknya harga pasar suatu barang atau jasa?
5. Bagaimana etika dalam melakukan permintaan dan penawaran
suatu barang atau jasa?
b. Tes Penugasan
Siswa menunjukkan proses tawar-menawar sehingga dapat membentuk
suatu harga keseimbangan.
Mengetahui ........., ........................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
______________ ________________
NIP NIP

No comments: