selamat datang blog yudi erwanto SELAMAT DATANG

Monday, February 16, 2009

RPP EKONOMI KELAS X

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 2 x pertemuan
Alokasi waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem
ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator : • Menjelaskan kebutuhan menurut intensitas.
• Menjelaskan kebutuhan menurut sifat.
• Menjelaskan kebutuhan menurut subjek.
• Menjelaskan kebutuhan menurut waktu.
• Menjelaskan berbagai jenis barang.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi kebutuhan manusia;
• mendeskripsikan barang sebagai alat pemuas kebutuhan.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kebutuhan manusia.
• Barang sebagai alat pemenuhan kebutuhan
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari kebutuhan manusia beserta macammacamnya.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang kebutuhan manusia beserta macammacamnya.
• Memberikan contoh berbagai kebutuhan manusia.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi kebutuhan masing-masing.
• Mengadakan latihan.
17 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari barang sebagai alat pemuas
kebutuhan manusia beserta macam-macamnya.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang barang sebagai alat pemuas kebutuhan
manusia beserta macam-macamnya.
• Memberikan contoh berbagai jenis barang.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai jenis barang.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Mengapa jenis dan jumlah kebutuhan manusia selalu berkembang?
2) Sebutkan cara pengelompokkan kebutuhan manusia!
3) Sebutkan cara pengelompokkan barang sebagai alat pemuas
kebutuhan!
18 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
4) Sebutkan kebutuhan manusia berdasarkan intensitasnya!
5) Sebutkan faktor-faktor yang menjadi pertimbangan di dalam
memenuhi kebutuhan!
b. Penugasan
Identifikasi dan klasifikasilah kebutuhan Anda beserta keluarga
berdasarkan atas cara pengelompokkannya!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
19 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem
ekonomi.
Kompetensi Dasar : • Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang
langka dan kebutuhan manusia.
• Mengidentifikasi masalah ekonomi, yaitu tentang apa,
bagaimana, dan untuk siapa barang diproduksi.
Indikator : • Mendeskripsikan kelangkaan sumber ekonomi.
• Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan
kelangkaan.
• Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan kelangkaan sumber ekonomi;
• megidentifikasi masalah pokok ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Kelangkaan sumber ekonomi.
• Masalah pokok ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari kelangkaan sumber
ekonomi dan masalah pokok ekonomi.
• Melakukan tanya jawab tentang kelangkaan sumber ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan kelangkaan sumber ekonomi.
• Menjelaskan masalah pokok ekonomi.
• Memberikan contoh kelangkaan sumber ekonomi.
• Mendiskusikan masalah pokok ekonomi.
20 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan kelangkaan!
2) Sebutkan faktor-faktor yang dapat menyebabkan kelangkaan!
3) Mengapa setiap organisasi ekonomi akan selalu menghadapi
permasalahan ekonomi?
4) Sebutkan permasalahan yang biasa dihadapi oleh organisasi
ekonomi!
5) Bagaimana suatu permasalahan yang biasa dihadapi oleh organisasi
ekonomi tidak lagi menjadi suatu persoalan?
b. Penugasan
1) Amati dan klasifikasikan sumber daya ekonomi yang langka di
lingkungan tempat tinggal Anda!
2) Kunjungi dan tanyakan berbagai permasalahan ekonomi yang biasa
dihadapi perusahaan dan pemerintah di lingkungan Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
21 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasikan hilangnya kesempatan pada tenaga
kerja jika melakukan produksi di bidang lain.
Indikator : • Menunjukkan pilihan kesempatan produksi oleh tenaga
kerja.
• Menentukan biaya kesempatan pada tenaga kerja
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu menentukan
pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pilihan kesempatan produksi oleh tenaga kerja
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang pilihan kesempatan produksi oleh
tenaga kerja.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang pilihan kesempatan produksi yang dimiliki
oleh setiap tenaga kerja.
• Memberikan contoh berbagai pilihan kesempatan produksi oleh seorang
tenaga kerja.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai pilihan kesempatan
produksi oleh seorang tenaga kerja.
• Mengadakan latihan.
22 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana seseorang dapat dikatakan melakukan pengorbanan di
dalam memilih suatu pekerjaan?
2) Sebutkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi seseorang dalam
menentukan suatu pekerjaan!
3) Bagaimana cara menghitung besarnya peluang dari penentuan suatu
jenis pekerjaan oleh seseorang?
b. Penugasan
Kunjungi dan tanyakan kepada tetangga Anda mengenai kemungkinan
hilangnya kesempatan mereka dalam menentukan suatu pekerjaan.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
23 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan
masalah ekonomi.
Indikator : • Mendeskripsikan sistem ekonomi tradisional.
• Mendeskripsikan sistem ekonomi liberal atau kapital.
• Mendeskripsikan sistem ekonomi sosialis.
• Mendeskripsikan sistem ekonomi campuran.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi
sistem ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Sistem ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang sistem ekonomi yang ada di
masyarakat.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang sistem ekonomi yang digunakan oleh
berbagai negara di dunia.
• Memberikan contoh-contoh sistem ekonomi yang digunakan oleh suatu
negara.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi ciri-ciri berbagai sistem
ekonomi.
• Mengadakan latihan.
24 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang telah
dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 1.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan sistem ekonomi!
2) Sebutkan berbagai sistem ekonomi yang ada di dunia!
3) Bagaimana kebaikan sistem ekonomi liberal jika dikaitkan dengan
iklim usaha?
4) Uraikan sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia?
5) Mengapa banyak negara-negara di dunia yang menganut sistem
ekonomi campuran.
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah ciri-ciri sistem ekonomi yang berlaku di Indonesia.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
25 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen
dalam kegiatan ekonomi.
Indikator : • Mengidentifikasikan perilaku produsen dan konsumen.
• Mencontohkan perilaku konsumen.
• Mencontohkan perilaku produsen.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu menganalisis
pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
Perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
• Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang perilaku konsumen dan produsen dalam
kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang perilaku konsumen dan produsen dalam
kegiatan ekonomi.
• Memberikan contoh perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan
ekonomi.
• Menugaskan siswa untuk membuat deskripsi perilaku konsumen dan
produsen dalam kegiatan ekonomi.
• Mengadakan latihan
26 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel, dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi!
2) Bagaimana perilaku konsumen dalam mengonsumsi barang atau
jasa?
3) Bagaimana bunyi hukum keterbatasan peningkatan produksi?
4) Mengapa setiap orang perlu melakukan kegiatan konsumsi?
5) Bagaimana kaitan kegiatan konsumsi yang dilakukan oleh
masyarakat dengan kegiatan produksi?
b. Penugasan
Amati dan deskripsikan perilaku konsumen dan produsen dalam
kegiatan ekonomi di sekitar tempat tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
27 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 3 × pertemuan
Alokasi waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen.
Indikator : • Menunjukkan peran konsumen dan produsen.
• Mendeskripsikan peran rumah tangga dalam ekonomi.
• Mendeskripsikan peran perusahaan dalam kegiatan
ekonomi.
• Mendeskripsikan peran pemerintah dalam kegiatan
ekonomi.
• Mendeskripsikan peran masyarakat luar negeri dalam
kegiatan ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan peran produsen dan konsumen;
• mendeskripsikan peran rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan
masyarakat luar negeri dalam perekonomian.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Peran produsen dan konsumen.
• Peran rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri
dalam kegiatan ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari peran pordusen dan konsumen dalam
kegiatan ekonomi.
28 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan peran produsen dan konsumen dalam kegiatan ekonomi.
• Memberi contoh peran produsen dan konsumen.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai peran produsen
dan konsumen dalam kegiatan ekonomi.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
• Menjelasan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari peran rumah tangga
dan perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
• Melakukan tanya jawab tentang peran rumah tangga dan perusahaan
dalam kegiatan ekonomi
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi.
• Menjelaskan materi tentang peran perusahaan dalam kegiatan ekonomi.
• Mendiskusikan berbagai peran rumah tangga dan perusahaan dalam
kegiatan ekonomi.
• Memberikan contoh peran rumah tangga dan perusahaan dalam kegiatan
ekonomi.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pembelajaran yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-3
1. Kegiatan Awal
• Menjelasan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari peran pemerintah
dan sektor luar negeri dalam kegiatan ekonomi.
29 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Melakukan tanya jawab tentang peran pemerintah dan sektor luar negeri
dalam kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi.
• Menjelaskan materi tentang peran sektor luar negeri dalam kegiatan
ekonomi.
• Mendiskusikan berbagai peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam
kegiatan ekonomi.
• Memberikan contoh peran pemerintah dan sektor luar negeri dalam
kegiatan ekonomi.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana peran produsen dan konsumen dalam kegiatan
ekonomi?
2) Bagaimana peran rumah tangga dalam kegiatan ekonomi?
3) Sebutkan peran pemerintah dalam kegiatan ekonomi di Indonesia!
4) Mengapa dalam kegiatan ekonomi juga melibatkan peran sektor
luar negeri?
5) Sebutkan perbedaan antara kegiatan konsumsi oleh sektor rumah
tangga dan kegiatan investasi oleh sektor perusahaan!
30 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah peran produsen dan konsumen yang ada di
sekitar tempat tinggal Anda! Klasifikasikan juga peran mereka dalam
kegiatan ekonomi!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
31 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
kegiatan ekonomi konsumen dan produsen.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan circulair flow diagram.
Indikator : • Menggambarkan diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Menyebutkan manfaat diagram interaksi pelaku
ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan circulair flow diagram;
• menunjukkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang manfaat diagram interaksi pelaku
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Menjelaskan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Memberikan contoh manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.
• Menugaskan siswa untuk membuat diagram pelaku ekonomi di
daerahnya.
• Mengadakan latihan.
32 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 2.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana hubungan antara rumah tangga dan perusahaan dalam
kegiatan ekonomi?
2) Bagaimana bentuk arus timbal balik dalam kegiatan ekonomi antara
sektor rumah tangga dan pemerintah?
3) Sebutkan empat sektor para pelaku ekonomi!
4) Bagaimana arus uang dan arus barang dalam interaksi para pelaku
ekonomi?
5) Sebutkan manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi!
b. Penugasan
Amati dan gambarkan diagram interaksi pelaku ekonomi antara rumah
tangga dan perusahaan yang ada di tempat tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
33 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan dan penawaran.
Indikator : • Menyebutkan pengertian permintaan dan penawaran.
• Menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan.
• Menunjukkan faktor-faktor yang memengaruhi
penawaran.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mengidentifikasi
faktor-faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian permintaan dan penawaran.
• Faktor yang memengaruhi permintaan dan penawaran.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang permintaan, penawaran, serta faktorfaktor
yang memengaruhi permintaan dan penawaran.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan pengertian permintaan.
• Menjelaskan pengertian penawaran.
• Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.
• Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi penawaran.
• Memberikan contoh berbagai faktor yang memengaruhi permintaan
dan penawaran suatu barang
34 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang
memengaruhi permintaan dan penawaran suatu barang di pasar.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana tingkat pendapatan dapat memengaruhi permintaan
suatu barang?
2) Sebutkan faktor-faktor yang dapat memengaruhi penawaran suatu
barang?
3) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan ceteris paribus!
4) Apakah selera dapat memengaruhi permintaan?
5) Mengapa harga barang subsitusi juga dapat memengaruhi
permintaan suatu barang?
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah berbagai faktor yang dapat memengaruhi
permintaan dan penawaran suatu barang yang terjadi di sekitar tempat
tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
35 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran
serta asumsi yang mendasarinya.
Indikator : • Menjelaskan hukum permintaan.
• Membuat contoh tabel dan kurva permintaan.
• Menjelaskan hukum penawaran.
• Membuat contoh tabel dan kurva penawaran.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu menganalisis
hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsi yang mendasarinya.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Hukum, tabel, serta kurva permintaan dan penawaran.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan materi tentang manfaat mempelajari hukum, tabel, serta
kurva permintaan dan penawaran.
• Melakukan tanya jawab mengenai hukum, tabel, serta kurva permintaan
dan penawaran.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan hukum, tabel, serta kurva permintaan.
• Menjelaskan hukum, tabel, serta kurva penawaran.
• Memberikan contoh cara membuat tabel ataupun kurva permintaan.
• Memberikan contoh cara membuat tabel ataupun kurva penawaran.
36 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Menugaskan siswa untuk mengumpulkan data tentang permintaan
maupun penawaran suatu barang, selanjutnya dibuat tabel maupun
kurvanya.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan tabel permintaan!
2) Mengapa kurva penawaran memiliki lereng menanjak?
3) Bagaimana arah lereng kurva permintaan?
4) Bagaimana bunyi hukum permintaan?
5) Bagaimana hukum penawaran atas suatu barang dapat berlaku?
b. Penugasan
Kunjungi dan tanyakanlah kepada pemilik toko atau kios di sekitar
tempat tinggal Anda mengenai permintaan dan penawaran suatu barang.
Buatlah dalam bentuk tabel dan gambarkan kurvanya.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
37 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah
keseimbangan.
Indikator : • Mendefinisikan harga keseimbangan.
• Mendemonstrasikan terbentuknya harga pasar.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
proses terbentuknya harga dan output keseimbangan serta menggambarkan
grafiknya.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Harga dan jumlah keseimbangan.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang harga dan jumlah keseimbangan.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi mengenai harga dan jumlah keseimbangan.
• Memberikan contoh proses terbentuknya harga dan jumlah
keseimbangan.
• Menugaskan siswa untuk menentukan harga dan jumlah keseimbangan
suatu barang.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
38 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
V. Alat dan Sumber Belajar
• Grafik, gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan harga keseimbangan!
2) Bagaimana proses terbentuknya harga pasar suatu barang?
3) Apakah harga keseimbangan suatu barang dapat bergeser? Uraikan
kondisi-kondisi yang menyebabkannya!
b. Penugasan
Kunjungi dan amatilah interaksi para penjual dan pembeli di pasar
sehingga dapat membentuk harga keseimbangan.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
39 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang.
Indikator : • Mengidentifikasi pasar persaingan bebas sempurna.
• Mengidentifikasikan pasar monopoli.
• Mengidentifikasi pasar ologopoli.
• Mengidentifikasi pasar monopolistik.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Berbagai bentuk pasar.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi berbagai bentuk pasar.
• Melakukan tanya jawab tentang bentuk-bentuk pasar.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang bentuk-bentuk pasar.
• Mendiskusikan berbagai bentuk pasar.
• Memberikan contoh masing-masing bentuk pasar.
• Menugaskan siswa untuk melakukan identifikasi karakteristik pasar
yang ada di daerahnya.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
40 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Grafik, gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan ciri banyak penjual dan
pembeli dalam pasar persaingan sempurna!
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan ciri barang yang homogen!
3) Sebutkan macam-macam pasar menurut struktur organisasinya!
4) Jika ada produsen baru ikut menghasilkan barang dan menjualnya
ke pasar persaingan sempurna, bagaimana pengaruhnya terhadap
harga?
5) Sebutkan beberapa kebaikan pasar monopoli!
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah berbagai jenis struktur pasar di daerah Anda
beserta ciri-cirinya!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
41 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan pasar input.
Indikator : • Mengidentifikasi pasar uang.
• Mengidentifikasi pasar modal.
• Mengidentifikasi pasar tenaga kerja.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
pasar input.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pasar input.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Melakukan tanya jawab tentang pasar input.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan materi tentang pasar input.
• Memberikan contoh berbagai macam pasar input.
• Menugaskan siswa untuk membuat deskripsi pasar input yang ada di
sekitarnya.
• Mengadakan pelatihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
42 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
V. Alat dan Sumber Belajar
• Grafik, gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 3.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan pasar uang!
2) Sebutkan perbedaan antara pasar uang dan pasar modal!
3) Mengapa keberadaan pasar modal perlu dipertahankan?
4) Deskripsikan apa yang dimaksud pasar tenaga kerja!
5) Sebutkan kebaikan dengan adanya pasar tenaga kerja!
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah karakteristik pasar input yang ada di daerah
tempat tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
43 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan
makro.
Indikator : • Menunjukkan perbedaan ekonomi mikro dengan
makro.
• Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang
ekonomi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro;
• mendeskripsikan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Perbedaan ekonomi mikro dan makro.
• Peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi perbedaan ekonomi makro
dan mikro, peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab tentang perbedaan ekonomi makro dan mikro.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan perbedaan antara ekonomi makro dan mikro.
• Menjelaskan peran dan fungsi pemerintah di bidang ekonomi.
• Memberikan contoh berbagai peran dan fungsi pemerintah di bidang
ekonomi.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi berbagai peran dan fungsi
pemerintah daerahnya di bidang ekonomi.
• Mengadakan latihan.
44 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil penugasan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi mikro!
2) Tunjukkan permasalahan yang dibahas dalam teori ekonomi makro!
3) Bagaimana peran pemerintah dalam mengatasi permasalahan
ekonomi jika dikaitkan dengan teori ekonomi?
4) Bagaimana kaitan antara ekonomi mikro dan makro?
5) Mengapa dalam analisis ekonomi perlu mengetahui komponenkomponen
ekonomi mikro dan makro?
b. Penugasan
Identifikasilah peran dan fungsi pemerintah daerah di tempat tinggal
Anda dalam bidang ekonomi.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
45 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi
pemerintah di bidang ekonomi.
Indikator : • Menunjukkan permasalahan ekonomi negara
berkembang.
• Menunjukkan permasalahan ekonomi negara maju.
• Menunjukkan permasalahan ekonomi Indonesia.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara berkembang;
• mengidentifikasi masalah ekonomi yang dihadapi negara maju;
• mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
bidang ekonomi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Menjelaskan cakupan materi pembelajaran.
• Menjelaskan manfaat mempelajari materi masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
• Melakukan tanya jawab mengenai masalah-masalah yang dihadapi
pemerintah di bidang ekonomi.
2. Kegiatan Inti
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara
berkembang.
• Menjelaskan berbagai masalah ekonomi yang dihadapi negara maju.
• Menjelaskan berbagai masalah yang dihadapi pemerintah Indonesia di
bidang ekonomi.
46 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Memberikan contoh masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah.
• Menugaskan siswa untuk mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi
yang dihadapi pemerintah daerahnya.
• Mengadakan latihan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Gambar atau foto.
• Berbagai informasi dari artikel dan kasus yang ada di media massa.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 4.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara
berkembang!
2) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi negara-negara maju!
3) Sebutkan permasalahan ekonomi yang dihadapi pemerintah Indonesia!
4) Bagaimana pemerintah Indonesia mengatasi permasalahan
ekonomi yang sedang dihadapi?
5) Tunjukkan berbagai kebijakan pemerintah dalam rangka mengatasi
permasalahan ekonomi!
b. Penugasan
Amati dan identifikasilah berbagai masalah ekonomi yang dihadapi
pemerintah daerah tempat tinggal Anda! Identifikasikan juga kebijakankebijakan
untuk mengatasi permasalahan tersebut!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
47 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami PDB, PDRB, PNB, dan PN
Kompetensi Dasar : Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN
Indikator : • Mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, PN,
pendapatan disposibel, dan pendapatan per kapita.
• Mendeskripsikan komponen- komponen pendapatan
nasional.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu mendeskripsikan
konsep PDB, PDRB, PNB, PN, pendapatan disposibel, dan pendapatan per
kapita.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Beberapa istilah pendapatan nasional.
• Komponen-komponen pendapatan nasional.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang istilah-istilah
pendapatan nasional
• Menyampaikan materi ajar.
• Memberi tugas peserta didik untuk merangkum istilah-istilah dan
komponen-komponen pendapatan nasional.
• Memberi tugas peserta didik untuk mengomunikasikan hasil rangkumannya
di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil rangkuman yang dibuat peserta didik.
48 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi tugas rumah peserta didik untuk mencari besarnya PDB Indonesia
dan PDRB provinsi di Indonesia.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Bagan konsep pendapatan nasional.
• Televisi dan internet.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Sebutkan perbedaan antara GNP dan GDP!
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan transfer payment!
3) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan PDRB!
4) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan disposable income!
5) Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam personal income!
b. Penugasan
Hitunglah besarnya PDB Indonesia dan PDRB beberapa provinsi di
Indonesia di media cetak ataupun elektronik.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
49 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 2 × pertemuan
Alokasi waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami PDB, PDRB, PNB, dan PN
Kompetensi Dasar : Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional
Indikator : • Mendeskripsikan cara penghitungan pendapatan
nasional dengan metode pendapatan, produksi, dan
pengeluaran.
• Menguraikan manfaat perhitungan pendapatan
nasional.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
mendeskripsikan perhitungan pendapatan nasional serta dapat menguraikan
manfaatnya.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Metode perhitungan pendapatan nasional
• Manfaat perhitungan pendapatan nasional
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang metode
perhitungan pendapatan nasional.
• Menyampaikan materi ajar.
• Mendiskusikan kesulitan-kesulitan dalam perhitungan pendapatan nasional.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
50 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menghitung
besarnya pendapatan per kapita keluarga dan tetangga.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan apersepsi yang relevan dengan
materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang manfaat
perhitungan pendapatan nasional.
• Menyampaikan materi ajar.
• Mendiskusikan manfaat perhitungan pendapatan nasional bagi
kehidupan perekonomian suatu negara.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Bagan konsep pendapatan nasional.
• Televisi dan internet.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana cara menghitung pendapatan per kapita?
2) Sebutkan tujuan dan manfaat mempelajari pendapatan nasional!
3) Sebutkan manfaat perhitungan pendapatan per kapita terhadap
analisis ekonomi masyarakat!
51 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
4) Bagaimana cara perhitungan pendapatan nasional dari sisi
produksi?
5) Deskripsikan pengertian pendapatan nasional dari sisi pengeluaran!
b. Penugasan
Hitunglah pendapatan per kapita keluarga dan beberapa tetangga Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
52 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami PDB, PDRB, PNB, dan PN
Kompetensi Dasar : Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia
dengan negara lain.
Indikator : Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia
dengan negara lain.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu membandingkan
PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Perbandingan pendapatan nasional suatu negara.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang pendapatan per
kapita.
• Menyampaikan materi ajar.
• Mendiskusikan arti pentingnya pendapatan per kapita bagi suatu negara.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk mencari besarnya
PDB dan pendapatan per kapita Indonesia serta negara-negara di dunia.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 5.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
53 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
VI. Penilaian
1. Teknis Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Bagaimana kaitan antara penduduk dan pendapatan per kapita?
2) Mengapa suatu negara perlu membandingkan pendapatan
nasionalnya dengan negara lain?
3) Mengapa pendapatan per kapita Indonesia lebih kecil jika
dibandingkan dengan Singapura dan Malaysia?
b. Penugasan
Carilah besarnya PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dan negara
lain di internet untuk dibandingkan kemudian buatlah kesimpulan.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
54 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 3 × pertemuan
Alokasi waktu : 6 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami PDB, PDRB, PNB, dan PN
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.
Indikator : • Mendefinisikan dan menghitung angka indeks.
• Mendeskripsikan peran indeks harga dalam kehidupan
ekonomi.
• Mengidentifikasi persoalan penting yang perlu
diperhatikan dalam perhitungan angka indeks.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendefinisikan dan menghitung angka indeks;
• mendeskripsikan peran indeks harga dalam kehidupan ekonomi;
• mengidentifikasi persoalan penting yang perlu diperhatikan dalam
perhitungan angka indeks.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian dan penghitungan angka indeks
• Ciri harga dan indeks harga
• Peranan indeks harga dalam ekonomi
• Penyesuaian angka indeks
• Inflasi.
• Cara mengatasi inflasi
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, penugasan, dan pemecahan masalah.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang angka indeks.
• Menyampaikan materi ajar.
55 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Menugasi peserta didik untuk menyusun kliping tentang indeks harga.
3. Kegiatan Akhir
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang inflasi.
• Menyampaikan materi ajar.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan merekam
harga sembilan bahan pokok kemudian menghitung indeks harganya.
3. Kegiatan Akhir
• Pemantapan jawaban siswa.
• Memberikan penguatan atas hasil pengamatan yang dilakukan oleh
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan ke-3
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang cara mengatasi
inflasi
• Menyampaikan materi ajar
• Mengkritisi terjadinya kenaikan harga dari waktu ke waktu kemudian
mencari pemecahannya.
• Mengomunikasikan hasil pemecahan masalah di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pemecahan masalah yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Tabel harga.
56 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 6.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Golongan yang dirugikan apabila terjadi inflasi adalah ....
a. nelayan
b. petani
c. pengusaha
d. pedagang
e. penerima upah tetap
2) Yang dimaksud dengan tahun dasar dalam perhitungan indeks harga
adalah ....
a. tahun yang dibandingkan
b. tahun yang diberi nilai
c. tahun yang dianggap stabil
d. tahun yang dijadikan pembanding
e. tahun yang akan dihitung indeks harganya
3) Inflasi yang disebabkan naiknya biaya produksi disebut ....
a. spiral inflation
b. inflasi terbuka
c. cost push inflation
d. demand pull inflation
e. suppresed inflation
4) Inflasi dapat diatasi dengan mengurangi pengeluaran pemerintah.
Dalam hal ini, pemerintah menggunakan kebijakan ....
a. fiskal
b. moneter
c. riil
d. diskonto
e. uang ketat
5) Demand pull inflation adalah inflasi yang disebabkan ....
a. kenaikan biaya produksi yang terlalu tinggi
b. pengaruh inflasi dari luar negeri
57 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
c. pengangguran yang makin meningkat
d. penawaran barang yang terlampau banyak
e. permintaan masyarakat akan berbagai macam barang terlalu
kuat
b. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan indeks harga!
2) Sebutkan manfaat penghitungan indeks harga dalam perekonomian
suatu negara!
3) Bagaimana penggunaan indeks harga untuk mengetahui laju inflasi?
4) Kemukakan contoh kondisi perekonomian yang menunjukkan
adanya inflasi!
5) Sebutkan dampak buruk dengan terjadinya inflasi di suatu negara!
c. Penugasan
Amati dan catatlah kenaikan harga berbagai jenis barang tertentu yang
berpengaruh terhadap harga barang-barang lain di sekitar tempat tinggal
Anda.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
58 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 2 × pertemuan
Alokasi waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami Konsumsi dan Investasi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan tabungan
Indikator : • Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan tabungan.
• Mendeskripsikan hasrat konsumsi dan tabungan.
• Menghitung besarnya konsumsi dan tabungan.
• Menggambar fungsi konsumsi dan tabungan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan hubungan antara konsumsi dan tabungan;
• mendeskripsikan hasrat konsumsi dan tabungan;
• menghitung besarnya konsumsi dan tabungan;
• menggambar fungsi konsumsi dan tabungan.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Fungsi konsumsi dan tabungan.
• Skala konsumsi dan tabungan.
• Kurva konsumsi dan tabungan.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang konsumsi.
• Menyampaikan materi ajar.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan merekam
data pengeluaran konsumsi keluarga dalam beberapa bulan terakhir.
• Menggambar kurva konsumsi.
59 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengamatan yang dilakukan peserta
didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang tabungan.
• Menyampaikan materi ajar.
• Menugasi peserta didik untuk mengakses data mengenai besarnya
tabungan yang dilakukan oleh suatu keluarga dalam beberapa bulan
terakhir.
• Menggambarkan kurva tabungan.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Tabel tingkat bunga dan jumlah investasi.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 7.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Berikan uraian singkat tentang hasrat konsumsi marginal dan hasrat
konsumsi rata-rata!
2) Apabila fungsi konsumsi C = 50 + 0,6 Y, susunlah skala konsumsi
dan gambarkan kurvanya.
3) Apabila fungsi tabungan S = –50 + 0,2 Y, susunlah skala konsumsi
tabungan dan gambarkan kurvanya.
60 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
b. Penugasan
Datalah besarnya pendapatan, konsumsi, dan tabungan keluarga Anda
dalam sebulan. Susun data tersebut dalam bentuk tabel dan gambarkan
kurvanya.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
61 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 2 × pertemuan
Alokasi waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan fungsi investasi.
Indikator : • Mendeskripsikan fungsi investasi.
• Mendeskripsikan hasrat investasi.
• Menghitung besarnya investasi.
• Menggambarkan fungsi investasi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan hubungan antara tingkat bunga dengan investasi;
• mendeskripsikan hasrat investasi;
• menghitung besarnya investasi;
• menggambarkan fungsi investasi.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Fungsi investasi.
• Skala investasi.
• Kurva investasi.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang hubungan antara
tingkat bunga dan investasi.
• Menyampaikan materi ajar.
• Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mengamati dan merekam
data tingkat bunga dan jumlah investasi di bank dalam beberapa bulan
terakir.
62 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Menyusun daftar tingkat bunga dan jumlah investasi yang terjadi dalam
beberapa bulan terakhir.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang hasrat investasi.
• Menyampaikan materi ajar
• Membahas hubungan antara tingkat bunga dan jumlah investasi yang
terjadi.
• Menggambarkan kurva investasi.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas materi tentang hubungan tingkat bunga
dengan investasi.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Tabel tingkat bunga dan jumlah investasi.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 7.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan investasi otonom!
2) Bagaimana tingkat bunga dapat memengaruhi investasi?
3) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan investasi yang didorong!
4) Bagaimana hubungan antara investasi dan pendapatan nasional?
63 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
5) Apabila diketahui persamaan investasi I = 100 + 0,4 Y, susunlah
skala investasi dan gambarkan kurvanya.
b. Penugasan
Amati dan analisislah pengaruh naik turunnya suku bunga terhadap
tingkat investasi
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
64 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 2 × pertemuan
Alokasi waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : Menjelaskan sejarah uang dan jenis-jenis uang serta
kaitannya dengan perbankan.
Indikator : • Membedakan fungsi dan jenis uang dalam kehidupan
sehari-hari.
• Mendeskripsikan konsep permintaan dan penawaran
uang.
• Memberikan contoh penerapan konsep teori kuantitas
dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• membedakan fungsi dan jenis uang dalam kehidupan sehari-hari;
• mendeskripsikan konsep permintaan dan penawaran uang;
• memberikan contoh penerapan konsep teori kuantitas uang dalam kehidupan
sehari-hari.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian uang.
• Fungsi dan jenis uang.
• Permintaan dan penawaran uang.
• Teori kuantitas uang.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi dan diskusi.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang uang.
• Menyampaikan materi ajar tentang pengertian, fungsi, jenis, serta
permintaan dan penawaran uang.
65 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Membentuk kelompok diskusi sesuai dengan kondisi kelas.
• Menata/mengatur ruang diskusi sesuai dengan kondisi kelas.
• Mendiskusikan materi permintaan dan penawaran uang.
• Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
• Mengomunikasikan hasil diskusi di depan kelas.
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang teori kuantitas.
• Menyampaikan materi ajar tentang teori kuantitas uang.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil diskusi yang dilakukan peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberikan tugas rumah untuk mengamati permintaan dan penawaran
uang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Uang kartal dan giral.
• Uang logam dan kertas.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 8.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Berikut ini yang bukan merupakan syarat-syarat suatu benda dapat
berfungsi sebagai uang adalah ....
a. mudah dibawa
b. memiliki daya tarik
c. kestabilannya terjamin
d. dapat diterima secara umum
e. jumlahnya harus mencukupi kebutuhan
2) Penurunan nilai mata uang dalam negeri terhadap mata uang asing
di pasar uang disebut ....
a. revaluasi
b. devaluasi
c. deflasi
d. apresiasi
e. depresiasi
66 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
3) Apabila 2 liter beras dapat ditukar dengan 3 liter minyak goreng,
hal ini memenuhi fungsi uang sebagai ....
a. alat tukar
b. alat hitung
c. alat pembayaran
d. alat perdagangan
e. alat penyimpan kekayaan
4) Di bawah ini yang bukan merupakan sifat uang adalah ....
a. praktis
b. luwes
c. mudah dibawa
d. mempermudah pertukaran
e. sulit dibagi dalam pecahan yang lebih kecil
5) Uang yang memiliki nilai nominal lebih tinggi daripada nilai
bahannya adalah ....
a. uang kartal d. uang kertas
b. uang logam e. uang giral
c. uang emas
b. Tes uraian
1) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan jumlah uang yang beredar
di masyarakat!
2) Deskripsikan apa yang dimaksud dengan istilah lalu lintas perekonomian
yang dilayani dengan uang!
3) Apa yang dimaksud dengan motif spekulasi dalam pemilikan uang?
4) Sebutkan syarat-syarat suatu barang agar dapat berfungsi sebagai
uang!
5) Deskripsikan tentang teori kuantitas uang!
c. Penugasan
Identifikasilah berbagai faktor yang memengaruhi permintaan dan
penawaran uang yang terjadi di sekitar tempat tinggal Anda!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
67 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 1 × pertemuan
Alokasi waktu : 2 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami uang dan perbankan.
Kompetensi Dasar : Membedakan peran bank sentral dan bank umum.
Indikator : • Mendeskripsikan jenis-jenis bank.
• Mendeskripsikan peran bank dalam perekonomian
masyarakat.
• Mengidentifikasi perbedaan bank sentral dengan bank
umum.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan jenis-jenis bank;
• mendeskripsikan peran bank dalam perekonomian masyarakat;
• mengidentifikasi perbedaan bank sentral dengan bank umum.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian bank.
• Jenis-jenis bank.
• Peran bank sentral dan bank umum.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang bank.
• Menyampaikan materi ajar mengenai pengertian, jenis, dan peran bank
sentral dan bank umum.
• Mengamati jenis bank yang ada di sekitar tempat tinggal.
• Mengidentifikasi tugas bank yang ada di sekitar tempat tinggal.
• Mengomunikasikan hasil pengamatan di depan kelas.
68 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang perbedaan bank
sentral dan bank umum.
• Menyampaikan materi ajar mengenai perbedaan bank sentral dengan
bank umum.
• Menugaskan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi perbedaan
antara bank sentral dan bank umum.
• Mengomunikasikan hasil penugasan di depan tugas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Majalah Info Bank.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 8.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Simpanan di bank yang dapat ditarik menggunakan cek disebut ....
a. tabungan
b. giro
c. deposito
d. deposito berjangka
e. sertifikat deposito
2) Berikut ini yang bukan merupakan tugas bank sentral adalah ....
a. penentu kebijakan
b. pengawas bank umum
c. pencetak dan pengedar uang
d. penerima simpanan
e. pemberi kredit bank umum
3) Simpanan yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran adalah ....
a. deposito
b. giro
69 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
c. tabungan
d. sertifikat deposito
e. deposits on call
4) Bank yang menciptakan uang kartal adalah ....
a. bank umum
b. bank sentral
c. bank swasta
d. bank syariah
e. bank perkreditan rakyat
5) Izin usaha bank perkreditan rakyat diberikan oleh ....
a. gubernur
b. bupati/wali kota
c. direktur Bank Indonesia
d. Menteri keuangan
e. Menteri keuangan setelah disetujui Bank Indonesia
b. Tes uraian
1) Deskripsikan fungsi Bank Indonesia!
2) Sebutkan perbedaan antara bank sentral dan bank umum!
3) Bagaimana peran bank umum dalam kegiatan ekonomi masyarakat?
4) Mengapa kegiatan bank umum harus diawasi oleh bank sentral?
5) Sebutkan jenis-jenis bank yang ada di Indonesia!
c. Penugasan
Amatilah berbagai bank yang beroperasi di kota Anda! Identifikasilah
jenis dan pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi masyarakat!
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.
70 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Semester : X/2
Pertemuan : 2 × pertemuan
Alokasi waktu : 4 × 45 menit
Standar Kompetensi : Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter.
Indikator : • Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang
moneter.
• Memberikan contoh penerapan konsep kebijakan pemerintah
di bidang moneter dalam kehidupan sehari-hari.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran selesai, peserta didik diharapkan mampu
• mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter;
• memberikan contoh penerapan konsep kebijakan pemerintah di bidang
moneter dalam kehidupan sehari-hari.
II. Materi Ajar/Materi Pokok
• Pengertian kebijakan moneter.
• Tujuan kebijakan moneter.
• Jenis kebijakan moneter.
III. Metode Pembelajaran
Ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang tujuan kebijakan
moneter.
• Menyampaikan materi ajar mengenai pengertian dan tujuan kebijakan
moneter.
• Mengidentifikasi berbagai kebijakan pemerintah di bidang moneter.
71 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang politik diskonto
dan politik pasar terbuka.
• Menugasi peserta didik untuk mengidentifikasi perbedaan antara politik
diskonto dan politik pasar terbuka.
• Memberikan contoh penerapan politik diskonto dan politik pasar terbuka
dalam kehidupan perekonomian.
• Memgomunikasikan hasil pengidentifikasian di depan kelas.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
• Memberi gambaran umum materi yang akan datang.
Pertemuan Ke-2
1. Kegiatan Awal
Membuka pelajaran dengan memberikan bahan apersepsi yang relevan
dengan materi yang akan disampaikan.
2. Kegiatan Inti
• Memberikan pertanyaan kepada peserta didik tentang kebijakan
pemberian kredit dan kebijakan syarat cadangan kas pada bank.
• Menyampaikan materi ajar tentang kebijakan pemberian kredit dan
kebijakan syarat cadangan kas pada bank.
• Memberikan contoh penerapan kebijakan pemberian kredit dan
kebijakan syarat cadangan kas pada bank.
• Mengomunikasikan hasil di depan kelas.
• Membahas pengaruh kebijakan pemberian kredit dan kebijakan syarat
cadangan kas pada bank terhadap kehidupan perekonomian.
3. Kegiatan Akhir
• Memberikan penguatan atas hasil pengidentifikasian yang dilakukan
oleh peserta didik.
• Membimbing peserta didik untuk memberikan refleksi.
V. Alat dan Sumber Belajar
• Televisi dan internet.
• Majalah Info Bank.
• Buku Kompetensi Dasar Ekonomi 1 untuk kelas X Bab 8.
• Buku-buku ekonomi lain yang relevan.
72 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
VI. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Tes tertulis
b. Penugasan
2. Bentuk Instrumen
a. Pilihan ganda
1) Penurunan suku bunga bank yang dilakukan pemerintah melalui
Bank Indonesia sering disebut ....
a. kebijakan pasar terbuka
b. kebijakan diskonto
c. kebijakan fiskal
d. kebijakan persediaan kas
e. kebijakan nonmoneter
2) Yang bukan merupakan kebijakan moneter adalah ....
a. politik uang ketat
b. politik diskonto
c. politik pasar terbuka
d. kebijakan pemberian kredit
e. kebijakan syarat cadangan kas
3) Cash ratio yang dilakukan pemerintah memiliki tujuan ....
a. menahan uang yang beredar
b. menarik uang yang beredar
c. memperbanyak uang yang beredar
d. membantu bank memberikan kredit
e. menahan pencairan kredit agar uang tidak banyak beredar
4) Tindakan pemerintah melakukan devaluasi termasuk ....
a. kebijakan moneter
b. kebijakan produksi
c. kebijakan fiskal
d. kebijakan ekonomi
e. kebijakan perdagangan
5) Kebijakan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah memiliki
tujuan ....
a. mengatur pemerintahan
b. meningkatkan kesejahteraan pejabat negara
c. menciptakan negara yang kuat
d. meningkatkan aset negara
e. menciptakan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata
73 KTSP Ekonomi SMA 1 R1
6) Politik diskonto dapat dilakukan dengan ....
a. melakukan penyuluhan moneter
b. menaikturunkan suku bunga
c. menaikturunkan cadangan minimum
d. menaikturunkan batas pemberian kredit
e. menertibkan pendirian bank
b. Tes uraian
1) Mengapa pemerintah menerapkan kebijakan moneter?
2) Apakah terkendalinya jumlah uang beredar merupakan tujuan akhir
dari kebijakan moneter?
3) Bagaimana jalannya penerapan politik diskonto dalam memengaruhi
jumlah uang yang beredar?
4) Mengapa pemerintah harus mengendalikan jumlah uang yang
beredar?
5) Bagaimana pemerintah menerapkan politik operasi pasar terbuka
dalam mengendalikan peredaran uang?
c. Penugasan
Amatilah mengenai dampak langsung kebijakan moneter terhadap
kegiatan ekonomi masyarakat.
Mengetahui ...........................................
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
....................................... ..........................................
NIP. NIP.

5 comments:

Unknown said...

MANA RINGKASANNYA..........
SEHARUSNYA ANDA MEMBUAT DENGAN RINGKASANNYA DAN DENGAN DESAIGN YG LEBIH BAGUS LAGI DENGAN FONT YANG LEBIH BESAR LAGI.MAAF JIKA KATA2 SAYA SALAH

choepru said...

Emang kata2 loe salah!
ud salah pake huruf2 besar lagi...
Pengen yg ringkas keperpus aja loe...

choepru said...

Oh ya Makasih Pak Artikelnya...
Terus publikasikan artikel2 lainnya ya Pak...

YomMhie sweet said...

Makasih ya,,
infonya brgna skli..
Terus kreatif ya pak,,

YomMhie sweet said...
This comment has been removed by the author.